Tips dan Cara Meninggikan Badan dengan olahraga

Cara meninggikan badan ini akan berhasil jika dilakukan dengan disiplin dan konsisten atau terus-menerus. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, tetapi secara garis besar ada tiga faktor penting yang dapat mendukung upaya untuk meningkatkan tinggi badan. Tiga faktor tersebut adalah, nutrisi yang dikonsumsi setiap hari, olahraga dan posisi tubuh saat berdiri, duduk, maupun beraktivitas.

Untuk sukses meninggikan badan dibutuhkan proses. Dalam setiap proses, termasuk proses untuk meninggikan badan perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung keberhasilan proses tersebut agar hasilnya lebih maksimal. Contoh kegiatan yang dapat mendukung keberhasilan proses meninggikan badan adalah mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat yang cukup.

Perbaikan sel-sel lebih banyak berlangsung ketika tubuh berada dalam posisi istirahat, tidak terkecuali dengan tinggi badan. Untuk meninggikan badan, dibutuhkan waktu istirahat minimal 8 jam setiap hari. Mencukupi kebutuhan asupan nutrisi dalam tubuh juga merupakan faktor penting untuk mendukung pertumbuhan tingi badan. Cobalah untuk makan makanan dengan kalori yang cukup dan protein seperti daging, telur, keju, susu, maupun ikan, kalsium, magnesium dan vitamin D. Faktor kekurangan gizi dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan seseorang.

Selain faktor nutrisi dan istirahat, olahraga juga merupakan faktor penting untuk membantu meninggikan badan. Beberapa jenis olahraga yang dapat digunakan untuk membantu meninggikan badan adalah sebagai berikut.

Vertical hanging
Vertical hanging merupakan olahraga sederhana yang dapat membantu mempercepat proses meninggikan badan. Vertical hanging atau bergelantungan ini dapat dilakukan di pagi hari dengan memanfaatkan kusen pintu jika tidak memiliki peralatan khusus. Ketika melakukan vertical hanging, sebaiknya jarak telapak kaki ke lantai minimal 10 cm.

Pada posisi tangan tergantung, tarik tubuh untuk mencapai lantai dengan kaki. Tujuannya untuk melenturkan dan meningkatkan panjang tulang belakang. Kemudian ayun maju dan mundur beberapa kali, agar lebih santai. Lakukan olahraga ini minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pilates roll over
Pilates roll over dimulai dengan berbaring dengan posisi lengan dan kaki lurus dan rileks, kemudian angkat kedua kaki lurus ke atas, dan arahkan ke kepala hingga kaki menyentuh lantai di belakang kepala. Gerakan ini bertujuan untuk menarik tulang belakang, terutama bagian atas agar tumbuh lebih panjang. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, cara ini juga dapat digunakan untuk meninggikan badan dengan cepat.

Stretching like cobra
Dalam melakukan gerakan stretching like cobra atau peregangan layaknya cobra ini, posisi tubuh harus tengkurap dengan telapak sejajar bahu. Kemudian lengkungkan punggung seperti cobra dengan posisi lengan lurus dan bertumpu pada telapak tangan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang agar menjadi lebih panjang. Lakukan peregangan ini 3-4 kali setiap latihan selama 10 sampai 30 detik.

Forward spine stretch
Olahraga untuk meninggikan badan dapat juga dilakukan dengan forward spine stretch. Forward spine stretch atau peregangan jenis ini dimulai dengan duduk di lantai, kaki sejajar bahu lurus ke depan dengan tulang belakang tegak. Lalu luruskan lengan sejajar dengan kaki, dan sentuh ujung kaki dengan kedua tangan. Cara ini akan membuat tulang belakang tertarik ke depan dan dapat meninggikan badan jika dilakukan dengan rutin dan teratur. Lakukan hal ini 3-4 kali selama 10 sampai 15 detik.

Dengan motivasi dan keinginan yang kuat untuk memiliki tubuh yang lebih tinggi sangat menunjang keberhasilan latihan ini. Ketika pikiran dipenuhi dengan rasa ketidakpercayaan atau tidak yakin tentang hasil dari latihan yang dilakukan, efek yang paling terlihat adalah hasilnya tidak akan optimal dalam upaya untuk meninggikan badan. Yang perlu dipikirkan adalah kebanyakan orang berhasil adalah mereka yang selalu yakin tentang keberhasilan. Hal ini juga berlaku untuk cara meninggikan badan ini.

Demikian tips dan cara meninggikan badan dengan olahraga ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: