Cara Mengobati Flu dengan Obat Flu Tradisional dan Alami

Flu dapat menimbulkan berbagai gejala seperti deman, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek dan gejala flu lainnya seperti nyeri tubuh, serta kedinginan. Semua orang pasti pernah terserang flu walaupun secara rutin melakukan vaksinasi flu dan mengkonsumsi multivitamin secara teratur. Banyak daftar obat flu yang dapat digunakan untuk meringankan gejala flu.

Ketika terkena flu, sebagian orang memilih menghubungi dokter untuk mendapatkan obat flu dan perawatan untuk mengurangi dan meringankan gejala flu yang terjadi. Tetapi bagi sebagian yang lain lebih memilih menggunakan obat flu tradisional dan alami untuk mengatasinya.

Dalam banyak kasus, obat flu alami sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan flu. Berikut beberapa obat flu tradisional yang efektif untuk menyembuhkan berbagai macam gejala flu.

Jahe
Jahe dapat membantu merangsang saraf yang memproduksi lendir. Jika tenggorokan gatal, kering, atau hidung tersumbat, ambil jahe segar lalu masukkan ke dalam air mendidih dan diamkan selama 5 sampai 10 menit. Kemudian saring dan minum ramuan ini untuk mengobati dan meringankan gejala flu.

Bawang putih
Bawang putih adalah obat alami yang terkenal untuk menyembuhkan pilek dan flu. Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antispasmodic yang kuat. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan batuk, melonggarkan pernapasan dan dapat digunakan untuk menurunkan demam. Bawang putih merupakan obat flu dan batuk yang sangat baik.

Ambil 3 siung bawang putih, lalu rebus dengan secangkir air hingga mendidih. Saring dan minum ramuan ini untuk mengobati flu. Untuk menambahkan rasa, dapat juga ditambahkan dengan sedikit gula atau madu.

Minum
Flu dapat menyebabkan dehidrasi, apalagi flu yang diikuti dengan muntah dan diare. Selain dapat meringankan gejala flu, dengan mencukupi kebutuhan air, tubuh akan terhindar dari kekuarangan cairan. Air putih dan jus buah merupakan jenis minuman yang sangat baik untuk obat flu berat maupun ringan.

Uap
Jika terserang pilek atau flu, uap dapat digunakan untuk membantu melancarkan saluran pernapasan. Rebus air dan tuangkan ke dalam mangkuk besar, lalu tambahkan jahe yang sebelumnya telah dimemarkan. Setelah itu hirup uapnya untuk melancarkan pernapasan dan mengatasi hidung tersumbat.

Kompres
Untuk meredakan gejala sakit flu seperti sakit kepala dan nyeri hidung, kompreslah bagian tersebut menggunakan handuk atau kain halus yang sebelumnya telah dibasahi dengan air hangat. Lakukan berkali-kali sampai keadaan menjadi lebih baik.

Jika sering flu, ada baiknya menyediakan bahan-bahan alami di rumah yang dapat digunakan untuk mengobati dan meringankan gejala flu. Ketika flu menyerang, cukup mengambil dan menggunakannya sebagai obat flu dan tidak harus berobat ke dokter. Bahan alami sangat efektif untuk menyembuhkan semua gejala flu.

Demikian beberapa obat flu dan cara mengobati flu dengan bahan alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: