6 Obat Tradisional yang Ampuh Menghilangkan Sakit Perut

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut. Gangguan perut atau yang biasa disebut dengan sakit perut ini merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang terjadi di daerah perut dan dapat menyerang siapa saja. Tak peduli pria atau wanita, tua ataupun muda semua bisa mengalami sakit perut.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit perut. Kebanyakan dari penyebab sakit perut tersebut tidak berbahaya dan biasanya hilang dengan sendirinya sehingga tidak memerlukan obat sakit perut khusus untuk menyembuhkannya.

Meskipun begitu sakit perut juga dapat mengganggu aktivitas karena dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Bahkan sakit perut juga dapat menjadi tanda tau gejala dari penyakit yang berbahaya. Sebaiknya kita tidak meremehkan jenis penyakit apapun, termasuk sakit perut. Berikut beberapa obat sakit perut tradisional yang efektif digunakan untuk menyembuhkan sakit perut.

Air Beras
Obat sakit perut alami selanjutnya adalah air beras. Air beras dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit perut akibat diare. Caranya adalah dengan merebus setengah canngkir beras dengan enam cangkir air bersih selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu minum air rebusan beras tersebut selagi hangat untuk menyembuhkan sakit perut. Untuk memberikan rasa, dapat ditambahkan dengan sedikit madu.

Yogurt
Yogurt juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat sakit perut. Kandungan probiotik yang dimiliki yogurt dapat membantu meringankan sakit perut akibat gangguan pencernaan. Selain itu yogurt juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pastikan memilih yogurt bebas gula jika ingin menggunakannya untuk mengobati sakit perut.

Jahe
Sejak zaman kuno, orang telah menggunakan jahe untuk mengobati berbagai penyakit perut, seperti mual, kembung dan sebagainya. Ini bukan hanya mitos, tetapi sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan berbagai jenis sakit perut dengan efektif.

Jahe mengandung anti-inflamasi dan beberapa senyawa alami lainnya yang memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan sakit perut. Jahe dapat dikunyah secara langsung atau dibuat menjadi minuman yang bukan hanya sangat menyegarkan, tetapi jahe juga menjadi obat sakit perut yang efektif.

Biji jinten
Biji jinten yang banyak mengandung vitamin dan mineral dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan gangguan pencernaan, gas, atau kembung yang dapat menyebabkan sakit perut. Biji jinten dapat dimakan setelah menyantap makanan seperti biasa atau ketika merasa sakit perut yang disebabkan oleh gas perut.

Cuka sari apel
Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengobati sakit perut adalah dengan mencampur satu sendok makan cuka sari apel, satu cangkir air hangat, dan satu sendok makan madu. Campuran ini dapat meringankan gangguan pencernaan, mengurangi kram dan gas di perut. Selain itu, cuka sari apel juga dapat mengurangi rasa mulas pada perut.

Air panas
Air panas juga dapat digunakan untuk meredakan sakit perut. Caranya adalah dengan memasukkan air panas ke dalam botol, lalu tempelkan pada perut dengan cara diguling-gulingkan. Jangan biarkan botol terlalu lama diam di satu tempat, karena dapat merusak permukaan kulit. Hawa panas dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit dan menghilangkan rasa nyeri akibat sakit perut.

Sakit perut terkadang dapat menjadi gejala adanya masalah kesehatan yang lebih serius di dalam tubuh. Jika penggunaan obat alami tidak dapat meringankan gejala sakit perut, lakukan pemeriksaan ke dokter dengan segera untuk mendapatkan perawatan yang lebih optimal.

Demikian obat sakit perut tradisional ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: