11 Manfaat Buah Manggis untuk Kecantikan dan Kesehatan

Buah manggis yang enak dan manis rasanya ini telah lama dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Bahkan hingga saat ini masih terus dilakukan penelitian untuk mengetahui manfaat buah manggis lainnya. Bukan hanya buahnya, kulit manggis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Jika kulit buah lain tidak berguna dan dibuang begitu saja, tetapi tidak dengan kulit manggis. Manfaat kulit manggis telah banyak digunakan dalam dunia kecantikan wanita, diantaranya adalah untuk meremajakan kulit dan mengobati keputihan.

Dalam dunia kesehatan, buah manggis banyak digunakan untuk mencegah dan mengobati kanker, mengatasi asma dan masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi buah manggis. Berikut beberapa manfaat manggis yang sudah sejak dulu digunakan dalam dunia kecantikan maupun kesehatan.

Mencegah penuaan dini
Manggis merupakan salah satu buah yang banyak mengandung antioksidan seperti vitamin C dan Xanthones, yang digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Antioksidan dapat dimanfaatkan untuk melawan radikal bebas yang menjadi sebab utama terganggunya produksi kolagen. Dengan kata lain, buah manggis secara efektif dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini.

Mengobati jerawat
Selain itu, buah manggis juga memiliki sifat antibakteri yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati jerawat. Selain untuk mencegah penuaan dini dan mengobati jerawat, buah manggis juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan penyakit kulit lainnya seperti eksim dan psoriasis.

Mengobati keputihan
Kulit buah manggis mengandung senyawa Drechela oryzae, Alternaria tenuis, dan Fusarium axysporum, dan semuanya memiliki sifat antijamur dapat digunakan untuk mengobati keputihan pada wanita. Jamur penyebab keputihan dapat dihilangkan menggunakan obat yang terbuat dari kulit manggis.

Manfaat buah manggis bagi kesehatan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa manggis memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, sifat antioksidan ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam buah manggis juga dapat digunakan untuk menghilangkan flu dan pilek.

Mencegah dan mengobati kanker
Kandungan antioksidan yang dimiliki buah manggis juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati kanker. Adapun jenis kanker yang dapat diobati menggunakan buah ini adalah kanker payudara, kanker darah, kanker lambung, kanker paru-paru, dan kanker kulit.

Menurunkan kolesterol jahat
Buah manggis juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan senyawa Xantohne yang dimiliki buah manggis dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah akibat kolesterol jahat ini jika dibiarkan dapat menyebabkan stroke.

Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah manggis bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah katarak, mengatasi glaukoma, dan mencegah gangguan radiasi yang dapat mempengaruhi kinerja lensa mata. Sifat antioksidan yang dimiliki buah manggis dapat digunakan untuk mengantisipasi gangguan-gangguan tersebut.

Mencegah dan mengobati batu ginjal
Buah manggis juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit batu ginjal. Dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin, akan membuat sering buang air kecil dan meminimalkan terjadinya batu ginjal dalam tubuh.

Mencegah dan mengobati penyakit jantung
Penyakit kardiovaskular dan arteriosklerosis yang menyebabkan pembuluh darah di daerah jantung mengalami kehilangan elastisitas dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah manggis. Kandungan antimikroba dan antioksidan yang terdapat dalam buah manggis dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Menormalkan tekanan darah
Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi akibat gangguan pembuluh darah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Buah manggis diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya hipertensi tersebut.

Mengobati asma atau sesak nafas
Buah manggis juga dapat digunakan untuk menyembuhkan asma atau sesak napas. Buah manggis memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang dapat mengurangi alergi penyebab asma atau sesak napas.

Mengobati sakit gigi
Kulit buah manggis dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit manggis di bawah sinar matahari. Setelah kering, haluskan kulit manggis tersebut, kemudian tempatkan pada gigi yang terasa sakit.

Dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dan teratur, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, terutama untuk menghindarkan diri dari berbagai jenis penyakit kronis yang berbahaya. Bagi orang yang telah terserang beberapa penyakit tersebut, dapat menggunakan buah manggis untuk menyembuhkannya. Banyak pilihan dan cara mengolah kulit manggis menjadi obat, diantaranya adalah dengan membuatnya menjadi jus.

Demikian beberapa manfaat buah manggis untuk kecantikan dan kesehatan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: