Pahami Manfaat Kopi dan Bahayanya untuk Kesehatan

Manfaat kopi untuk kesehatan - Menikmati secangkir kopi, apalagi di pagi hari dapat memberikan kenikmatan tersendiri bagi peminumnya. Tapi apa manfaat sebenarnya minum kopi untuk kesehatan? Yang pasti, kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat memberikan manfaat, meskipun tetap ada resiko yang harus dihadapi, karena kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes, parkinson, dan demensia. Orang yang mempunyai kebiasaan munim kopi juga memiliki resiko terkena kanker, masalah jantung, dan stroke lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsinya.

Kebiasaan minum kopi juga dapat menyebabkan peningkatan aktioksidan dalam tubuh. Kopi memiliki sifat antioksidan yang tinggi, terutama ketika baru diseduh. Tetapi belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa sifat antioksidan kopi dapat masuk ke dalam darah, atau hanya muncul ketika seseorang sedang minum kopi saja.

Faktanya, kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah. Tetapi kopi juga mengandung senyawa epinefrin yang dapat meningkatkan adrenalin bagi orang yang meminumnya. Berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan.

Pahami Manfaat Kopi dan Bahayanya untuk Kesehatan

Penyakit Jantung dan stroke

Kopi dapat digunakan untuk menurunkan faktor risiko serangan jantung dan stroke. Dalam sebuah studi dinyatakan bahwa orang yang minum 1-3 cangkir kopi per hari memiliki 20% lebih kecil kemungkinan untuk dirawat di rumah sakit karena gangguan jantung dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Dan bagi wanita, kopi dapat berguna untuk mengurangi resiko terkena stroke.

Penyakit parkinson dan alzheimer

Manfaat kopi selanjutnya adalah dapat menurunkan resiko terkena penyakit parkinson, meskipun belum jelas bagaimana kafein yang terkandung dalam kopi bekerja untuk menurunkan resiko penyakit tersebut. Kopi juga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit demensia, dan penyakit Alzheimer. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang minum 3-5 cangkir kopi setiap hari memiliki 65% lebih kecil kemungkinannya terserang demensia dan penyakit Alzheimer, dibandingkan dengan yang bukan peminum atau peminum kopi yang hanya sesekali saja.

Kanker

Manfaat kopi yang berikutnya adalah untuk menurunkan resiko penyakit livercirrhosis dan kanker hati. Sekali lagi, hal tersebut memang belum diketahui secara pasti hingga saat ini bagaimana kafein bekerja untuk mencegah penyakit kanker tersebut.

Kehamilan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa minum kafein kurang dari satu cangkir per hari tidak akan menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau gangguan pertumbuhan janin. Meskipun ada penelitian yang menyatakan bahwa minum kopi dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan resiko keguguran, namun belum dapat dipastikan apakah kopi menjadi satu-satunya faktor yang menjadi penyebabnya.

Demikian beberapa manfaat kopi untuk kesehatan ini semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat serta berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: