Beberapa Obat Jerawat Alami Ini Tidak Efektif Menghilangkan Jerawat

Obat jerawat alami – Untuk mengobati jerawat, banyak sekali pilihan produk obat jerawat yang tersedia di pasaran. Hal tersebut sering membuat bingung karena semua menawarkan hasil yang efektif. Apakah benar begitu? Ya, semua khasiat produk tersebut hanya kita dengar dari iklan dan rumor yang belum terbukti efektifitasnya untuk menghilangkan jerawat.

Mengobati dan menghilangkan jerawat memang tidak mudah. Apalagi bagi orang yang memilih menggunakan obat jerawat alami. Untuk mengetahui apakah bahan alami tersebut benar-benar efektif menghilangkan jerawat atau tidak, tentu lebih sulit.

Dalama artikel ini akan dibahas beberapa macam obat jerawat alami yang boleh digunakan meskipun tidak efektif, yang efektif maupun yang tidak efektif dan harus dihindari untuk pengobatan jerawat.

Obat jerawat yang tidak efektif, tapi boleh digunakan
Akupunktur
Akupuntur mungkin bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Menurut Jamie Starkey, seorang ahli akupunktur di Klinik Cleveland, akupunktur hanya bertujuan untuk memudahkan pengobatan jerawat, bukan menghilangkannya. Akupuntur hanya mengobati pemicunya, bukan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Mengobati jerawat menggunakan akupuntur juga memerlukan waktu yang lebih lama.

Jadi, untuk menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh stres di tempat kerja atau karena terlambat datang bulan, akupunktur efektif untuk digunakan. Penggunaan akupuntur lebih baik dikombinasikan dengan obat jerawat tradisional lainnya, terutama jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan memerlukan pendekatan yang lebih intensif untuk mengendalikannya, kata Robert Polisky, MD, dokter kulit di Elk Grove Dermatology di Elk Grove Village, Illinois.

Cuka sari apel
Cuka sari apel juga mungkin bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Menurut Jessica Wu, seorang dokter kulit di Los Angeles, cuka sari apel tidak efektif untuk menyembuhkan jerawat. Namun, kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka sari apel dapat membantu mengendalikan bakteri dan jamur penyebab jerawat.

Penggunaan cuka sari apel untuk mengobati jerawat boleh dilakukan karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Untuk lebih jelasnya buktikan sendiri apakah cuka sari apel benar-benar efektif untuk mengobati jerawat atau tidak. Caranya campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam dua gelas air, dan gosokkan ke kulit yang terserang jerawat dengan menggunakan kapas.

Obat jerawat alami yang efektif menghilangkan jerawat
Madu
Madu merupakan salah satu obat jerawat alami paling ampuh dan cepat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan anti-oksidan, mineral dan vitamin yang dimiliki madu dapat mencegah radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat jerawat.

Caranya pun cukup mudah, untuk mengobati jerawat dari dalam bisa dengan mengkonsumsi madu secara langsung, atau dioleskan ke daerah yang berjerawat untuk menghilangkannya. Madu juga dapat dibuat menjadi masker alami jerawat dengan menambahkan dengan beberapa bahan alami lain.

Daun sirih
Daun sirih memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk kesehatan, daun sirih juga banyak digunakan dalam dunia kecantikan, termasuk sebagai obat jerawat alami dari tumbuhan yang ampuh. Menggunakan daun sirih juga merupakan salah satu cara efektif menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati jerawat adalah dengan menghaluskannya, lalu oleskan pada daerah yang terserang jerawat, biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian cuci dengan menggunakan air bersih.

Bawang putih
Bawang putih juga merupakan salah satu obat jerawat batu alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat. Kandungan allicin bawang putih memiliki sifat anti-jamur yang dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat.

Caranya menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat adalah dengan menghaluskannya, lalu tambahkan dengan sedikit madu dan yogurt. Aduk hingga rata, lalu gunakan sebagai masker anti jerawat. Biarkan sekitar 20 menit sebelum membersihkannya dengan menggunakan air bersih.

Obat jerawat yang tidak efektif, dan tidak boleh digunakan
Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang tidak efektif dan harus dihindari untuk pengobatan jerawat. Meskipun minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri dan dapat digunakan sebagai pelembab alami, tetapi minyak kelapa justru dapat menimbulkan masalah baru jika digunakan sebagai obat jerawat. Kelapa yang mangandung minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat baru, kata Robert Polisky.

Alkohol
Selain minyak kelapa, alkohol juga tidak disarankan untuk mengobati jerawat. Alkohol memang merupakan salah satu antiseptik yang efektif untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati. Tetapi alkohol terlalu keras untuk digunakan di wajah karena dapat menyebabkan peradangan. Seorang ahli kesehatan bahkan menyarankan untuk menjauhkan alkohol dari wajah.

Pilihlah bahan alami yang benar-benar efektif dan telah terbukti dapat menghilangkan jerawat. Jika bahan tersebut memiliki efek samping yang justru dapat menimbulkan masalah baru, lebih baik jangan mengambil resiko dengan menggunakannya sebagai obat jerawat.

Demikian beberapa pilihan obat jerawat alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: