Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala bagian belakang – Bagi sebagian orang, sakit kepala mungkin akan mengakibatkan seluruh bagian kepalanya terasa sakit. Ada juga yang hanya merasa sakit pada salah satu sisi saja yang biasa disebut dengan migrain. Tapi sebagian yang lain bisa merasakan sakit kepala terjadi hanya di bagian atas atau bawah saja.

Terlepas dari semua jenis sakit kepala tersebut, apakah pernah mendengar tentang istilah sakit kepala di bagian belakang? Ya, secara medis sakit kepala jenis ini diakibatkan oleh ketegangan. Sakit kepala yang terjadi di bagian belakang bisa menjadi parah, hingga mengakibatkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaannya. Bahkan ketika sedang melakukan pekerjaan ringan seperti bicara, makan atau menggerakkan tubuh pun sudah terasa sakit.

Dilihat dari faktor penyebab maupun rasa yang dialaminya, sakit bagian belakang kepala berbeda dengan sakit kepala biasa. Dalam artikel ini akan dibahas faktor-faktor yang dapat memicu atau menyebabkan sakit kepala tersebut, serta pilihan pengobatan dan langkah-langkah pencegah yang bisa dilakukan.

Penyebab sakit kepala bagian belakang

The American Pain Foundation menyatakan bahwa sekitar 90% dari sakit kepala yang bukan disebabkan karena penyakit, atau sakit kepala yang diakibatkan oleh ketegangan ini akan menyebabkan rasa sakit di bagian belakang kepala.

Meskipun sakit kepala jenis ini umum terjadi, tetapi penyebab sakit kepala bagian belakang belum diketahui secara pasti. Satu hal yang selama ini diyakini bahwa sakit kepala bagian belakang disebabkan karena adanya kejang otot yang terjadi di belakang leher atau daerah kepala itu sendiri. Namun dari beberapa kasus yang pernah terjadi, para ahli sepakat bahwa sakit kepala bagian belakang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut.
  • Migrain 
  • Kelelahan 
  • Mata letih 
  • Stres dan depresi 
  • Masalah gigi 
  • Merokok dan alkohol 
  • Posisi kepala tetap untuk waktu yang lama (mengemudi atau bekerja di depan komputer) 
  • Gaya hidup tidak sehat dan kurang olahraga 
  • Infeksi sinus 
  • Dalam beberapa kasus terjadi karena faktor keturunan

Tanda dan gejala sakit kepala bagian belakang

Tanda dan gejala sakit kepala bagian belakang yang ditimbulkan dapat dilihat dari adanya rasa seperti berikut ini
  • Nyeri di daerah kepala bagian belakang 
  • Dahi dan kepala belakang terasa sesak 
  • Nyeri pada bahu, leher, dan kulit kepala
Biasanya sakit kepala bagian belakang bisa berulang dan kambuh setelah beberapa hari. Sakit kepala bagian belakang biasa terjadi karena adanya suara yang terlalu keras atau terkejut, kelelahan ekstrim, atau stres. Seseorang yang mengalami ketegangan dan sakit kepala bagian belakang ini mungkin akan mengalami kesulitan tidur dan susah berkonsentrasi.

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasinya

Cara menyembuhkan sakit kepala bagian belakang

Obat sakit kepala bagian belakang pada umumnya hanya berupa obat penghilang rasa sakit yang bekerja sementara. Rasa sakit tersebut dapat kambuh lagi setelah beberapa hari. Pengelolaan stres dan ketegangan, meditasi, gaya hidup sehat, dan istirahat yang cukup adalah cara terbaik untuk membantu dan mengatasi sakit kepala bagian belakang.

Dalam kondisi tertentu, jika sakit kepala bagian belakang telah akut, biasanya dokter akan memberikan resep obat dalam dosis tinggi yang dapat menyebabkan adiktif. Oleh karenanya hal itu dilakukan jika benar-benar telah diperlukan. Adapun tanda-tanda sakit kepala bagian belakang telah menjadi akut adalah sebagai berikut.
  • Sakit kepala sudah terjadi lebih dari 2 minggu dalam sebulan 
  • Gagal mengurangi rasa sakit dengan obat penghilang rasa sakit 
  • Menggunakan obat penghilang rasa sakit lebih dari tiga kali seminggu 
Ada beberapa cara yang bisa mengatasi rasa sakit kepala bagian belakang dengan lebih efektif. Cara ini juga aman karena tidak akan menyebabkan adiktif atau ketagihan. 

Menggunakan air hangat

Caranya adalah dengan merendam kaki di dalam wadah yang berisi air hangat. Proses ini akan memperlancar aliran darah ke kaki, dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kepala yang akan mengurangi sakit. Gangguan pembuluh darah dan kontraksi otot daerah kepala dan leher yang berlebihan adalah penyebab utama terjadinya ketegangan.

Menggunakan air dingin

Caranya adalah dengan merendam tangan di dalam air es selama mungkin hingga rasa sakitnya berkurang. Ketika tangan direndam dalam air es, cobalah untuk membuka dan menutup kepalan tangan. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit kepala bagian belakang. Dinginnya air akan membantu distensi pembuluh darah dan mengurangi tekanan saraf di kepala.

Pencegahan sakit kepala bagian belakang

Berikut beberapa tips dan cara mengatasi sakit kepala bagian belakang yang diakibatkan oleh ketegangan otot dan saraf di bagian kepala.
  • Lakukan meditasi dan terapi relaksasi untuk mengurangi stres 
  • Menjaga posisi tubuh tetap benar ketika bekerja atau melakukan aktivitas 
  • Cukupi kebutuhan air minimal minum 8 gelas setiap hari 
  • Istirahat dan tidur dengan teratur 
  • Hindari terlalu lama berada dalam ruangan tertutup 
  • Gunakan bantal dan posisi yang benar ketika tidur 
  • Gerakkan leher dan bahu secara berkala untuk menghindari kelelahan di daerah kepala
Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, tetapi secara umum sakit kepala bagian belakang disebabkan oleh ketegangan yang terjadi pada otot dan syaraf di bagian kepala. Penggunaan obat penghilang rasa sakit hanya bersifat sementara dan rasa sakit akan kembali dalam beberapa hari. Mengatasi sakit kepala bagian belakang yang paling efektif adalah dengan mencegah terjadinya kelelahan yang berlebihan, yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala bagian belakang.

Demikian penyebab dan cara mengatasi sakit kepala bagian belakang ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: