10 Bahan Alami yang Efektif untuk Memutihkan Kulit Wajah

Cara memutihkan kulit – Sudah menjadi rahasia umum jika banyak remaja khususnya wanita ingin memiliki warna kulit yang lebih putih. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi kenapa mereka menginginkan kulit yang lebih putih. Seperti memiliki warna kulit yang tidak merata di bagian leher atau wajah seringkali membuat orang ingin memutihkan kulit yang mereka miliki, karena dapat mengganggu penampilan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit seseorang berwarna lebih gelap, seperti terlalu lama terpapar sinar matahari atau terlalu lama menggunakan produk kimia tertentu. Cara memutihkan kulit yang cepat dapat digunakan krim pemutih yang dijual di pasaran. Tetapi lebih dari 60% dari produk tersebut terbuat dari bahan kimia dan sangat berbahaya.

Menggunakan bahan alami untuk memutihkan kulit lebih aman daripada menggunakan produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit, dan hasilnya pun lebih efektif untuk mencerahkan dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Kulit jeruk + yoghurt
Cara memutihkan kulit yang pertama adalah dengan menggunakan kulit jeruk dan yogurt. Caranya, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Lalu hancurkan hingga menjadi bubuk. Ambil satu sendok makan kulit jeruk bubuk dan satu sendok makan yogurt segar, kemudian buat menjadi pasta. Gunakan pasta ini untuk membersihkan wajah, biarkan selama kurang lebih 20 menit, dan cuci dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang optimal, gunakan setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Tomat + yoghurt + oatmeal
Cara alami untuk memutihkan kulit selanjutnya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan jus tomat dan yoghurt. Aduk merata sampai membentuk pasta. Gunakan sebagai masker wajah, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian cuci dengan air hangat. Campuran bahan alami ini juga berfungsi pelembab alami kulit dan mencegah kulit kering.

Susu + jus lemon + madu
Campuran susu, jus lemon dan madu juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Caranya, campurkan satu sendok makan susu dan jus lemon, lalu tambahkan dengan satu sendok teh madu. Madu berfungsi sebagai pelembab alami, sedangkan lemon dapat digunakan untuk mencegah kulit kering. Gunakan campuran bahan alami tersebut untuk membersihkan wajah, biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Yogurt
Yogurt dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan asam laktat yang dimiliki yogurt juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Caranya adalah dengan mengambil yogurt, lalu gunakan untuk membersihkan kulit wajah. Biarkan selama kurnag lebih 20 menit lalu bersihkan dengan air bersih.

Lemon
Lemon merupakan salah satu bahan pemutih alami yang terbaik dibandingkan dengan pemutih alami lainnya. Caranya adalah dengan memotong lemon menjadi beberapa bagian, lalu gunakan untuk membersihkan kulit muka dengan gerakan melingkar. Biarkan selama kurang lebih 30 menit untuk hasil yang maksimal, lalu bersihkan dengan air bersih.

Tomat
Jika digunakan secara rutin dan teratur, tomat juga dapat membantu memutihkan dan melembabkan kulit secara alami. Mengkonsumsi satu buah tomat mentah setiap hari dapat membuat kulit lebih bersinar dan putih. Campuran tomat dan yogurt dapat dibuat menjadi masker yang juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit muka.

Kunyit + cendana + susu
Cara memutihkan kulit selanjutnya adalah menggunakan campuran kunyit, kayu cendana dan susu. Buatlah pasta dari campuran bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Masker kunyit merupakan pemutih alami yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran kulit dengan efektif.

Pepaya
Buah yang memiliki rasa manis dan kaya rasa ini juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Makan pepaya setiap hari dapat mencerahkan warna kulit. Pepaya juga dapat dibuat menjadi masker yang sangat efektif untuk membersihkan dan memutihkan kulit wajah.

Almond + susu
Menggunakan campuran almond dan susu merupakan salah satu cara yang efektif untuk memutihkan kulit tanpa harus menggunakan bahan kimia. Yang harus dilakukan adalah menggiling beberapa almond sampai menjadi bubuk. Kemudian campur almond dan susu hingga membentuk sebuah pasta tebal. Gunakan pasta ini setiap hari agar kulit lebih putih alami.

Kentang
Tidak hanya dapat memutihkan kulit, kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam dan kantung yang terbentuk di sekitar mata. Caranya adalah dengan menghaluskan kentang, lalu diperas untuk diambil airnya. Oleskan secara merata pada wajah dan biarkan sampai mengering. Setelah itu bilas dan membersihkan wajah dengan menggunakan air bersih. Selain dapat memutihkan kulit wajah, kentang juga dikenal sangat efektif untuk melembabkan kulit secara alami.

Beberapa bahan alami yang telah disebutkan di atas dapat memutihkan kulit dengan efektif jika digunakan secara rutin dan teratur. Jika ingin menggunakan produk pemutih kulit, ingatlah untuk selalu memeriksa label warna yang terletak di belakang produk sebelum membelinya. Label produk dengan tanda hijau atau merah aman untuk digunakan, sedangkan label berwarna hitam berarti 100% terbuat dari bahan kimia dan bisa berbahaya.

Demikian cara memutihkan kulit secara alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: