Beberapa Faktor Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Mencari tahu penyebab jerawat merupakan salah satu cara terbaik agar pengobatan jerawat dapat berhasil dengan baik. Selain itu, dengan mengetahui penyebabnya, menghillangkan jerawat juga akan lebih mudah. Untuk mengetahui penyebab timbulnya jerawat memang tidak mudah. Secara umum, dengan mengetahui pemicunya dapat membantu menemukan obat jerawat yang tepat sesuai dengan penyebab dan gejalanya.

Jika mengetahui penyebab timbulnya jerawat, maka tingkat keberhasilan penyembuhan jerawat pun akan lebih besar. Dengan menganalisa satu per satu semua potensi yang dapat menimbulkan jerawat, akhirnya akan mendapatkan solusi yang tepat untuk menghilangkan jerawat, serta melakukan usaha pencegahan agar jerawat tidak muncul lagi di masa mendatang.

Karena ada banyak hal yang dapat menyebabkan jerawat, beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat di bawah ini semoga dapat membantu untuk menghilangkan jerawat. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat.

Penyebab jerawat
Ada empat faktor utama penyebab jerawat di pipi atau daerah lainnya di tubuh. Empat faktor tersebut adalah:
  • Produksi minyak
  • Sel-sel kulit mati
  • Pori-pori tersumbat
  • Bakteri
Jerawat biasa muncul di wajah, leher, dada, punggung maupun bahu. Daerah ini merupakan daerah yang paling banyak memiliki kelenjar minyak. Kelenjar ini mensekresikan zat berminyak yang disebut sebum untuk memberikan kelembaban alami kulit. Ketika tubuh memproduksi sebum atau minyak berlebih dan tersumbat oleh sel kulit mati di pori-pori, hal tersebut akan menyebabkan dinding folikel membengkak yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat.

Selain beberapa faktor penyebab utama jerawat, ada pula faktor yang dapat memperburuk keadaan jerawat jika tidak dilakukan pengobatan jerawat secara tepat. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Hormon

Androgen merupakan hormon penyebab jerawat yang muncul pada anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas yang menyebabkan produksi sebum lebih banyak. Perubahan hormonal yang berhubungan dengan kehamilan dan penggunaan kontrasepsi juga dapat mempengaruhi produksi sebum. Darah wanita juga mengandung hormon androgen yang dapat memperburuk keadaan jerawat.

Obat-obat tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memperparah keadaan jerawat. Beberapa obat yang dapat memperparah jerawat diantaranya adalah obat yang mengandung kortikosteroid, androgen atau lithium.

Makanan

Sebuah studi menunjukkan bahwa faktor makanan tertentu dapat memicu timbulnya jerawat. Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini terhadap orang yang berjerawat menyimpulkan bahwa coklat merupakan salah satu makanan penyebab jerawat.

Stress

Stres juga dapat memperburuk keadaan jerawat. Ketika dalam keadaan stres, sistem saraf akan merangsang produksi kelenjar minyak atau sebum lebih banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan tersumbatnya pori- tersumbat dan kulit berminyak yang akhirnya akan menimbulkan jerawat.

Selain beberapa faktor-faktor penyebab jerawat dan cara mengatasinya yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa mitos yang terkait dengan jerawat. Beberapa orang menganggap hal ini dapat menyebabkan jerawat. Padahal tidak demikian, walaupun dapat menimbulkan jerawat meskipun tidak secara langsung. Beberapa mitos tentang jerawat adalah sebagai berikut.

Makanan berminyak
Mengkonsumsi makanan berminyak tidak berpengaruh terhadap jerawat. Meskipun tubuh terkena minyak sekalipun, tetapi tidak akan menempel dan masuk di dalam folikel rambut yang akan menyumbat saluran sebum dari dalam tubuh.

Kotoran
Jerawat juga tidak disebabkan oleh kotoran. Meskipun dengan menjaga kebersihan kulit dapat membantu menghilangkan minyak, sel kulit mati dan zat lainnya.

Kosmetik
Pemakaian kosmetik tidak selalu menimbulkan jerawat, terutama jika menggunakan kosmetik yang bebas minyak dan tidak menyumbat pori-pori. Untuk mencegah timbulnya sejawat, sangat disarankan untuk menghapus atau menghilangkan sisa-sisa kosmetis secara teratur.

Demikian beberapa penyebab jerawat yang harus diketahui agar proses pengobatan jerawat dapat berhasil dengan baik. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: