Penyebab dan Cara Mengobati Diare Secara Alami

Obat diare – Diare terjadi ketika frekuensi buang air besar mengalami peningkatan secara berlebihan. Bentuk tinja yang lebih encer dari biasanya, juga dapat dikatakan bahwa seseorang telah terkena diare. Dalam ilmu kedoteran, penyakit diare bukan termasuk penyakit yang berbahaya, terjadi karena air yang terkandung dalam tinja belum terserap secara optimal oleh usus saat proses buang air besar terjadi.

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi, dan dapat menyerang siapa saja. Anak-anak, orang dewasa, laki-laki maupun perempuan semua dapat terserang penyakit diare. Rata-rata orang dewasa akan terserang diare sebanyak 4 kali dalam setahun.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit diare, diantaranya adalah radang pada selaput usus yang membuat tinja kelebihan cairan, atau karena sebab lain seperti kram perut, mual, muntah, atau demam. Berikut beberapa penyebab penyakit diare.

Penyebab diare

Beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit diare adalah sebagai berikut.
  • Diare bisa disebabkan oleh flu perut (gastroenteritis) atau keracunan makanan. Diare adalah cara tubuh untuk membersihkan virus, bakteri, atau racun di dalam saluran pencernaan. Bakteri E coli adalah jenis bakteri penyebab diare, dan biasanya disebabkan karena proses memasak makanan yang kurang sempurna 
  • Minum air yang tidak higienis juga dapat menyebabkan virus, bakteri, atau parasit seperti Giardia Lamblia berkembang dalam saluran pencernaan. Giardia Lamblia membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 4 minggu untuk berkembang sebelum terjadi diare. Hal seperti ini juga dapat terjadi ketika menggunakan air yang tidak bersih untuk menyikat gigi, mencuci piring atau sayuran, membuat es untuk minuman, dan sebagainya 
  • Mengkonsumsi antibiotik juga dapat menyebabkan diare, meskipun ringan dan biasanya akan hilang dengan sendirinya 
  • Mengkonsumsi terlalu banyak produk yang mengandung Sorbitol (permen karet) dan fruktosa juga dapat menyebabkan diare 
  • Bagi sebagian orang, diare juga dapat disebabkan karena stres, iritasi usus, kecemasan, atau masalah pencernaan makanan seperti intoleransi laktosa 
  • Penyakit inflamasi usus juga dapat menyebabkan diare. Diare yang disebabkan oleh penyakit ini akan selalu berulang jika tidak ditangani dengan benar 
  • Diare dapat disebabkan juga oleh masalah malabsorpsi dan jenis kanker tertentu
Karena banyaknya faktor yang dapat menyebabkan diare, sulit menentukan secara pasti apa yang menjadi penyebab diare seseorang. Meskipun menjengkelkan, diare tidak termasuk salah satu penyakit yang berbahaya dan mudah diobati dengan menggunakan obat diare alami.

Penyebab dan Cara Mengobati Diare Secara Alami

Cara mengobati diare

Untuk mengobati diare, perawatan sendiri di rumah dapat dilakukan untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin timbul akibat diare ini, seperti dehidrasi atau kekurangan cairan.
  • Penderita diare disarankan untuk lebih sering minum untuk menghindari dehidrasi. Minum setidaknya 1 liter air per jam sampai diare mereda. Catatan, jika memiliki penyakit ginjal, jantung, atau penyakit hati yang mengharuskan membatasi mengkonsumsi cairan, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan hal ini 
  • Hindari makanan pedas, buah-buahan, alkohol, dan kafein selama 48 jam, sebelum diare benar-benar sembuh 
  • Hindari makan permen karet yang mengandung Sorbitol 
  • Hindari juga minum susu untuk 3 hari setelah diare. Sebagai gantinya dapat makan keju atau yogurt yang mengandung probiotik.

Tips

Pelajari dengan benar bagaimana cara mengobati diare secara alami sebelum melakukan pengobatan diare sendiri di rumah. Jangan lupa mencuci tangan setelah buang air besar untuk menghindari virus atau bakteri masuk kembali ke dalam tubuh melalui makanan.

Jika mengalami salah satu gejala seperti di bawah ini selama perawatan di rumah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih optimal.
  • Munculnya tanda dehidrasi yang semakin parah 
  • Mengalami diare berat (10 kali atau lebih buang air besar selama 24 jam) 
  • Tinja berwarna hitam atau berdarah 
  • Diare yang diikuti oleh deman
Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, tetapi jika diare tidak dilakukan perawatan dengan maksimal dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal ini menjadi berbahaya karena tercukupinya cairan di dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Demikian penyebab dan cara mengobati diare secara alami ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat, serta dapat menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: