Hati dan Pikiran Anda Gelisah? Begini Cara Menenangkannya

Meluangkan waktu untuk menenangkan hati yang gelisah sangat penting dilakukan. Meskipun setiap hari sibuk dengan segala aktivitas yang dilakukan, hal tersebut tetap harus diibangi dengan istirahat yang cukup agar tidak merasa lelah dan stres. Bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari memang diperlukan, namun jika tidak menyempatkan waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran, tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Ketika sudah terlalu lelah bekerja, biasanya akan berdampak pada tingkat emosional yang dapat mengakibatkan stres. Oleh karena itu, beristirahat dan menenangkan hati serta pikiran, perlu dilakukan agar kesehatan psikologis dalam diri tetap terjaga.

Ketika mengalami masalah dan stres, sebagian orang akan memilih berkonsultasi kepada psikiater atau dokter untuk membantu menenangkan hati dan pikiran mereka. Padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan sendiri untuk menenangkannya tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Untuk menenangkan hati dan pikiran, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah dengan bergaul bersama teman-teman. Dengan bergaul, mungkin kita bisa tertawa sehingga lupa dengan masalah yang selama ini mengganjal di hati. Berbagi cerita dan mencurahkan isi hati yang selama ini mengganggu juga akan membuat hati menjadi lega. Berikut adalah cara menenangkan hati dan pikiran yang sedang gelisah.

Beribadah
Beribadah dapat membuat hati dan pikiran lebih tenang. Melalui doa, kita bisa mencurahkan semua kesedihan dan masalah agar merasa lebih lega. Membaca atau mendengarkan al-Qur’an juga bisa menjadi obat penenang hati dan pikiran yang gelisah. Mendekatkan diri kepada Allah dan beribadah kepada-Nya merupakan cara menenangkan hati dan pikiran dalam Islam.

Perubahan Perspektif
Mengubah pikiran negatif menjadi positif merupakan salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran yang gelisah. Ketika merasa ada hal-hal yang tidak menyenangkan di dalam hati, cobalah untuk berpikir bahwa apa yang terjadi tersebut bukanlah akhir dari segalanya. Dengan demikian akan muncul dalam pikiran untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan melupakan apa yang telah terjadi.

Menyendiri
Terkadang kita memerlukan waktu untuk diri sendiri. Kita bisa memikirkan apa pun dengan lebih tenang tanpa komentar dari orang lain yang mungkin dapat mengganggu. Dapat juga dilakukan dengan menghabiskan waktu untuk melakukan hobi atau kesukaan yang selama ini tidak dapat dilakukan karena banyaknya aktivitas yang harus dilakukan sehari-hari.

Tertawa
Tertawa terbahak-bahak merupakan salah satu cara menenangkan hati yang gelisah. Kita dapat menonton acara komedi atau berbagi cerita lucu bersama teman untuk melupakan kecemasan dan kegelisahan yang telah terjadi.

Olahraga ringan
Olahraga ringan juga dapat membantu tubuh dan pikiran merasa lebih rileks. Kita dapat meluangkan waktu untuk berolahraga seperti bersepeda atau jogging agar pikiran kembali tenang. Tetapi jangan terlalu lelah, karena kelelahan juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional. Dengan olahraga yang teratur, hati dan pikiran akan lebih tenang.

Berbagi isi hati
Mencurahkan hati dan pikiran kepada teman atau keluarga juga bisa menjadi pilihan. Berbagi sesuatu yang selama ini menjadi beban dan menimbulkan masalah, dapat membuat perasaan lebih lega, dan pikiran menjadi lebih tenang. Pilih teman atau keluarga yang bisa dipercaya, agar lebih nyaman dalam berbagi dan mencurahkan isi hati.

Demikian cara menenangkan hati dan pikiran yang gelisah ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: