Cara Cepat Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Tidak sedikit orang, pria maupun wanita yang mengalami kerontokan rambut karena berbagai alasan. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor usia, menopause, kehamilan, genetika, penyakit dan masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Rambut rontok dapat diatasi dengan menggunakan produk atau obat rambut rontok yang banyak tersedia di pasaran. Beberapa orang memilih transplantasi rambut untuk mengatasi kerontokan rambut yang dialaminya. Rambut rontok juga dapat diatasi dengan cara alami yang lebih murah dan aman, serta tidak memiliki efek samping yang bisa membuat kondisi rambut semakin rusak.

Ada beberapa metode atau cara yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Diantara beberapa metode untuk perawatan rambut rontok tersebut adalah sebagai berikut.

Mengkonsumsi vitamin
Mengkonsumsi vitamin sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Beberapa vitamin tersebut juga baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut. Tambahkan konsumsi vitamin berikut ini untuk mengatasi rambut yang rontok.

Vitamin A
Vitamin A merupakan anti-oksidan yang dapat membantu memproduksi sebum yang sangat berguna untuk kulit kepala. Mengkonsumsi kentang yang banyak mengandung beta karoten dan vitamin A tidak hanya bermanfaat untuk kulit kepala, tetapi juga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Vitamin B
Vitamin B juga bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi melanin yang berfungsi memberikan warna pada rambut, dan membuat rambut lebih sehat. Melanin juga dapat merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala.

Vitamin E
Vitamin ini dapat merangsang dan melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Sirkulasi darah di kulit kepala sangat penting untuk menjaga folikel rambut agar tetap produktif dan mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Omega-3
Omega-3 juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi rambut rontok. Contoh makanan yang kaya Omega-3 dan baik untuk mencegah rambut rontok adalah ikan, kuning telur, dan susu. Dengan mencukupi kebutuhan omega-3 dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Pengobatan topikal
Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa bahan alami tersebut adalah sebagai berikut.

Minyak esensial
Gunakan minyak esensial untuk memijat kulit kepala secara lembut. Memijat kulit kepala dengan minyak esensial dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan untuk menjaga folikel rambut agar tetap aktif. Pijat kulit kepala setiap hari selama beberapa menit menggunakan beberapa tetes minyak lavender, minyak almond, atau minyak wijen untuk mengatasi rambut rontok.

Minyak zaitun
Menjaga kelembaban rambut merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk perawatan rambut rontok. Menjaga kelembaban rambut dapat digunakan minyak zaitun, yang bukan hanya sangat baik untuk menjaga kelembaban rambut tetapi juga untuk mencegah kerontokan rambut.

Bawang putih
Menggosok kulit kepala dengan menggunakan bawang putih juga dapat mengembalikan rambut rontok dengan cepat. Pijat secara lembut kulit kepala menggunakan cairan bawang putih, biarkan semalam dan cuci menggunakan air bersih di pagi harinya. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mencegah kerontokan rambut lebih dini.

Teh hijau
Teh hijau juga baik untuk kesehatan rambut. Teh hijau mengandung anti-oksidan yang dapat mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut. Caranya adalah dengan mencelupkan 2 kantong teh hijau ke dalam secangkir air panas, biarkan sampai agak dingin, lalu oleskan secara merata di kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Kentang
Kentang yang mengandung banyak vitamin A sangat baik untuk mencegah rambut rontok. Selain dikonsumsi secara langsung, air rebusan kentang juga dapat digunakan untuk keramas yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut.

Perubahan gaya hidup
Gaya hidup juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Perubahan gaya hidup yang lebih sehat dapat mencegah dan mengatasi rambut rontok.

Konsumsi protein
Mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein dapat mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Makanan seperti daging rendah lemak, ikan, kedelai dapat membantu mencegah rambut rontok.

Hindari pengering rambut
Untuk perawatan rambut, khususnya rambut kering juga tidak boleh sembarangan. Hindari penggunaan pengering rambut secara berlebihan karena dapat mengganggu kelembaban rambut alami. Sebaliknya, jika habis keramas biarkan rambut kering dengan sendirinya. Hal ini akan menjaga kelembaban rambut dan mencegah rambut rontok.

Mencegah stres
Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh stres yang berlebihan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah stres ini, diantaranya adalah dengan berolahraga seperti jogging, berenang, atau bersepeda selama 30 sampai 60 menit per hari. Olahraga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan menghindari kerontokan rambut.

Hindari pemakaian wig
Pemakaian wig yang terlalu sering juga dapat mempercepat kerontokan rambut dengan merusak folikel rambut. Oleh karena itu sedapat mungkin menghindari pemakaian wig karena dapat mengurangi kelancaran sirkulasi udara di dalam kulit kepala.

Dengan perawatan yang tepat, rambut rontok dapat diatasi dan dicegah agar tidak semakin parah dan menyebabkan kebotakan. Mengatasi rambut rontok dapat menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, penggunaan bahan alami lebih murah dan mudah jika digunakan untuk merawat dan mencegah rambut rontok.

Demikianlah cara mengatasi rambut rontok secara alami ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: