7 Makanan yang Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Tidak semua makanan baik untuk diet, apalagi diet untuk menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan memang mudah secara teori, tetapi lebih sulit ketika dipraktekkan. Untuk menurunkan berat badan, hanya memerlukan perhitungan yang sangat sederhana, yaitu dengan tidak mengkonsumsi kalori melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Makanan tersebut akan membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi keinginan untuk makan. Bahkan dari beberapa jenis makanan tersebut dapat membantu melancarkan metabolisme dan meningkatkan proses pencernaan makanan.

Makanan yang baik untuk diet dan membantu menurunkan berat badan tersebut seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian serta beberapa jenis makanan lainnya. Berikut contoh menu makanan untuk diet menurunkan berat badan.

Kacang
Kacang termasuk salah satu jenis makanan yang baik untuk diet menurunkan berat badan. Selain murah dan mudah didapat, kacang memiliki kandungan serat tinggi dan sumber protein yang baik untuk tubuh. Kacang juga tidak mudah dicerna oleh tubuh dan membuat rasa kenyang lebih lama, serta menahan keinginan untuk makan secara berlebihan.

Coklat hitam
Makanan untuk diet cepat selanjutnya adalah coklat hitam. Ketika ingin menikmati coklat diantara waktu makan, coklat hitam adalah pilihan yang baik. Sebuah studi yang dilakukan pada pecinta coklat, orang yang mengkonsumsi coklat hitam akan makan lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi coklat dengan kandungan susu.

Sayuran
Sayuran juga merupakan salah satu makanan yang dapat membantu diet menurunkan berat badan. Orang yang mengkonsumsi lebih banyak sayuran dalam diet akan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Dengan jumlah porsi makanan yang sama, orang yang makan lebih banyak sayuran akan mengkonsumsi 200-350 kalori lebih sedikit.

Telur
Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok perempuan obesitas, mereka yang sarapan dengan 35 gram protein akan merasa kenyang lebih lama. Bahkan pengaruh protein dalam mengurangi lemak dapat berlangsung sepanjang hari. Sarapan dengan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

Apel
Apel termasuk salah satu buah buahan untuk diet yang baik. Kandungan serat yang dimiliki buah apel dapat digunakan untuk menahan dan mengurangi keinginan untuk makan. Dengan mengkonsumsi buah apel, perut akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh telah mengkonsumsi sesuatu dan akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Yogurt
Sebuah studi yang diikuti lebih dari 120.000 orang menunjukkan bahwa dari semua makanan yang teliti, yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang berhubungan erat dengan penurunan berat badan.

Meskipun tidak berhubungan secara langsung, tapi yogurt sangat membantu proses tersebut bersama jenis makanan lainnnya.

Jeruk
Jeruk telah lama dikenal dapat membantu menurunkan berat badan, terutama bagi orang yang memiliki risiko penyakit diabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika orang gemuk mengkonsumsi jeruk sebelum makan, berat badan mereka akan turun rata-rata 3 pound selama 12 minggu.

Dengan selalu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, sayuran segar, buah-buahan dan biji-bijian akan dapat membantu menurunkan berat badan. Semua jenis makanan tersebut juga dapat digunakan untuk mencegah makan secara berlebihan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Demikian beberapa tips makanan untuk diet ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: