8 Makanan Ini dapat Manambah Berat Badan dengan Cepat

Banyak orang yang terobsesi untuk menurunkan berat badan, tetapi ada juga yang justru ingin menambah berat badan mereka. Beberapa orang secara alami memiliki tubuh yang terlalu kurus sehingga tak jarang dari mereka mendapat ejekan kekurangan gizi. Orang yang memiliki metabolisme terlalu cepat akan sulit memiliki tubuh yang gemuk. Seperti halnya orang dengan masalah obesitas atau kegemukan, badan yang terlalu kurus juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kerusakan organ, gangguan mestruasi pada wanita, dan gangguan kepadatan tulang.

Orang yang baru sembuh dari sakit mungkin tertarik dengan cara menambah berat badan dengan cepat dan sehat. Memang benar beberapa jenis makanan seperti kentang goreng maupun soda manis jika dikonsumsi secara berlebihan setiap hari dapat meningkatkan berat badan, tetapi karena pola makan yang salah tersebut justru dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.

Ahli gizi merekomendasikan cara ampuh menambah berat badan ideal adalah dengan mengkonsumsi makanan alami dengan tetap memperhatikan kebutuhan asupan kalori dalam tubuh. Berikut adalah 8 makanan sehat yang jika dikonsumsi dengan tepat dapat membantu menggemukkan badan dengan cara yang lebih sehat.

Buah tropis
Dengan rutin mengkonsumsi buah tropis dapat membantu menggemukkan badan. Buah-buahan seperti mangga, pepaya, pisang, dan nanas adalah pilihan yang baik menurut para ahli gizi. Buah tropis mengandung gula alami yang akan memberikan energi yang besar. Menambah porsi makan buah adalah cara menambah berat badan dengan cepat dan alami.

Alpukat
Mengkonsumsi buah alpukat juga dapat menambahkan berat badan. Satu buah alpukat mengandung 140 kalori, kalium, asam folat, dan vitamin E. Dalam buah alpukat juga terkandung banyak vitamin B yang dapat membantu menggemukkan badan secara sehat.

Gandum
Ahli gizi mengatakan bahwa makan roti merupakan salah satu cara untuk menggemukan badan yang sehat. Jika ingin menggemukkan badan, sebaiknya memilih roti yang dibuat dari gandum. Gandum mengandung serat dan mineral alami yang dapat memberikan energi lebih banyak untuk tubuh.

Minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak kacang memiliki rasa yang lezat dan dapat membuat jantung lebih sehat ketika dikonsumsi dengan cara yang benar. Tidak seperti mentega, sebagian besar minyak nabati lebih aman jika dimasak pada suhu tinggi. Banyak juga minyak nabati yang telah diproduksi dengan ditambahkan berbagai rasa, sehingga dapat memberikan kelezatan tersendiri ketika digunakan untuk memasak.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan penambah berat badan. Menurut ahli gizi, kacang mengandung banyak lemak dan nutrisi, juga mengandung banyak serat. Dengan hanya makan segenggam kacang saja dapat membuat rasa kenyang selama berjam-jam. Almond merupakan pilihan yang paling baik karena kandungan gizinya yang lebih lengkap dibanding jenis kacang yang lainnya.

Keju
Untuk menggemukkan badan dengan sehat, keju juga merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi setiap saat. Keju mengandung hampir semua nutrisi yang dimiliki susu, dan kebanyakan keju juga mengandung lemak yang tinggi sehingga baik jika digunakan untuk meningkatkan berat badan. Keju merupakan salah satu jenis makanan yang lezat, sehingga dalam mengkonsumsi keju tidak boleh berlebihan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

Kentang
Salah satu nutrisi yang harus dikurangi konsumsinya ketika menurunkan berat badan adalah karbohidrat. Dengan demikian, cara menambahkan berat badan secara alami selayaknya memasukkan kembali karbohidrat ke dalam daftar nutrisi yang harus dikonsumsi. Tentu harus karbohidrat dengan nilai gizi yang baik untuk kesehatan. Kentang merupakan salah satu pilihan makanan yang cocok karena kandungan protein, serat, dan vitamin C nya yang tinggi. Makanlah kentang dengan kulitnya untuk memperoleh nutrisi yang optimal. Setelah kentang dikupas, kandungan protein kentang akan berkurang hingga setengahnya.

Selai kacang
Selai kacang yang mengandung banyak protein dan lemak merupakan pilihan yang baik untuk menambah berat badan dengan sehat. Satu sendok makan selai kacang mengandung sekitar 100 kalori dan 4 gram protein. Selai kacang juga tinggi folat, magnesium, vitamin E, dan vitamin B3. Selai kacang dapat dikonsumsi bersama oatmeal atau roti gandum. Ketika memilih produk selai kacang, carilah yang terbuat dari bahan-bahan alami, yang tidak mengandung banyak gula dan bahan-bahan tambahan lainnya.

Demikian beberapa makanan yang dapat manambah berat badan dengan cepat ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: