5 Pilihan Obat Wasir Tradisional dan Alami yang Ampuh

Wasir adalah penyakit yang timbul karena adanya pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah di bagian rektum dan anus. Peradangan tersebut disebabkan adanya peningkatan tekanan yang terjadi pada pembuluh darah. Rasa nyeri, berdenyut dan sakit merupakan beberapa gejala wasir yang jika tidak segera diobati dengan obat wasir yang tepat, dapat terjadi iritasi, menimbulkan rasa ketidaknyamanan dan bahkan pendarahan.

Gangguan yang terjadi pada organ hati juga dapat menyebabkan wasir. Hal tersebut terjadi karena pembuluh darah dari usus kecil dan usus besar, pankreas dan daerah anus semua disalurkan melalui hati. Jika sirkulasi darah yang melalui hati terganggu, maka akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, yang mengakibatkan pembengkakan dan memicu timbulnya wasir.

Wasir juga dapat disebabkan karena sembelit kronis, mengejan berlebihan saat buang air besar, faktor usia, dan kurangnya asupan serat. Pada wanita hamil, sebagian besar wasir terjadi karena adanya tekanan dari rahim pada pembuluh darah.

Apapun penyebabnya, wasir dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan alami. Berikut adalah beberapa cara yang paling efektif untuk mengobati wasir menggunakan obat wasir alami.

Lidah buaya
Sifat anti-inflamasi yang dimiliki lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit akibat wasir. Dengan sifat ini, lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan wasir. Lidah buaya juga mengandung senyawa kimia yang disebut Antrakuinon. Senyawa ini dapat mengurangi sembelit dan mencegah terjadinya wasir. Untuk menyembuhkan wasir, lidah buaya dapat diterapkan secara langsung pada daerah yang mengalami peradangan akibat wasir.

Bawang putih
Bawang putih dikenal mengandung Allium sativum, yang banyak dimanfaatkan untuk penyembuhan wasir dan gangguan pencernaan. Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, astringent dan detoksifikasi yang ampuh untuk mengobati wasir. Bawang putih tidak hanya dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri berbahaya penyebab wasir, tetapi juga dapat mengurangi iritasi dan rasa sakit serta mencegah terjadinya infeksi. Untuk mengobati wasir, bawang putih dapat diterapkan secara langsung, atau dikonsumsi bersama makanan.

Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal, iritasi dan obat wasir alami yang sangat efektif. Caranya adalah dengan menerapkan sari apel langsung pada daerah yang terserang wasir. Sifat astringent yang dimiliki cuka sari apel dapat membantu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak.

Es
Es juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat wasir. Caranya adalah dengan memecahkan es menjadi lebih kecil, lalu tempatkan dalam plastik. Setelah itu masukkan ke dalam handuk atau kertas tebal, lalu duduk di atasnya. Selain dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit akibat wasir, cara ini juga dapat mengurangi aliran darah ke pembuluh darah yang mengalami pembengkakan.

Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang dapat digunakan untuk memperkuat dan menyehatkan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi lebih banyak jeruk maupun buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C dapat melancarkan proses buang air besar yang dapat menyebabkan terjadinya wasir.

Obat wasir alami dan tradisional yang telah disebutkan sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan wasir. Namun, jika wasir terus berlanjut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih optimal.

Demikian obat wasir alami dan tradisional ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: