7 Obat Tradisional Darah Tinggi Alami dan Manjur

Obat darah tinggi alami – Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja, pria ataupun wanita. Banyak faktor yang dapat menyebabkan dan berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, seperti stres yang berlebihan, diet yang tidak tepat, termasuk kurangnya waktu olahraga juga dapat menyebabkan darah tinggi.

Orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko terhadap masalah kesehatan lainnya, seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, penyakit ginjal, gangguan penglihatan dan gangguan sistem metabolisme tubuh. Untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan rutin memeriksakan keadaan kepada dokter atau tenaga kesehatan.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri dan manjur untuk mengobati tekanan darah tinggi, misalnya perubahan gaya hidup atau dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Jika ingin menggunakan obat darah tinggi tradisional dan alami, pilihan bahan yang bisa digunakan pun sangat beragam. Tetapi lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk obat darah tinggi yang manjur diantaranya adalah sebagai berikut.

Kemangi
Kemangi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bisa dikonsumsi. Meskipun hanya sebentar, kemangi telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menambahkan kemangi ke dalam makanan dan mengkonsumsinya secara teratur adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati darah tinggi.

Lavender
Lavender yang selama ini dikenal sebagai bahan pembuatan parfum dan dipakai sebagai aroma terapi ini ternyata dapat digunakan untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara alami. Bunga lavender dan daunnya dapat dimasukkan ke dalam masakan untuk dikonsumsi sebagai obat darah tinggi tradisional.

Kayu manis
Kayu manis merupakan bumbu yang biasa digunakan dalam masakan dan dikonsumsi setiap hari. Kayu manis juga dapat digunakan dan manjur untuk menurunkan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi kayu manis setiap hari telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita diabetes.

Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki banyak sekali manfaat. Bawang putih juga bermanfaat dan memiliki kemampuan untuk memperlebar pembuluh darah sehingga dapat digunakan sebagai obat darah tinggi alami. Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih aliran darah menjadi lebih lancar dan dapat mengurangi tekanan darah.

Kapulaga
Kapulaga merupakan bumbu masakan yang berasal dari India dan sering digunakan dalam masakan oleh orang-orang di wilayah Asia Selatan. Sebuah studi tentang manfaat kapulaga menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kapulaga setiap hari selama beberapa bulan sangat manjur untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Kumis kucing
Kumis kucing adalah obat herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati hipertensi dan masalah neurologis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan bahan alami kumis kucing dapat digunakan sebagai obat darah tinggi dan mengurangi tekanan darah.

Seledri
Seledri adalah tumbuhan yang biasa dikonsumsi bersama sup, semur, dan beberapa jenis masakan lainnya. Seledri telah lama digunakan untuk pengobatan hipertensi di Cina. Untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi seledri secara rutin dan teratur setiap hari.

Demikian beberapa obat darah tinggi alami dan tradisional ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: