Cara Cepat Menurunkan Berat Badan, Namun Tetap Aman

Banyak orang yang mengatakan bahwa diet menurunkan berat badan memerlukan waktu yang lama. Memilih pendekatan jangka panjang untuk menurunkan berat badan adalah keputusan yang bijaksana. Tubuh akan kehilangan berat badan secara perlahan, dan hasilnya pun lebih efektif. Tubuh dapat beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan yang terjadi.

Lalu bagaimana jika seorang ingin tampil lebih ramping dan tidak memiliki waktu yang cukup? Hal ini sering menimbulkan perasaan tidak nyaman dan tidak sedikit dari mereka memilih cara ekstrim menurunkan berat badan.

Ada cara untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan dengan lebih cepat, namun tetap aman untuk dilakukan, dan bisa dijadikan alternatif menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Berikut cara aman menurunkan berat badan dengan cepat.

Minum teh hijau
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau dapat membakar sekitar 70 kalori dalam waktu 24 jam. Kalori sebanyak itu jika dibiarkan akan menambah sekitar 3,3 kg lemak tubuh dalam setahun. Kandungan katekin yang terdapat dalam teh hijau dapat melancarkan metabolisme dan meningkatkan antioksidan tubuh.

Hindari minuman berkalori
Minuman seperti soda, kopi, dan alkohol dapat meningkatkan hingga 800 kalori dalam tubuh. Jenis minuman tersebut, terutama alkohol tidak dapat menekan metabolisme lemak yang akan membuat proses pembakaran kalori semakin sulit dan akan menghambat proses penurunan berat badan.

Latihan kekuatan
Latihan kekuatan dapat membangun jaringan otot dan membakar kalori lebih banyak. Latihan dapat dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan waktu yang lama. Dengan latihan yang teratur, dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Latihan kekuatan yang dapat dilakukan salah satunya adalah push up. Agar berat badan turun lebih cepat, lakukan setidaknya empat kali dalam seminggu sekitar 5-10 menit setiap kali latihan.

Kurangi konsumsi garam
Konsumsi garam yang ideal adalah sekitar 2.400 miligram setiap hari atau sekitar satu sendok teh. Tetapi kebanyakan dari kita mengkonsumsi lebih dari jumlah tersebut. Membatasi asupan garam, bukan berarti hanya mengurangi konsumsi garam. Hal ini termasuk makanan kalengan dan minuman ringan asin dan makanan dalam kemasan.

Minum air putih
Cara mudah menurunkan berat badan adalah dengan minum air putih. Tubuh membutuhkan air dalam proses metabolisme lemak. Ketika tubuh kekurangan air, proses metabolisme akan lambat, dan semakin sulit membakar kalori. Minum 8 gelas air putih setiap hari akan membuat metabolisme lebih lancar dan berat badan akan menurun dengan optimal.

Konsumsi cabai
Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan makan cabai dapat meningkatkan metabolisme seseorang. Capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam cabai dapat meningkatkan adrenalin, mempercepat metabolisme dan dapat membakar kalori lebih banyak. Terlebih lagi, dengan makan cabai dapat mengurangi nafsu makan yang sangat membantu menurunkan berat badan.

Tidur yang cukup
Orang yang tidur kurang dari empat jam setiap malam akan memiliki metabolisme lebih lambat dari mereka yang tidur delapan jam. Tetapi jangan terlalu banyak tidur, yang justru akan membuat tubuh kurang aktif dan menghambat penurunan berat badan.

Olahraga di sore hari
Olahraga akan lebih bermanfaat untuk menurunkan berat badan jika dilakukan di sore hari. Aktivitas yang mulai menurun di sore hari membuat metabolisme melambat. Dengan berolahraga minimal 30 menit setiap sore akan menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi, bahkan hingga sampai waktu tidur tiba. Cara ini sangat efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan dengan cepat.

Makan dengan teratur
Menunda waktu makan tidak akan dapat menurunkan berat badan. Jika hal ini dilakukan justru akan memperlambat proses metabolisme tubuh karena harus menghemat energi. Mencukupi asupan nutrisi dengan makan yang teratur dapat menurunkan berat badan cepat.

Jika ingin menurunkan berat badan, pilihlah program atau cara yang masuk akal dan bersikaplah realistis. Karena banyak sekali cara yang menawarkan dapat menurunkan berat badan dalam 1 minggu, dengan biaya mahal. Hasilnya pun belum tentu optimal dan efektif sebagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat.

Demikian cara cepat dan aman menurunkan berat badan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: