Penyebab, Gejala, Obat Sakit Kepala dan Penanggulangannya

Sakit kepala didefinisikan sebagai rasa sakit atau sakit yang terjadi di kepala. Sakit kepala bisa terjadi karena berbagai kondisi seperti penyakit dan tekanan emosional. Sakit kepala merupakan salah satu gejala yang paling umum dan bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sekitar 47% dari orang dewasa di seluruh dunia mengalami sakit kepala dalam satu tahun terakhir.

Sakit kepala merupakan istilah yang luas dan mencakup banyak hal. Sakit kepala merupakan rasa nyeri yang terjadi di setiap daerah kepala, seperti di kedua sisi atau di lokasi tertentu di bagian kepala. Sakit kepala dapat muncul secara bertahap atau tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa jam bahkan beberapa hari.

Penyebab sakit kepala

Sakit kepala dibedakan menjadi dua macam tergantung penyebab sakit kepalanya, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.

Sakit kepala primer

Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang disebabkan oleh aktivitas berlebihan, atau adanya masalah dengan struktur kepala seperti pembuluh darah, otot dan saraf kepala serta leher. Sakit kepala primer juga dapat sebabkan oleh aktivitas kimia yang terjadi di dalam otak. Contoh sakit kepala primer adalah migrain dan sakit kepala karena tegang.

Sakit kepala sekunder

Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi lain yang merangsang syaraf-syaraf di kepala. Ada sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan sakit kepala sekunder, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Mabuk alkohol
  • Gumpalan darah
  • Keracunan karbon monoksida
  • Gegar otak
  • Dehidrasi
  • Glaukoma
  • Influenza
  • Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit
  • Panik
  • Stroke
Sakit kepala juga dapat menjadi gejala dari jenis penyakit tertentu. Jika sakit kepala lebih menyakitkan dari biasanya, tidak sembuh setelah penggunaan obat sakit kepala tertentu, atau disertai dengan gejala lain seperti kebingungan dan demam, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli medis yang berpengalaman untuk mengetahui penyebab pasti sakit kepala yang terjadi.

Tanda dan gejala sakit kepala

Ada berbagai jenis sakit kepala yang bisa terjadi. Hal tersebut dapat mempengaruhi daerah yang berbeda di kepala, cara yang berbeda, intensitas yang berbeda, dan dengan waktu yang berbeda pula. Berikut beberapa gejala sakit kepala dari berbagai jenis sakit kepala.

Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang adalah bentuk paling umum dari sakit kepala primer. Gejala yang dapat timbul adalah rasa nyeri yang terasa di kedua sisi kepala. Kadang-kadang rasa nyeri menyebar ke atau dari leher secara perlahan-lahan dan bertahap. Serangan sakit kepala jenis ini bisa berlangsung beberapa jam hingga selama beberapa hari.

Sakit kepala migrain

Migrain juga merupakan salah satu bentuk dari sakit kepala primer. Migrain dapat bertahan beberapa jam hingga 2 atau 3 hari. Sakit kepala migrain dapat menyebabkan rasa nyeri yang terjadi di kedua atau salah satu sisi kepala. Sakit kepala jenis ini juga dapat menyebabkan penglihatan kabur, pusing, dan mual.

Sakit kepala rebound

Sakit kepala rebound adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penggunaan obat secara berlebihan untuk mengobati sakit kepala. Sakit kepala jenis ini dapat menyebabkan sejumlah gejala dan rasa sakit yang berbeda-beda setiap hari seperti sakit leher, gelisah, hidung tersumbat dan gangguan tidur.

Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster dapat menyerang dengan tiba-tiba, pada waktu yang sama setiap hari. Sakit kepala cluster biasanya berlangsung antara 45-90 menit dan bertahan hingga 4-8 minggu. Rasa sakit yang disebabkan oleh sakit kepala cluster dapat terjadi di sekitar mata. Daerah yang terkena bisa menjadi merah dan membengkak. Jika gejalanya terjadi pada rongga hidung, salah satu sisi atau kedua sisinya dapat menjadi pengap dan berair.

Obat sakit kepala dan penanggulangannya

Metode yang paling umum digunakan untuk mengobati sakit kepala adalah istirahat dan penggunaan obat pereda nyeri. Obat penghilang rasa sakit dapat dibeli di pasaran, atau dari penyedia layanan kesehatan dengan pemberian resep obat dan pencegahan sakit kepala.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan terkait dengan rutinitas yang dilakukan sehari-hari, yang dapat digunakan untuk meringankan gejala sakit sakit kepala. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Hindari hal-hal yang menegangkan
  • Makan makanan yang sehat
  • Olahraga secara teratur
  • Istirahat dan tidur yang cukup dan teratur
Selain metode pengobatan yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa bentuk terapi alternatif yang bisa digunakan untuk pengobatan sakit kepala. Bentuk-bentuk pengobatan alternatif yang terbaik untuk mengobati sakit kepala adalah sebagai berikut.
  • Akupunktur
  • Terapi hidup sehat
  • Penggunaan produk kesehatan herbal
  • Meditasi
  • Yoga
Demikian penyebab, gejala, obat sakit kepala ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: