Obat Sesak Nafas Alami Ini Efektif Mengatasi Gangguan Pernafasan

Obat sesak nafas – Bernafas merupakan aktivitas yang sangat penting. Melalui nafas, oksigen masuk ke dalam tubuh yang digunakan untuk menjalankan fungsi organ tertentu di dalam tubuh. Jika terjadi gangguan pernafasan atau yang biasa disebut dengan penyakit sesak nafas, maka akan dapat mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Sesak nafas yang dalam istilah medinya dikenal dengan nama dyspnea ini merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan, bisa terjadi kapan saja dengan tiba-tiba. Pengobatan terhadap sesak nafas harus segera dilakukan karena bisa saja merupakan sebuah gejala dari penyakit yang berbahaya. Cara mengatasi sesak nafas akan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan yang terjadi.

Sesak nafas atau kesulitan bernafas dapat terjadi karena penyumbatan hidung, mulut, atau kerongkongan. Gangguan terhadap jantung juga dapat mengakibatkan sesak nafas. Beberapa penyebab lainnya adalah penyakit paru-paru, faktor psikologis seperti kecemasan yang berlebihan, asma, hipertensi dan beberapa jenis penyakit TBC.

Jika mempunyai riwayat penyakit sesak nafas, lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan perawatan. Jika penyebab sesak nafas tersebut bukan karena penyakit berbahaya seperti jantung dan paru-paru, pengobatan sesak nafas dapat dilakukan di rumah secara alami. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi sesak nafas dengan perawatan alami, diantaranya adalah sebagai berikut.

Menghirup udara bersih

Cara mengatasi penyakit sesak nafas yang pertama adalah dengan menghirup udara bersih. Seringkali debu dan polutan menjadi faktor utama kesulitan bernafas. Langkah sederhana seperti membuka jendela untuk sirkulasi di dalam rumah, berjalan ditaman, dan memakai masker saat berada di jalanan dapat membantu menjaga udara yang dihirup bebas dari polutan.

Berhenti merokok

Seringkali sesak nafas juga disebabkan oleh kebiasaan merokok. Berhenti merokok merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghindari kemungkinan terkena penyakit sesak nafas. Kebiasaan merokok bukan hanya dapat menyebabkan sesak nafas, tetapi merokok juga dapat menyebabkan penyakit kanker dan gangguan kehamilan bagi wanita.

Obat Sesak Nafas Alami Ini Efektif Mengatasi Gangguan Pernafasan

Mengobati pilek dan batuk

Jika sedang menderita pilek atau batuk, segera lakukan pengobatan karena lendir yang diakibatkan oleh penyakit tersebut dapat masuk ke paru-paru dan menjadi penyebab sesak nafas. Minum lebih banyak air akan membantu mengurangi lendir, dan mencegah lendir masuk ke paru-paru.

Olahraga secara teratur

Olahraga adalah obat sesak nafas yang sangat ampuh untuk orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Olahraga secara teratur seperti berjalan, jogging, berenang atau latihan aerobik akan membantu meningkatkan stamina dan mengurangi sesak nafas. Hal ini juga akan membantu untuk menurunkan berat badan jika mengalami kelebihan berat badan.

Terapi yoga

Cara lain yang sangat efektif untuk mengobati sesak nafas adalah terapi yoga. Ilmu India kuno ini telah terbukti efektif dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, yoga juga sangat baik untuk terapi mental dan menenangkan pikiran.

Kopi hitam

Jenis makanan atau minuman tertentu juga dapat membantu menyembuhkan sesak nafas. Kopi hitam dikenal dapat mengurangi durasi dan intensitas serangan asma. Namun, obat ini harus digunakan dengan cermat oleh penderita asma karena dapat meningkatkan tekanan darah denyut jantung.

Lada hitam dan jahe

Menambahkan lada hitam pada minuman juga dapat membantu membuka saluran bronkial yang akan membuat proses bernafas lebih mudah. Minuman jahe dan madu merupakan bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati sesak nafas.

Sekali lagi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba mengatasi sesak nafas yang telah dijelaskan di atas. Hal ini berhubungan dengan penyebab penyakit sesak nafas itu sendiri yang dapat diakibatkan gangguan jantung dan paru-paru.

Demikian obat sesak nafas alami dan tradisional ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: