Cara Mengecilkan Perut Buncit Wanita Secara Alami

Semua orang, khususnya wanita akan lebih senang jika memiliki perut yang datar daripada memiliki perut yang buncit. Perut yang buncit tidak saja terlihat kurang menarik, tetapi dapat juga menimbulkan rasa tidak nyaman dalam pergaulan. Para ahli mengatakan bahwa perut buncit merupakan suatu kondisi yang mudah untuk dihindari. Jadi tidak perlu khawatir dan bingung, khususnya bagi wanita mencari cara untuk mengecilkan perut buncit.

Dalam artikel ini tidak akan dibahas tentang perut buncit yang disebabkan oleh tumpukan lemak. Melainkan perut buncit yang disebabkan oleh gas usus. Seorang ahli endokrinologi dan obesitas mengatakan bahwa, selain karena kondisi medis seperti penyakit hati dan jantung, satu-satunya penyebab perut buncit adalah gas usus.

Perut buncit atau kembung akibat akumulasi cairan pada orang dewasa sehat yang selama ini berkembang di masyarakat hanyalah mitos, karena perut bukanlah tempat penampungan air utama di dalam tubuh. Jadi, yang menyebabkan perut buncit adalah penumpukan gas usus yang berlebihan. Berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit wanita yang bisa dilakukan, dan hasilnya pun sangat efektif.

Hindari sembelit
Kekurangan serat, cairan, dan aktivitas fisik yang minim dapat menyebabkan sembelit, yang akhirnya mengakibatkan perut buncit. Untuk menghindari hal tersebut, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal 6-8 gelas per hari dan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan dan bersepeda minimal 30 menit per hari.

Jangan makan terlalu cepat
Makan dengan cepat dan tidak mengunyah makanan dengan baik dapat menyebabkan udara yang tertelan semakin banyak, yang dapat juga mengakibatkan perut buncit. Jadi memperlambat dan menikmati makanan merupakan salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit. Satu kali makan harus berlangsung setidaknya 30 menit. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih lambat, jumlah makanan yang dikonsumsinya lebih sedikit sehingga bermanfaat juga untuk menjaga berat badan.

Kurangi konsumsi sodium
Makanan yang diolah melalui proses seperti makanan kalengan, kemasan, dan sebagainya cenderung mengandung sodium tinggi dan rendah serat. Keduanya dapat menyebabkan perut buncit. Biasakan dalam membeli makanan kemasan untuk membaca label makanannya. Pilih makanan yang mengandung tidak lebih dari 500 mg sodium, atau total konsumsi 1.500 sampai 2.300 mg sodium per hari.

Makan lebih sering
Makan lebih sering dalam porsi yang lebih kecil juga dapat mencegah dan mengecilkan perut buncit wanita. Lebih sering makan dapat membantu mengontrol gula darah dan mengatur rasa lapar. Makanlah lima sampai enam kali porsi kecil setiap hari, tapi pastikan jumlah makanan dan kalorinya tetap proporsional dengan kebutuhan tubuh.

Konsumsi makanan dan minuman anti kembung
Beberapa studi menunjukkan bahwa teh, jahe, nanas, dan yogurt mengandung probiotik (bakteri baik) yang dapat membantu mengecilkan perut buncit. Makanan tersebut baik ketika digunakan dengan cara yang tepat untuk menghilangkan perut buncit.

Demikian cara mengecilkan perut buncit secara alami ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, khususnya untuk para wanita yang selalu memperhatikan penampilannya. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: