Obat Tradisional dan Alami Paling Ampuh Mengatasi Sakit Maag

Maag atau yang sering disebut dengan radang lambung merupakan gejala penyakit yang terjadi pada lambung dan disebabkan oleh asam lambung, luka atau peradangan. Sakit maag yang dapat menimbulkan rasa sakit, perih dan mulas di perut ini juga dapat disebabkan oleh bakteri. Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit, seperti aspirin, dan obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen atau naproxen juga dapat memicu timbulnya maag.

Untuk mengobati sakit maag, sering digunakan antibiotik untuk mengurangi rasa sakit dan menetralkan asam lambung. Ada juga obat maag tradisional dan alami yang dapat digunakan untuk membantu meringankan gejala sakit maag dan membantu menyembuhkannya.

Sakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat kambuh kapan saja. Sakit maag juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti perdarahan, yang harus segera mendapat perawatan dan pengobatan untuk mengatasinya.

Ada banyak sekali pilihan obat maag yang dijual di pasaran. Tetapi tidak jarang produk-produk tersebut justru menyebabkan masalah pencernaan jika terlalu sering digunakan. Untuk mengatasi sakit maag, lebih baik menggunakan obat maag alami dan tradisional, selain lebih aman dan tidak memiliki efek samping, obat maag alami juga lebih ampuh menghilangkan sakit maag. Berikut beberapa obat sakit maag tradisional yang efektif untuk mengobati sakit maag.

Flavonoid
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa flavonoid merupakan obat efektif untuk mengatasi sakit maag. Flavonoid merupakan senyawa alami yang terkandung di dalam buah-buahan dan sayuran. Makanan dan minuman yang banyak mengandung flavonoid antara lain:
  • Kedelai
  • Kacang-kacangan
  • Brokoli
  • Apel
  • Berry
  • Teh hijau
Namun, beberapa makanan dan minuman yang juga mengandung flavonoid seperti buah jeruk dan anggur merah tidak baik untuk mengobati sakit maag, karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Mengkonsumsi flavonoid secara berlebihan juga dapat memicu pembekuan darah.

Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang berguna untuk menjaga sistem pencernaan. Jenis makanan yang banyak mengandung probiotik dan baik digunakan untuk menyembuhkan sakit maag adalah yogurt. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik membantu memusnahkan bakteri penyebab sakit maag dan mempercepat penyembuhannya.

Madu
Madu banyak mengandung antioksidan dan antibakteri yang telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit maag. Selama memiliki kadar gula darah normal, madu sangat dapat digunakan sebagai pemanis makanan apapun dan berguna untuk mencegah sakit maag.

Bawang putih
Obat maag tradisional selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mencegah dan menyembuhkan sakit maag. Ekstrak bawang putih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit maag.

Buah dan sayuran
Mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tidak hanya baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga efektif digunakan untuk membantu menyembuhkan maag. Makanan yang banyak mengandung polifenol dan antioksidan juga dapat mencegah timbulnya sakit maag dan membantu menyembuhkannya.

Vitamin E
Menurut dokter di Kiev Medical Institute, dengan mengkonsumsi 300 mg vitamin E setiap hari sangat efektif untuk mengobati sakit maag. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah bayam, kacang tanah, paprika dan alpukat.

Pisang
Pisang mentah dapat membantu meningkatkan lendir di saluran pencernaan yang dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan maag. Pisang mentah juga dapat membantu pertumbuhan sel dalam saluran usus.

Untuk mengobati sakit maag, kupas pisang dan potong menjadi irisan tipis. Kemudian keringkan dengan dijemur atau menggunakan oven. Setelah kering, haluskan irisan pisang tersebut menjadi bubuk. Lalu campur 2 sendok makan bubuk pisang trsebut dengan 1 sendok makan madu. Minum campuran ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi justru dapat menimbulkan gejala sakit maag, seperti makanan berminyak dan banyak mengandung asam. Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari ketika sakit maag adalah:
  • Kopi
  • Cabai
  • Makanan yang diproses
  • Makanan digoreng
  • Alkohol
Maag termasuk salah satu penyakit yang mudah kambuh dan sulit disembuhkan. Tetapi jangan menyerah, karena sebenarnya maag dapat sembuh secara total. Selain melalukan perawatan seperti yang dianjurkan oleh dokter, mengobati sakit maag dapat digabungkan dengan pendekatan alami untuk mempercepat penyembuhan. Mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran merupakan obat maag yang paling ampuh.

Demikian beberapa obat tradisional sakit maag ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: