5 Obat Alami yang Ampuh Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan mungkin tidak membutuhkan antibiotik untuk menyembuhkannya. Selama beberapa dekade terakhir, telah banyak ditemukan bakteri yang mampu menolak berbagai jenis antibiotik yang digunakan sebagai obat. Hal ini berpotensi menimbulkan bahaya dan infeksi yang mematikan.

Terlalu sering menggunakan antibiotik juga dapat berkontribusi pada kekebalan bakteri, sehingga dokter sering menyarankan kepada pasien untuk berpikir dua kali jika ingin menggunakan antibiotik sebagai obat. Sakit tenggorokan yang secara umum disebabkan oleh virus ini menyebabkan antibiotik tidak akan bekerja dengan optimal untuk mengobatinya. Untungnya, beberapa obat alami bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dengan efektif.

Penyebab sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan sering disebabkan oleh alergi, polusi udara, serta beberapa penyakit seperti pilek, flu, dan sesak napas. Semua disebabkan oleh infeksi virus sehingga penggunaan antibiotik tidaklah terlalu efektif. Bakteri tidak terlalu berdampak terhadap sakit tenggorokan, termasuk pada radang tenggorokan dan batuk. Kebanyakan dokter merekomendasikan penggunaan bahan alami untuk mengobati sakit tenggorokan, kecuali dalam kasus-kasus tertentu yang disertai dengan demam atau amandel.

Obat sakit tenggorokan alami
Sakit tenggorokan biasanya menimbulkan rasa panas, gatal dan dapat juga menyebabkan rasa sakit ketika berbicara atau menelan. Iritasi tenggorokan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, polusi udara atau reaksi alergi.

Jika mengalami sakit tenggorokan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi gejala akibat sakit tenggorokan. Salah satunya adalah berhenti merokok. Asap rokok dapat membuat sakit tenggorokan semakin sakit. Bernapaslah melalui hidung untuk memberikan kelembaban udara yang kita hirup agar sakit tenggorokan tidak semakin parah.

Hal lain yang dapat dilakukan jika mengalami sakit tenggorokan adalah mengganti sikat gigi yang selama ini digunakan. Hal ini akan mencegah bakteri yang tumbuh dan berkembang pada bulu-bulu sikat masuk ke dalam tenggorokan dan menyebabkan infeksi.

Berikut beberapa bahan atau obat alami yang sangat efektif jika digunakan untuk meredakan dan menyembuhkan sakit tenggorokan.

Madu
Sifat antibakteri yang dimiliki madu telah lama dimanfaatkan untuk mengobati dan menyembuhkan sakit tenggorokan. Madu juga dapat berfungsi sebagai osmotik hipertonik, yang akan mengurangi kadar air dari tenggorokan yang meradang, mengurangi pembengkakan dan rasa ketidaknyamanan akibat sakit tenggorokan. Tambahkan beberapa sendok teh madu ke dalam 1 cangkir air panas. Minum secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal.

Jeruk
Jeruk juga dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Caranya hampir sama dengan penggunaan madu, cukup campurkan perasan air jeruk ke dalam air panas, tunggu sampai dingin lalu minum secara rutin dan teratur sampai tenggorokan terasa lebih nyaman.

Vitamin C
Ketika sakit tenggorokan menyerang, mengkonsumsi vitamin C dapat menjadi obat dan meredakan gejala infeksi tenggorokan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai jenis infeksi, termasuk infeksi tenggorokan.

Bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain sebagai bumbu masakan, sifat antibakteri dan antiseptik yang dimiliki bawang putih dapat juga digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Air garam
Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Air garam dapat membantu membunuh bakteri di tenggorokan, membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga kebersihan tenggorokan. Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

Demikian obat sakit tenggorokan yang ampuh dan alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: