Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Tradisional dan Alami

Menyikat gigi setiap hari, menjaga kebersihan mulut, dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan mencegah sakit gigi dan timbulnya karang gigi. Mengabaikan semua itu dapat menyebabkan berbagai gangguan terhadap kesehatan gigi dan gusi yang diakibatkan oleh karang gigi.

Dalam menyikat gigi pun harus dilakukan dengan benar, karena dapat meninggalkan plak yang jika dibiarkan akan membentuk karang gigi. Karang gigi dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit gigi dan gusi. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan karang gigi untuk mencegah penyakit mulut dapat mengancam dan merugikan kesehatan.

Apa karang gigi itu?
Karang gigi terbentuk di permukaan gigi dan berwarna coklat kekuning-kuningan. Karang gigi secara umum terbentuk dari mineral yang mengeras akibat air liur, bakteri dan plak yang membuat gigi menjadi berpori dan berkerak. Ketika karang gigi dibiarkan dan diabaikan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan bau mulut dan gigi berwarna kuning kecoklatan.

Apakah karang gigi berbahaya?
Karang gigi dapat menimbulkan kerusakan pada gigi dan membuatnya menjadi keropos. Hal tersebut akan membuat bakteri lebih bebas berkembang di dalam karang gigi. Bakteri yang ada di dalam karang gigi dapat menyebabkan penyakit gusi, dan membuat gigi berlubang.

Jika tidak dibersihkan, karang gigi dapat menimbulkan mengapuran dan menyebabkan kerusakan enamel gigi, serta meningkatkan resiko penyakit gusi. Kerusakan gigi dan gusi yang disebabkan oleh karang gigi juga dapat menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan yang lebih parah, seperti penyakit jantung dan degenerasi tulang.

Bagaimana cara membersihkan karang gigi?
Cara membersihkan karang gigi tidaklah mudah dan biasanya butuh bantuan profesional untuk melakukannya. Untuk menghilangkan karang gigi, dokter gigi akan menggunakan instrumen yang terukur untuk mendapat hasil yang maksimal. Karang gigi yang telah terbentuk selama bertahun-tahun dan terakumulasi sedemikian rupa, akan memerlukan waktu yang lebih lama dan tidak jarang menyakitkan ketika ingin menghilangkannya.

Sebelum karang gigi terbentuk, mencegah timbulnya karang gigi dapat dilakukan dengan perawatan mulut, menyikat dan membersihkan gigi secara teratur. Berikut adalah beberapa cara mencegah dan menghilangkan karang gigi.

Sikat gigi dengan benar
Menyikat gigi dengan benar setiap habis makan dapat mencegah timbulnya karang gigi. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut untuk menyikat semua sudut dan permukaan gigi. Cara memegang sikat gigi yang disarankan oleh dokter gigi adalah 45 derajat dari garis gusi. Dengan demikian kebersihan gigi dapat lebih maksimal.

Gunakan pasta gigi yang tepat
Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi, yang akan memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Fluoride juga dapat membuat email gigi lebih kuat dan mencegah gigi sensitif terhadap makanan dan minuman yang bersifat asam. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride juga dapat mencegah pembusukan gigi dan melindungi dari bakteri yang menyebabkan pembentukan karang gigi.

Ada juga pasta gigi yang mengandung bahan-bahan yang digunakan untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Pasta gigi semacam ini biasanya mengandung bahan seperti pirofosfat, seng sitrat, fluoride dan lain-lain. Bahan-bahan ini akan mencegah timbulnya karang pada gigi. Beberapa pasta gigi yang dapat mengontrol karang gigi seperti ini biasanya mengandung antibiotik yang disebut triclosan, yang bermanfaat untuk membunuh jenis bakteri tertentu, yang menyebabkan karang gigi.

Gunakan baking soda
Untuk menghilangkan karang gigi dapat dilakukan dengan menambahkan baking soda dan garam dalam pasta gigi. Caranya dengan mencelupkan pasta gigi ke dalam campuran baking soda dan garam sebelum menggunakannya untuk sikat gigi. Selain dapat menghilangkan karang gigi, cara ini juga akan membuat gigi lebih putih dan bersih.

Gunakan lidah buaya
Cara mencegah dan membersihkan karang gigi selanjutnya adalah menggunakan gel lidah buaya. Ambil secangkir air, tambahkan dengan setengah cangkir baking soda, satu sendok teh gel lidah buaya, dan 10 tetes minyak esensial lemon. Aduk hingga rata dan simpan cairan ini dan digunakan setiap kali menggosok gigi.

Gunakan kulit jeruk
Untuk menghilangkan karang gigi juga dapat dilakukan dengan cara menggosokkan kulit jeruk langsung ke gigi. Kulit jeruk juga bisa dibuat pasta dan diterapkan langsung pada gigi. Selain untuk menghilangkan karang gigi, hal ini merupakan cara alami dan murah untuk memutihkan gigi bernoda.

Mengunyah buah dan sayuran
Mengunyah apel, melon, wortel atau batang seledri juga dapat mencegah dan menghilangkan karang gigi. Mengunyah buah atau sayuran tersebut satu jam setelah makan dapat membersihkan gigi secara alami. Cara ini tidak hanya akan menghilangkan partikel makanan, plak atau karang pada gigi, tetapi juga dapat memperkuat gusi.

Gunakan biji wijen
Obat alami untuk menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah biji wijen. Caranya dengan mengunyah biji wijen secara perlahan, lalu gunakan sikat gigi kering untuk membersihkan gigi selagi biji wijen masih berada di dalam mulut. Biji wijen akan bertindak sebagai scrub alami yang dapat membersihkan karang gigi.

Gunakan pasta buah
Untuk membersihkan dan mencegah timbulnya karang gigi dapat juga digunakan scrub yang terbuat dari buah yang banyak mengandung vitamin C seperti tomat atau stroberi. Terapkan pada gigi dan biarkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan campuran air hangat dan baking soda. Hal ini akan membantu menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri di dalam mulut.

Makan makanan pedas
Makan makanan pedas merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami. Dengan makan makanan pedas akan merangsang sekresi air liur. Air liur yang berlebih inilah yang akan membantu membersihkan gigi dan gusi.

Tips mencegah timbulnya karang gigi
Setelah karang gigi terbentuk, lebih sulit untuk menghapus dan menghilangkannya. Jika karang gigi tidak segera dihilangkan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Karang gigi dapat dengan mudah dicegah dengan mengikuti tips-tips sederhana berikut ini.
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara periodik pada dokter gigi untuk menjaga kebersihan gigi
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan alami untuk pencegahan karang gigi
  • Menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari
  • Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menjaga enamel dan membersihkan plak pada gigi
  • Mengkonsumsi banyak buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, untuk membantu menghilangkan plak lebih awal dan mencegah pembentukan karang gigi
  • Jangan merokok, karena tembakau juga dapat meningkatkan resiko timbulnya karang gigi
  • Hindari makanan manis yang berlebihan karena akan mendorong perkembangan bakteri di dalam mulut
  • Minum air yang cukup setelah makan untuk membersihkan partikel makanan di dalam mulut
  • Makan melon, apel atau buah lainnya setelah makan karena dapat membersihkan gigi secara alami dengan menghilangkan plak dan meningkatkan kesehatan gusi.
Jika dibiarkan, karang gigi dapat menimbulkan berbagai penyakit gigi dan gusi. Selain dengan bantuan profesional atau dokter gigi, karang gigi juga dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan alami. Jika dilakukan dengan rutin dan teratur, bahan alami dapat mencegah pembentukan karang gigi lebih awal.

Demikian cara menghilangkan karang gigi secara tradisional ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: