8 Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Alami dan Ampuh

Obat batuk berdahak – Pilek dan infeksi saluran pernapasan atas lainnya seringkali disertai dengan dahak. Dahak memang tidak terlalu bahaya bagi kesehatan, tetapi dahak yang tidak diobati dapat menyumbat dan mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan infeksi.

Gejala adanya dahak biasanya ditunjukkan oleh batuk, pilek, sesak napas, merasa lemah dan dalam beberapa kasus bisa terjadi demam. Dahak cenderung terkumpul dan menggumpal di dada dan tenggorokan yang biasanya dikeluarkan melalui batuk, sehingga sering disebut dengan batuk berdahak.

Dahak mengandung bakteri, virus atau sel inflamasi yang disebabkan karena adanya infeksi dalam saluran pernapasan. Selain infeksi seperti pilek, flu dan bronkitis, dahak juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap iritasi seperti pada asma, pita suara rusak, dan kebanyakan merokok.

Biasanya batuk berdahak sangat menjengkelkan dan sulit menemukan obat yang tepat untuk menyembuhkannya. Berikut beberapa cara mengatasi batuk berdahak secara alami, dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Air garam
Berkumur dengan air garam hangat adalah cara yang paling mudah mengobati batuk dahak. Air hangat dapat meringankan tenggorokan yang teriritasi, sementara garam akan membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi dan mengurangi produksi dahak.

Caranya:
  • Campurkan seperempat sendok teh garam ke dalam segelas air hangat
  • Gunakan campuran ini untuk berkumur-kumur
  • Lakukan beberapa kali sehari untuk hasil yang optimal.
Jus lemon
Lemon termasuk salah satu bahan alami yang sangat baik digunakan untuk menghilangkan lendir dan dahak. Lemon mengandung antibakteri dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan batuk berdahak secara alami.

Caranya:
  • Tambahkan dua sendok teh jus lemon dan satu sendok madu ke dalam segelas air panas. Minum setidaknya tiga kali sehari untuk melegakan tenggorokan dan mengurangi produksi dahak
  • Cara lainnya adalah dengan memotong lemon, taburi dengan sedikit garam dan merica di atasnya, kemudian hisap irisan lemon tersebut. Cara ini akan memaksa dahak keluar dari tenggorokan. Lakukan setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal.
Jahe
Obat batuk berdahak tradisional selanjutnya adalah jahe. Jahe merupakan dekongestan alami dan telah banyak digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan. Jahe memiliki sifat antivirus, antibakteri dan ekspektoran yang dapat melegakan tenggorokan dan membantu melonggarkan pernapasan.

Caranya:
  • Tambahkan satu sendok makan irisan jahe segar ke dalam satu cangkir air matang. Diamkan selama beberapa menit, kemudian tambahkan dua sendok teh madu. Minum ramuan ini beberapa kali sehari
  • Bisa juga dengan mengunyah irisan jahe mentah secara langsung beberapa kali sehari untuk meredakan batuk berdahak dan gatal di tenggorokan
Kunyit
Kunyit memiliki sifat antiseptik yang kuat yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi dahak dan membunuh bakteri penyebab dahak. Kunyit juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjadi obat batuk berdahak tradisional yang efektif.

Caranya:
  • Tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam segelas susu panas. Minum di pagi hari dan sebelum tidur
  • Kunyit juga bisa dimakan secara langsung sebanyak tiga kali sehari sebagai obat batuk berdahak alami
  • Atau dengan menambahkannya dengan satu sendok makan kunyit dan sedikit garam ke dalam segelas air panas. Lalu gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.
Cabai rawit
Cabai rawit juga dapat membantu meredakan batuk berdahak dan melegakan hidung serta tenggorokan. Sifat hangat yang timbulkan oleh cabai rawit dapat membantu mengurangi rasa sakit di dada dan menyembuhkan gangguan pernapasan.

Caranya:
  • Campurkan seperempat sendok teh cabai rawit yang sudah dihaluskan dengan parutan jahe segar secukupnya. Lalu tambahkan pula dengan satu sendok makan madu dan cuka sari apel, serta dua sendok makan air
  • Minum ramuan ini dua atau tiga kali sehari untuk membantu mengurangi produksi dahak
  • Menggunakan cabai rawit ke dalam masakan juga efektif untuk mencegah dan mengurangi gejala batuk berdahak.
Madu
Madu yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur ini efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak, melegakan tenggorokan yang teriritasi, dan sekaligus menghilangkan dahak. Madu juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi lebih cepat.

Caranya:
  • Ambil satu sendok makan madu lalu tambahkan dengan bubuk lada secukupnya. Lada akan membantu mengobati infeksi tenggorokan, sementara madu dapat mengurangi lendir. Minum campuran ini dua kali sehari selama seminggu
  • Atau dengan menambahkan satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat. Minum beberapa kali sehari untuk membantu mengencerkan lendir.
Bawang putih
Bawang putih juga merupakan obat batuk berdahak tradisional yang manjur. Bawang putih memiliki sifat antibiotik, anti-inflamasi dan ekspektoran yang dapat membantu melegakan tenggorokan dan menghilangkan batuk berdahak. Bawang juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan batuk.

Caranya:
  • Cuci dan potong halus bawang putih
  • Campurkan dengan dua sendok makan gula dan biarkan selama kurang lebih setengah jam
  • Gunakan campuran bahan alami ini setiap dua sampai tiga jam atau bila diperlukan untuk meredakan batuk berdahak.
Wortel
Wortel telah digunakan sejak lama untuk mengobati batuk berdahak maupun jenis batuk lainnya. Wortel merupakan sumber vitamin C, antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai macam infeksi. Wortel juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dapat membantu mengurangi gejala batuk serta dahak.

Caranya:
  • Ambil 5 buah wortel segar, lalu buat menjadi jus
  • Kemudian tambahkan dengan 2-3 sendok teh madu
  • Minum ramuan ini untuk membersihkan dahak di tenggorokan.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan cara mengobati batuk berdahak yang telah dijelaskan sebelumnya secara rutin dan teratur. Namun jika melihat ada darah dalam dahak atau dahak berwarna kekuning-kuning atau kehijauan, berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih maksimal, karena hal tersebut dapat menjadi tanda atau gejala penyakit berbahaya lainnya.

Demikian obat batuk berdahak tradisional ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: