6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Harus ke Dokter

Cara menghilangkan karang gigi – Bakteri bisa hidup dan berkembang di mana saja di dalam tubuh kita, termasuk di dalam mulut. Bersama protein dan zat lain yang berasal dari makanan, bakteri dapat menimbulkan plak gigi yang harus dibersihkan karena bisa berakibat buruk pada gigi.

Setiap kali makan, bakteri akan menghasilkan zat asam yang akan merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Asam juga dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada gusi. Untuk mencegah kerusakan gigi secara permanen, plak gigi harus dibersihkan secara teratur. Jika tidak, plak gigi akan mengeras dan membentuk karang gigi yang lebih sulit untuk dihilangkan.

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan karang gigi. Bahan alami bisa digunakan sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan di dokter gigi yang biaya membersihkan karang gigi nya lebih mahal. Berikut beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras tanpa harus ke dokter gigi.

Cara menghilangkan karang gigi
Cara mencegah pembentukan karang gigi yang paling mudah adalah dengan rutin menyikat gigi sehabis makan. Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu-bulu lembut agar tidak merusak email gigi. Sudut yang disarankan ketika menyikat gigi adalah 45 derajat agar dapat menjangkau semua permukaan gigi.

Biji wijen
Karang gigi dapat dihilangkan dengan mengunyah biji wijen. Ambil segenggam biji wijen, lalu kunyah dan jangan ditelan. Kemudian ambil sikat gigi kering dan mulai menyikat gigi dengan biji wijen tetap berada di dalam mulut. Biji wijen akan berfungsi sebagai scrab yang akan membantu menghilangkan karang gigi.

Kulit jeruk
Cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggosokkannya secara langsung pada gigi. Lakukan setiap sebelum tidur dan bersihkan gigi ketika bangun pagi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan secara rutin dan teratur. Selain itu, kulit jeruk juga dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

Stroberi dan tomat
Tomat dan stroberi yang banyak mengandung vitamin C sangat baik untuk kesehatan gigi. Cara menghilangkan karang gigi yang membandel menggunakan buah ini adalah dengan menggosokkannya pada gigi, lalu biarkan selama kurang lebih 5 menit. Vitamin C yang terkandung di dalam stroberi dan tomat dapat melembutkan karang gigi. Setelah itu sikat gigi seperti biasa untuk membersihkannya. Beberapa makanan lain yang juga dapat digunakan untuk melembutkan karang gigi adalah lemon, paprika dan pepaya.

Cabai
Cabai juga dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Dengan mengkonsumsi makanan pedas seperti cabai akan membantu merangsang kelenjar ludah. Kelenjar ludah dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut secara alami.

Baking soda
Berkumur dengan larutan baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan bakin soda adalah dengan menambahkan 2 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan garam ke dalam air secukupnya. Gunakan larutan ini untuk berkumur setiap hari.

Melon
Mengkonsumsi buah melon juga dapat membantu melunakkan karang gigi, dan menghilangkannnya secara perlahan. Waktu yang baik mengkonsumsi buah melon adalah satu jam setelah makan. Selain buah melon, beberapa jenis makanan lain juga dapat digunakan untuk melunakkan karang gigi, seperti seledri, wortel, lemon, dan apel.

Untuk mencegah timbulnya karang gigi dapat dilakukan dengan menyikat gigi secara rutin untuk membersihkan gigi dari plak. Plak gigi yang dibiarkan terlalu lama dan tidak dibersihkan dapat menimbulkan karang gigi yang akan lebih sulit untuk dihilangkan.

Demikian cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: