7 Obat Pelancar Haid Alami untuk Menstruasi Tidak Teratur

Siklus haid atau menstruasi wanita merupakan suatu hal yang kompleks. Siklus tersebut dapat terganggu oleh situasi seperti stres dan kecemasan. Meskipun banyak obat untuk mendatangkan haid yang beredar di pasaran, tetapi cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan obat pelancar haid alami. Obat tradisional pelancar haid tidak hanya efektif untuk melancarkan menstruasi, tetapi juga aman dan tidak memiliki efek samping dalam jangka panjang.

Menstruasi yang tidak teratur, secara medis dikenal dengan Oligomenore dan biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon atau anemia. Beberapa alasan yang paling umum dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur adalah sebagai berikut.
  • Peningkatan atau penurunan berat badan yang berlebihan
  • Penyakit
  • Stres
  • Penggunaan obat tertentu
  • Merokok
  • Kafein
  • Olahraga secara berlebihan
  • Gizi buruk
  • Ketidakseimbangan hormonal
Obat pelancar haid alami untuk menstruasi tidak teratur
Menstruasi yang tidak teratur merupakan masalah umum yang terjadi pada wanita, dan hampir semua wanita telah mengalaminya. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan obat pelancar haid menggunakan bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek samping.

Jahe
Jahe telah digunakan secara luas sebagai bahan dan bumbu masakan. Selain itu, jahe juga memiliki beberapa manfaat dan kegunaan sebagai obat, diantaranya adalah untuk melancarkan menstruasi. Jahe dapat menormalkan siklus haid yang tidak teratur dan menghilangkan ketidaknyamanan akibat menstruasi. Vitamin, mineral dan asam amino yang terkandung dalam jahe juga dapat digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membantu menormalkan kembali periode menstruasi yang terganggu.

Cara terbaik memanfaatkan jahe untuk melancarkan haid adalah dengan mengkonsumsinya sebagai minuman. Kupas dan memarkan jahe segar, lalu masukkan ke dalam satu cangkir air mendidih, biarkan selama 5 menit, lalu saring. Setelah itu tambahkan 1/2 sendok teh gula dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari selama satu bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kunyit
Kunyit yang terkenal dengan sifat anti-skeptis ini juga dapat digunakan untuk membantu mengobati masalah siklus haid. Kunyit dapat menormalkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan menyeimbangkan hormon. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan aliran haid dan mengurangi sindrom pramenstruasi seperti gejala kram perut dan nyeri haid.

Caranya adalah dengan menambahkan kunyit pada minuman susu, dan diminum setiap hari selama beberapa minggu. Untuk memperoleh hasil yang optimal kunyit juga dapat dicampur dengan madu atau gula merah jika memiliki alergi terhadap susu.

Ketumbar
Ketumbar juga merupakan bumbu dapur yang dapat membantu mengatasi masalah menstruasi dan menormalkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Biji ketumbar dan daun ketumbar sama-sama efektif jika digunakan sebagai obat pelancar haid. Selain itu, sifat anti-inflamasi ketumbar juga dapat digunakan untuk mengurangi kram perut dan nyeri akibat haid.

Caranya adalah dengan mencampurkan 2 gelas air dan daun ketumbar secukupnya ke dalam panci, lalu didihkan sampai jumlah air berkurang hingga setengahnya. Saring cairan dan minum sebanyak 3 kali sehari selama beberapa minggu untuk menormalkan siklus menstruasi.

Kayu manis
Kayu manis sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur. Sifat kayu manis yang hangat, dapat membantu meningkatkan aliran menstruasi dan menyeimbangkan hormon. Kayu manis juga dapat membantu mengurangi kram menstruasi dan rasa nyeri akibat menstruasi.

Kandungan Hydroxychalcone dalam kayu manis dapat digunakan untuk mengatur tingkat insulin dalam darah yang berdampak pada keteraturan siklus haid. Caranya adalah dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis pada segelas susu dan diminum setiap hari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pepaya mentah
Pepaya mentah merupakan obat yang ampuh untuk memperbaiki masalah siklus haid yang tidak teratur. Pepaya mentah dapat membantu melancarkan aliran menstruasi sekaligus sebagai obat yang efektif untuk menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Pepaya mentah juga dapat membantu kontraksi otot dinding rahim yang menjadi tempat aliran menstruasi. Dengan rutin mengkonsumsi pepaya mentah ini aka. membuat haid menjadi normal dan lancar.

Lidah buaya
Manfaat lidah buaya untuk kulit dan rambut sudah sangat dikenal. Tetapi siapa sangka jika lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai obat untuk siklus menstruasi yang tidak teratur dan melancarkan aliran menstruasi dengan efektif. Gel lidah buaya dapat membantu mengatur hormon seks perempuan dan memperbaiki ketidakseimbangan hormon.

Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya secukupnya, lalu tambahkan dengan 1 sendok teh madu, aduk hingga rata dan konsumsi setiap pagi sebelum sarapan. Ulangi cara ini selama beberapa bulan agar aliran menstruasi semakin lancar.

Wortel
Ketika siklus menstruasi tidak lancar, wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat mengatasinya. Wortel yang banyak mengandung zat besi, vitamin A, vitamin C, kalsium dan magnesium ini dapat membantu melancarkan siklus menstruasi.

Wortel juga dapat membantu menyeimbangkan hormon seks perempuan dan meningkatkan fungsi hormon secara optimal. Caranya adalah dengan mengambil 2-3 wortel berukuran sedang, cincang kasar lalu dihaluskan menggunakan blender. Tuangkan dalam gelas dan minum jus wortel ini sekali sehari selama 2 bulan untuk hasil yang efektif.

Dengan menggunakan bahan alami untuk melancarkan siklus menstruasi, hasilnya lebih efektif dan lebih sehat, serta tidak memiliki efek samping karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Demikian beberapa obat pelancar haid alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: