7 Obat Gatal Alami ini Manjur Menghilangkan Gatal dan Iritasi Kulit

Obat gatal alami – Gatal merupakan salah satu masalah kulit yang paling menjengkelkan, karena semakin digaruk, akan semakin gatal. Menggaruk mungkin hanya mengatasi rasa gatal sesaat, dan sebenarnya tidak dapat menyembuhkannya, justru rasa gatal akan bertambah parah.

Meskipun gatal merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan berbagai macam gangguan iritasi akibat virus atau bakteri, tetapi jika tidak diobati menggunakan obat gatal yang tepat dapat menyebabkan infeksi dan beberapa jenis gangguan kulit lainnya.

Untungnya, ada cara tradisional untuk mengobati gatal dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Beberapa bahan alami ini juga dapat digunakan untuk meringankan gatal karena gigitan serangga. Rasa gatal dan iritasi memang menjengkelkan, tapi jangan terus-terusan digaruk karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Berikut beberapa obat gatal tradisional yang manjur untuk menghilangkan gatal dan iritasi kulit.

Cuka sari apel
Cuka sari apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk menghilangkan rasa gatal. Cuka sari apel merupakan antiseptik, anti-jamur dan anti-bakteri yang efektif untuk mengurangi gatal, terutama gatal yang diakibatkan oleh kulit kering, seperti sunburns dan ketombe. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup menempatkan beberapa tetes cuka sari apel pada sehelai kain atau kapas, lalu oleskan ke daerah yang terasa gatal.

Lidah buaya
Lidah buaya sangat efektif untuk meringankan hampir semua jenis iritasi kulit. Lidah buaya terkenal dengan kemampuannya untuk menyembuhkan sunburns. Bukan hanya itu, lidah buaya juga merupakan obat gatal tradisional yang mujarab untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi kulit. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati gatal adalah dengan memotongnya memanjang dari atas ke bawah menggunakan pisau. Lalu ambil gel-nya dan gosokkan pada kulit yang teriritasi.

Minyak kelapa
Minyak kelapa juga sangat efektif untuk mengobati gatal, termasuk gatal karena gigitan serangga dan kulit kering. Cara menggunakannya adalah dengan menggosokkan sedikit minyak kelapa ke daerah yang terasa gatal. Jika gatal terjadi hampir di seluruh seluruh tubuh, campukan minyak kelapa pada air yang akan digunakan untuk mandi, akan lebih efektif jika menggunakan air hangat.

Jeruk nipis
Jeruk nipis yang mengandung banyak vitamin C dan pemutih alami ini, merupakan salah satu solusi terbaik untuk obat kulit gatal. Jeruk nipis juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan rasa gatal dan mengurangi terjadinya peradangan. Cara menggunakannya cukup dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras dan oleskan airnya untuk menghilangkan rasa gatal.

Baking soda
Baking soda juga manjur untuk menghilangkan rasa gatal. Campurkan baking soda dan air secukupnya untuk membuat pasta, lalu gunakan pada daerah yang terserang gatal. Jika gatal tersebar di seluruh tubuh, tambahkan secangkir baking soda ke dalam air hangat dan gunakan untuk berendam selama kurang setengah jam.

Bila menderita kulit gatal, gunakan obat gatal tradisional ini untuk menghilangkan rasa gatal, bukan dengan menggaruknya. Jika ingin mengetahui apa yang menyebabkan gatal? Alergi terhadap beberapa jenis makanan pun kadang-kadang dapat menimbulkan gejala gatal. Tapi jika ada perubahan warna pada daerah yang terasa gatal, permukaan kulit tampak lebih mengkilap, dan merasakan gatal yang berlebihan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih profesional dan tepat.

Demikian beberapa obat gatal alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: