5 Tips dan Cara Menambah Tinggi Badan Setelah Usia 25 Tahun

Cara menambah tinggi badan – Semua tahu bahwa tinggi badan seseorang dapat bertambah dan berhenti pada usia tertentu. Tinggi badan seorang wanita dapat bertambah hingga usia sekitar 18 tahun, sedangkan untuk pria sampai usia sekitar 24 tahun. Peningkatan tinggi badan tersebut dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan yang disekresi oleh kelenjar hipofisis yang ada di dalam tubuh.

Untuk menambah tinggi badan ketika telah mencapai usia dewasa sangatlah sulit. Hal tersebut terjadi karena produksi hormon pertumbuhan secara perlahan akan berhenti. Selain itu, jaringan tulang rawan pada tulang belakang yang sangat berpengaruh terhadap tinggi seseorang secara perlahan juga akan berubah menjadi tulang keras. Hal inilah yang membuat tinggi seseorang tidak dapat bertambah lagi.

Cara menambah tinggi badan
Untuk menambah tinggi badan setelah berusia 25 tahun benar-benar sulit dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena pertumbuhan tulang pada usia ini sudah berhenti. Sedangkan operasi dan penambahan hormon yang selama ini banyak dilakukan oleh orang yang ingin menambah tinggi badan sangat berbahaya dan dapat merugikan kesehatan secara keseluruhan.

Namun demikian, ada beberapa trik dan tips yang dapat membantu untuk meninggikan badan beberapa centimeter, atau setidaknya terlihat lebih tinggi. Berikut beberapa cara menambah tinggi badan setelah berumur 25 tahun atau lebih.

Gizi dan nutrisi
Mengkonsumsi gizi dan nutrisi yang tepat sangat berpengaruh terhadap peningkatan tinggi badan seseorang. Tubuh harus mendapatkan vitamin, mineral dan nutrisi yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan dan menambah tinggi badan. Makanan yang banyak mengandung kalsium, fosfor, yodium dan magnesium sangat tepat untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin menambah tinggi badan. Selain itu mengurangi konsumsi lemak juga harus dibatasi karena dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung protein, karbohidrat, asam amino dan kalsium dangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh adalah sebagai berikut.
  • Wortel
  • Kuning telur
  • Ikan
  • Sayuran hijau
  • Kentang
  • Kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah
  • Daging ayam
  • Buah-buahan seperti apel dan pisang
  • Susu dan produk susu
Peranan kalsium dalam proses perkembangan tubuh secara keseluruhan tidak dapat diabaikan. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Sangat disarankan mengkonsumsi susu dan produk susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut. Selain itu, cukupi juga kebutuhan air dengan minum setidaknya 6-8 gelas air setiap hari untuk detoksifikasi tubuh.

Sinar matahari
Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, dan berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan. Paparan sinar matahari terutama di pagi atau sore hari sangat baik bagi pertumbuhan tulang, radiasi ultraviolet pada waktu tersebut juga sangat terendah.

Latihan peregangan
Latihan peregangan sangat penting untuk merangsang pertumbuhan dan dapat menambah tinggi badan seseorang. Selain itu, olahraga seperti bersepeda dan berenang juga dapat membantu menambah tinggi badan. Beberapa jenis latihan yang bisa membantu meninggikan badan setelah usia 25 tahun adalah sebagai berikut.
  • Latihan dimulai dengan berdiri tegak, punggung lurus, dengan posisi kedua kaki dirapatkan. Setelah itu perlahan-lahan angkat tangan sampai bahu dan tahan selama beberapa menit. Kemudian gerakkan lengan ke belakang, lalu tarik napas ketika lengan ke atas dan menghembuskan napas saat lengan bergerak ke bawah. Latihan ini dapat membuat postur tubuh lebih tegak dan dapat menambah tinggi badan
  • Latihan untuk menambah tinggi badan juga dapat dilakukan dengan berbaring telentang, lalu meregangkan kaki kiri ke arah kaki kanan dan sebaliknya. Kemudian kembali ke posisi semula
  • Untuk menambah tinggi badan juga dapat dilakukan dengan cara menggantungkan diri dengan posisi kaki tidak menyentuh lantai. Setelah itu ayunkan tubuh ke depan dan ke belakang, lalu kembali lurus pada posisi semula
Yoga
Yoga juga dapat membantu menjaga postur tubuh agar tetap tegak dan dapat mempengaruhi tinggi badan. Selain itu, dengan rutin dan teratur melakukan yoga juga dapat merangsang hormon pertumbuhan seseorang. Beberapa jenis yoga yang dapat berpengaruh terhadap tinggi badan adalah sebagai berikut.
  • Tadasana, yoga jenis ini dapat membantu memperpanjang tulang belakang
  • Bhujanga, berlatih yoga jenis ini secara berulang-ulang dapat digunakan untuk menjaga tulang belakang agar tetap tegak dan dapat menambah tinggi badan
Istirahat yang cukup
Tidur yang cukup sangat penting artinya untuk menambah tinggi badan. Hormon pertumbuhan melakukan tugasnya untuk memperpanjang tulang ketika seseorang dalam keadaan tidur nyenyak. Posisi tidur yang benar juga penting untuk membantu pertumbuhan tulang. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur yang dapat digunakan untuk menambah tinggi badan.
  • Gunakan kasur yang nyaman
  • Memakai pakaian bersih, lembut dan nyaman
  • Pastikan ruangan gelap dan tenang
  • Mandi hangat sebelum tidur
  • Bersantai dan berlatih pernapasan sebelum tidur
Meskipun sulit untuk menambah tinggi badan setelah berusia 25 tahun, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas dan dilakukan dengan pendekatan yang benar, maka akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Demikian cara menambah tinggi badan di usia 25 tahun ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: