Penyebab dan Cara Meringankan Sakit Pinggang dengan Obat Alami

Sakit pinggang merupakan salah satu masalah medis yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Banyak orang yang menggunakan obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen atau anti-peradangan lainnya sebagai obat sakit pinggang. Meskipun efektif, penggunaan jangka panjang obat-obat tersebut dapat menyebabkan radang perut.

Cara mengobati sakit pinggang yang baik adalah dengan membantu tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri melalui cara-cara alami seperti perubahan gaya hidup, mengkonsumsi suplemen tertentu, olahraga dan sebagainya. Sakit pinggang harus segera mendapatkan perawatan dengan semestinya, karena jika dibiarkan terlalu lama dapat menjadi sakit pinggang kronis yang justru akan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Penyebab sakit pinggang
Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, sakit pinggang dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya perubahan degeneratif pada tulang belakang, cedera karena jatuh atau mengangkat beban yang berlebih, dan kondisi medis tertentu yang juga dapat menyebabkan sakit pinggang.

Jika memiliki sakit pinggang kronis atau sesekali saja merasakan sakit pinggang, perubahan gaya hidup dapat membantu meringankan gejala yang terjadi, mencegahnya dan dalam jangka panjang dapat menyembuhkan sakit pinggang secara total.

Obat sakit pinggang alami
Berikut beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati sakit pinggang dan mencegah sakit pinggang datang kembali dalam jangka panjang.

Jahe
Ekstrak jahe dapat membantu meringankan nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical, yang dapat mengurangi peradangan. Jahe termasuk salah satu bahan alami yang efektif digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri akibat sakitpinggang. Masukkan beberapa potong jahe ke dalam air panas, tunggu hingga dingin lalu minum secara teratur untuk obat sakit pinggang.

Kunyit
Manfaat kunyit juga banyak digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi peradangan, termasuk sakit pinggang. Kandungan curcumin pada kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang. Kunyit biasanya aman digunakan, tetapi dosis yang terlalu tinggi atau penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Orang yang memiliki penyakit kandung empedu juga harus menghindari penggunaan kunyit.

Makanan sehat
Mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran dan omega-3 dapat membantu proses regenerasi tulang dan memperbaiki jaringan tulang. Selain itu, menghindari kebiasaan minum alkohol, kafein, gula, dan makan makanan yang mengandung lemak tinggi dapat mencegah gejala sakit pinggang.

Mencukupi kebutuhan air
Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dapat membantu mengurangi penyusutan fungsi tulang belakang karena faktor usia. Kurangi juga konsumsi kafein seperti kopi dan soda yang justru akan menyebabkan dehidrasi. Jika aktif berolahraga, disarankan untuk minum minimal delapan gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Penghilang rasa sakit alami
Obat penghilang rasa sakit alami biasanya tidak akan mengganggu kondisi perut sebagaimana produk penghilang rasa sakit yang banyak dijual di pasaran. Banyak dokter menyarankan untuk menggunakan bahan alami seperti kunyit dan jahe yang dikenal mengandung antioksidan dan anti-inflamasi alami yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Vitamin B
Vitamin B1, B2, B6, dan B12 dapat juga digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit pinggang. Vitamin-vitamin tersebut akan membantu otot-otot untuk menjadi lebih rileks dan mengurangi nyeri neuropatik akibat sakit pinggang.

Omega-3
Obat alami sakit pinggang selanjutnya adalah omega-3. Omega 3 dapat membantu mengurangi peradangan dan menjadi obat alami yang efektif untuk menyembuhkan sakit pinggang. Omega-3 yang baik dapat diperoleh dari ikan maupun suplemen minyak biji rami.

Terapi alternatif
Sejumlah terapi alternatif telah terbukti mampu menghilangkan gejala sakit pinggang. Terapi seperti pijat, akupuntur, dan yoga dapat membantu meringankan otot-otot yang tegang, meningkatkan sirkulasi darah, melepaskan endorfin dan membantu tubuh untuk menyembuhkan diri dari sakit pinggang secara alami.

Mengurangi stres
Belajar untuk tetap tenang adalah berbagai hal sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang cenderung memiliki pikiran negatif dan mengalami kecemasan berlebih dapat meningkatkan resiko terkena sakit pinggang.

Untuk mencegah sakit pinggang, disarankan untuk mengikuti gaya hidup sehat dan menggunakan cara-cara alami untuk menyembuhkan sakit pinggang dalam jangka panjang. Jika sakit pinggang terus berlanjut dan terindikasi semakin parah, disarankan segera ditangani oleh ahli medis agar mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Demikian beberapa obat sakit pinggang alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: