Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah O, A, B dan AB

Apakah dengan mengkonsumsi makanan berdasarkan jenis golongan darah O, A, B atau AB dapat membantu meningkatkan kesehatan? Ya, diet berdasarkan golongan darah yang diciptakan oleh Peter J. D'naturopath Adamo ini dapat meningkatkan kesehatan jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Menurut D'Adamo, makanan yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh akan bereaksi secara kimia dengan darah. Dengan mengkonsumsi makanan secara teratur berdasarkan golongan darah tertentu, tubuh dapat mencerna makanan dengan lebih efisien. Selain itu, diet berdasarkan golongan darah juga akan membantu menurunkan berat badan, menyediakan lebih banyak energi dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit.

Berikut beberapa jenis makanan yang direkomendasikan oleh D'Adamo untuk diet golongan darah tertentu guna meningkatkan kesehatan.

Diet golongan darah O
Beberapa jenis makanan yang cocok untuk golongan darah O adalah makanan yang banyak mengandung protein tinggi seperti daging unggas, ikan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu. Orang dengan jenis golongan darah O cenderung memiliki masalah pada perut, untuk itu D'Adamo juga merekomendasikan beberapa suplemen untuk membantu mengatasinya.

Diet golongan darah A
Makanan yang baik untuk diet golongan darah A diantaranya adalah daging, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian. Akan lebih baik jika semua jenis makanan tersebut adalah makanan organik dan segar. Hal tersebut karena orang dengan golongan darah A cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif.

Diet golongan darah B
Untuk diet diet golongan darah B lebih baik menghindari makanan seperti jagung, gandum, tomat, kacang tanah, dan wijen. Daging ayam juga tidak terlalu baik dikonsumsi oleh orang begolongan darah B. Diet yang baik untuk golongan darah B diantaranya adalah sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan susu rendah lemak.

Diet golongan darah AB
Makanan seperti tahu, makanan laut, susu, dan sayuran hijau lebih baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki golongan darah AB. Orang-orang dengan tipe darah AB cenderung memiliki asam lambung yang rendah. Orang dengan jenis golongan darah AB juga disarankan untuk menghindari kafein, alkohol, dan merokok.

Jika sudah mengetahui jenis golongan darah dan diet yang baik untuk golongan darah tersebut, selanjutnya perlu melakukan hal berikut.
  • Membatasi makanan yang dikonsumsi berdasarkan jenis golongan darah yang dimiliki
  • Memasak dan berbelanja makanan hanya yang dibutuhkan dan baik untuk jenis golongan darah yang dimiliki
  • Jika makan di luar, pilih hanya makanan yang baik untuk jenis golongan darah yang dimiliki
  • Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan
  • Lakukan olahraga berdasarkan golongan darah, misalnya yoga untuk jenis golongan darah A, dan aerobik, jogging atau bersepeda untuk jenis golongan darah O.
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa melakukan diet berdasarkan jenis golongan darah tertentu dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, diet berdasarkan golongan darah juga akan memberikan energi lebih banyak untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Demikian cara diet berdasarkan golongan darah O, A, B dan AB ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: