4 Obat Batuk Alami Paling Efektif Menyembuhkan Batuk

Obat batuk alami – Secara umum, batuk merupakan suatu hal yang wajar dan normal terjadi. Sebenarnya, justru batuk dapat membantu mengeluarkan dahak dan menjaga tenggorokan dari berbagai jenis iritasi. Namun batuk yang berkelanjutan dan lama dapat menjadi tanda atau gejala gangguan kesehatan tertentu yang perlu segera diobati, diantaranya dengan obat batuk tradisional.

Sebagai contoh, batuk yang disebabkan oleh flu biasanya akan cepat sembuh dan berlangsung tidak lebih dari dua sampai tiga minggu. Tetapi jika batuk yang terjadi lebih dari 2-3 minggu, batuk tersebut bisa saja disebabkan karena alergi atau gangguan kesehatan lainnya.

Batuk dapat disebabkan karena adanya infeksi virus pada saluran pernapasan. Infeksi virus ini dapat menimbulkan gejala lain seperti pilek dan hidung tersumbat. Batuk juga dapat disebabkan karena alergi yang mengiritasi sistem kekebalan tubuh. Ketika alergen masuk, tubuh akan bereaksi dengan memproduksi zat yang disebut antihistamin sehingga terjadi batuk.

Batuk yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan dapat menimbulkan nyeri tubuh dan demam, sedangkan alergi tidak. Ketika mengalami batuk yang disertai demam, lebih baik segera memeriksakan gejala tersebut kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara intensif. Batuk yang disertai demam tersebut bisa menjadi tanda telah terjadinya infeksi paru-paru seperti bronkitis.

Batuk yang disebabkan oleh pilek, alergi ataupun infeksi virus dapat diobati menggunakan obat batuk yang banyak dijual di pasaran. Namun obat-obatan tersebut mengandung bahan kimia yang terkadang justru menimbulkan masalah dalam jangka panjang. Bagi yang ingin menghindari hal tersebut, berikut beberapa obat batuk alami yang dapat menghilangkan batuk dengan efektif dan lebih aman digunakan.

Madu
Madu merupakan salah satu obat yang efektif untuk mengatasi berbagai jenis sakit tenggorokan. Menurut sebuah studi, madu lebih efektif digunakan untuk meredakan batuk daripada obat-obatan yang mengandung dekstrometorfan.

Cara menggunakan madu untuk mengobati batuk secara alami adalah dengan mencampurkannya ke jus lemon. Madu dapat menenangkan batuk, sementara lemon dapat membantu melegakan tenggorokan. Madu juga dapat ditambahkan ke dalam teh atau air hangat biasa untuk melegakan batuk.

Probiotik
Probiotik merupakan mikroorganisme yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk meredakan batuk meskipun tidak secara langsung. Probiotik dapat menyeimbangkan jumlah bakteri yang ada di usus, yang dapat mengganggu pencernaan. Probiotik juga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu jenis probiotik yang baik adalah Lactobacillus, yaitu bakteri yang ada di dalam susu. Lactobacillus dapat digunakan untuk mencegah pilek, flu, serta meningkatkan kepekaan terhadap alergen yang masuk ke dalam tubuh. Susu yang diperkaya dengan Lactobacillus sangat baik diminum untuk meredakan batuk, tetapi harus hati-hati jika menggunakannya, karena susu dapat mengentalkan dahak.

Nanas
Nanas mungkin tidak begitu familiar untuk mengobati batuk. Menurut sebuah penelitian tentang nilai obat yang dimiliki nanas, terdapat kandungan zat yang bernama Bromelain di dalam nanas yang bisa membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

Selain itu, kandungan Bromelain nanas juga dapat meringankan sinusitis dan berbagai jenis alergi yang menyebabkan batuk. Nanas terkadang juga digunakan untuk mengobati peradangan dan pembengkakan yang terjadi di dalam saluran pernapasan.

Peppermint
Daun peppermint terkenal dengan sifat penyembuhan yang dimilikinya. Mentol yang terkandung di dalam peppermint dapat membantu melegakan tenggorokan dan menghilangkan lendir. Untuk menghilangkan batuk, daun peppermint dapat diminum bersama teh atau jenis minuman sehat lainnya.

Demikian beberapa obat batuk alami yang dapat meredakan batuk secara efektif ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: