Obat Alami Infeksi Jamur pada Kulit dan Cara Membuatnya

Infeksi jamur – Jamur adalah mikroorganisme yang ada di mana-mana, baik di dalam maupun di luar ruangan. Bahkan diperkirakan lebih dari 50.000 jenis jamur hidup di sekitar kita dan dapat menyebabkan bermacam-macam penyakit kulit. Sebagian dari jamur tersebut dapat hidup di kulit manusia hingga bertahun-tahun tanpa menyebabkan infeksi atau masalah. Namun karena faktor-faktor tertentu, jamur-jamur tersebut dapat berubah dengan cepat dan menimbulkan infeksi jamur pada kulit.

Infeksi jamur biasanya dikategorikan berdasarkan jenis jamur yang menyebabkan masalah, bagian tubuh yang terkena dan tingkat keparahannya. Infeksi jamur dapat terjadi pada permukaan kulit, dalam lipatan kulit atau di daerah lain yang memiliki suhu lebih hangat dan lembab. Infeksi jamur secara umum akan menimbulkan rasa gatal pada daerah yang terserang. Jenis infeksi jamur seperti panu, kadas, dan kurap dapat menyerang seluruh bagian kulit, termasuk kulit kepala.

Tingkat keparahan infeksi jamur yang dirasakan setiap orang berbeda-beda. Tingkat keparahan infeksi jamur tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sistem kekebalan tubuh, penyakit diabetes, kebersihan diri dan lingkungan, suhu udara, sirkulasi darah, maupun jenis kulit.

Berikut cara membuat obat alami infeksi jamur yang dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi pada kulit, serta mengurangi tingkat keparahannya.

Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat infeksi jamur yang umum digunakan selama ini untuk menghilangkan jamur kulit. Sifat antimikroba yang dimiliki cuka sari apel dapat membantu membunuh jamur penyebab infeksi. Selain itu, sifat asam ringan yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mencegah infeksi dari menyembuhkan jamut kulit lebih cepat.

Caranya:
  • Campur dua sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air hangat dan minum ramuan ini sebanyak dua kali sehari 
  • Cara lainnya adalah dengan mencampurkan cuka sari apel dan air dengan jumlah yang sama. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena infeksi jamur. Biarkan selama 30 menit, sebelum membersihkannya dengan menggunakan handuk. Gunakan obat infeksi jamur ini sampai penyakit jamur benar-benar sembuh.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antijamur yang sangat efektif untuk mengatasi semua jenis infeksi jamur. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antibiotik yang sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan.

Caranya:
  • Hancurkan dua siung bawang putih, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun, lalu buat menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada daerah yang terkena jamur dan biarkan selama 30 menit. Kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali sehari sampai infeksi jamur benar-benar hilang. Bawang putih dapat digunakan untuk menghilangkan infeksi jamur kulit
  • Bawang putih juga dapat ditambahkan ke dalam makanan untuk mempercepat proses penyembuhan infeksi jamur jenis apapun.
Obat Alami Infeksi Jamur pada Kulit dan Cara Membuatnya

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh mengandung senyawa antijamur alami yang dapat membantu membunuh jamur yang menyebabkan infeksi. Minyak pohon teh juga bersifat antiseptik yang dapat dimanfaatkan untuk menghambat penyebaran infeksi jamur.

Caranya:
  • Campurkan minyak pohon teh, minyak zaitun dan minyak almond dengan perbandingan yang sama. Oleskan campuran minyak tersebut pada kulit yang terkena infeksi jamur beberapa kali sehari 
  • Minyak pohon teh juga bisa dicampur dengan gel lidah buaya untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Oleskan campuran tersebut pada daerah yang terinfeksi dua kali sehari.

Minyak Kelapa

Kandungan asam lemak yang dimiliki minyak kelapa merupakan obat yang efektif untuk mengatasi semua jenis infeksi jamur pada manusia. Asam lemak ini berfungsi sebagai fungisida alami untuk membunuh jamur yang menyebabkan infeksi.

Caranya:
  • Gosokkan secara lembut minyak kelapa pada daerah yang terserang dan biarkan hingga kering. Ulangi dua atau tiga kali sehari sampai infeksi jamur teratasi 
  • Atau campurkan minyak kelapa dan minyak kayu manis dengan jumlah yang sama, lalu oleskan pada daerah yang terserang infeksi jamur. Gunakan obat ini dua kali sehari untuk mengendalikan pertumbuhan jamur.

Teh

Kandungan senyawa tanin yang terkandung di dalam teh dapat membantu membunuh jamur penyebab infeksi. Selain itu teh juga memiliki sifat antibiotik yang mampu menghilangkan gejala infeksi jamur seperti sensasi terbakar, pembengkakan dan iritasi kulit.

Caranya:
  • Rendam beberapa kantong teh dalam air hangat selama 10 menit. Kemudian keringkan dan letakkan di dalam lemari es selama 30 menit. Gunakan kantong teh dingin tersebut pada daerah yang terkena infeksi jamur. Ulangi cara ini tiga kali sehari sampai infeksi teratasi sepenuhnya. 
  • Untuk infeksi jamur kuku, masukkan lima kantong teh hitam ke dalam empat cangkir air mendidih selama lima menit. Kemudian dinginkan air dan rendam kaki yang terkena infeksi jamur di dalamnya selama 30 menit. Gunakan cara ini sebanyak dua kali sehari selama lima sampai enam minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kunyit

Kunyit juga dikenal sebagai antiseptik, antibiotik dan antijamur yang sangat ampuh menghilangkan infeksi jamur pada manusia. Selain itu, sifat penyembuhan yang dimiliki kunyit mampu memulihkan dengan cepat dan mencegah infeksi datang kembali.

Caranya:
  • Memarkan kunyit, lalu terapkan pada kulit yang terkena infeksi. Biarkan selama dua sampai tiga jam, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Gunakan obat ini dua kali sehari sampai infeksi jamur hilang dan sembuh 
  • Rebus satu cangkir susu dan satu sendok bubuk kunyit. Tambahkan dengan sedikit madu dan minum selagi masih hangat. Lakukan setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah segala jenis infeksi jamur.
Mengobati infeksi jamur pada kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami hasilnya lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Selain itu, bahan alami yang digunakan juga mudah didapat dan ada di sekitar kita.

Demikian cara membuat obat infeksi jamur alami ini, mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: