Obat Batuk Tradisional dan Alami yang Ampuh Mengobati Batuk

Obat batuk tradisional – Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi. Ketika ada penyumbatan atau iritasi di tenggorokan dan saluran udara bagian atas, otak akan berpikir bahwa ada benda asing yang masuk dan memberitahu tubuh untuk batuk agar benda asing tersebut dapat hilang.

Batuk bisa disebabkan oleh infeksi virus, pilek, flu, atau kebiasaan merokok. Terkadang batuk juga merupakan tanda dan gejala dari penyakit berbahaya, seperti asma, TBC maupun kanker paru-paru. Oleh karena itu, batuk tidak boleh dianggap remeh dan dibiarkan begitu saja. Batuk harus segera diobati dan dihilangkan dengan menggunakan obat batuk yang efektif menghilangkan batuk.

Batuk memang sangat menjengkelkan, bukan hanya bagi penderitanya tetapi orang-orang yang ada di sekitarnya pun dapat terganggu. Belum lagi faktor penyebaran kuman yang bisa saja diakibatkan oleh batuk. Segera mengobati batuk dengan obat batuk yang ampuh merupakan pilihan paling baik.

Mengobati batuk tidak harus menggunakan obat-obatan yang mungkin saja memiliki efek samping berbahaya. Mengobati batuk juga dapat dilakukan dengan obat batuk tradisional dan alami. Selain lebih aman, obat batuk tradisional dan alami dapat menyembuhkan batuk dengan lebih efektif. Berikut adalah beberapa obat batuk alami yang dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati batuk dengan cara tradisional.

Kunyit

Ramuan dari kunyit merupakan obat batuk tradisional yang memiliki efek terapi untuk batuk, terutama batuk kering. Caranya adalah dengan merebus setengah cangkir air dalam panci hingga mendidih. Kemudian masukkan satu sendok kunyit yang telah dihaluskan, satu sendok bubuk lada hitam, dan kayu manis secukupnya, rebus sekitar dua sampai tiga menit. Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu dan minum setiap hari ramuan ini sampai batuk membaik.

Jahe

Jahe adalah obat alami untuk mengatasi batuk ampuh yang paling populer. Caranya adalah dengan memotong jahe segar menjadi beberapa bagian kecil, lalu memarkan. Masukkan ke dalam secangkir air yang mendidih. Minum 3-4 kali sehari untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk yang terus-menerus.

Obat Batuk Tradisional dan Alami yang Ampuh Mengobati Batuk

Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat juga digunakan untuk menyembuhkan batuk. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan melawan infeksi. Cara membuat obat batuk tradisional menggunakan jeruk nipis adalah dengan membuatnya menjadi minuman dengan campuran madu. Minum beberapa kali sehari untuk mengobati batuk secara alami.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu mengobati batuk. Cara membuat obat alami batuk menggunakan bawang putih adalah dengan merebus 2-3 siung bawang putih dalam secangkir air. Biarkan hingga dingin, kemudian tambahkan dengan madu dan minum. Ramuan ini akan membantu melegakan pernapasan dan mengurangi gejala batuk.

Bawang merah

Salah satu pengobatan alami untuk mengobati batuk adalah dengan menggunakan bawang merah. Menghirup uap bawang merah secara langsung dapat membantu menghilangkan dan mengobati batuk dengan efektif. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati batuk menggunakan bawang merah adalah dengan membuatnya menjadi minuman dengan campuran teh dan madu.

Susu panas dan madu

Susu panas dan madu juga dapat digunakan untuk meredakan batuk kering dan mengurangi nyeri dada karena mengalami batuk yang terus-menerus. Untuk hasil terbaik, minum sebelum tidur. Untuk memperoleh manfaat tambahan dari sifat analgesik yang dimiliki madu, minum satu sendok teh madu pada waktu perut kosong. Hal ini akan membantu membersihkan lendir dan melegakan tenggorokan.

Wortel

Wortel yang memiliki banyak vitamin dan nutrisi dapat juga membantu meringankan berbagai gejala batuk. Caranya adalah dengan membuat jus wortel. Untuk menciptakan rasa yang lebih enak, dapat ditambahkan dengan satu sendok teh madu. Minum jus ini 3-4 kali sehari sampai gejala batuk yang timbul hilang.

Anggur

Anggur memiliki sifat ekspektoran, berguna untuk menghilangkan lendir yang menyerang sistem pernapasan. Semakin cepat lendir dibersihkan, maka semakin cepat batuk akan sembuh. Makan buah anggur atau membuat jus anggur yang dicampurkan dengan sedikit madu akan dapat menyembuhkan batuk dengan lebih cepat.

Obat batuk tradisional ampuh yang telah disebutkan di atas dapat menyembuhkan dari berbagai gejala batuk tanpa efek samping yang berbahaya sebagaimana menggunakan obat yang dijual di pasaran. Tetapi jika terserang batuk terus menerus selama lebih dari dua minggu, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat perawatan yang lebih maksimal.

Demikian beberapa obat batuk tradisional dan alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat untuk semuanya. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: