Waspadai Tanda dan Ciri ciri Demam Berdarah Ini

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk. Penyakit ini termasuk salah satu jenis penyakit berbahaya yang menyerang secara mendadak, yang diikuti oleh gejala seperti sakit kepala, kelelahan, nyeri sendi, pembengkakan kelenjar getah bening, dan ruam yang merupakan ciri-ciri demam berdarah. Karakter atau ciri ciri demam berdarah lain yang dapat muncul adalah gusi berdarah, sakit di belakang mata, dan merah di telapak tangan maupun kaki.

Dengue atau demam berdarah dapat menyerang siapa saja, tetapi cenderung menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Ada lima jenis virus dengue yang dapat menyebabkan demam berdarah. Serangan demam berdarah akan menyebabkan kekebalan seumur hidup untuk jenis virus yang pernah menyerang. Oleh sebab itu seseorang dapat terserang demam berdarah berkali-kali dengan tipe dan jenis virus yang berbeda dari sebelumnya.

Berikut beberapa gejala dan ciri ciri demam berdarah yang perlu diwaspadai, terlebih pada musim hujan dan banyak genangan air yang merupakan tempat potensial bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Gejala dan ciri ciri demam berdarah

Gejala dan tanda-tanda demam berdarah dimulai sekitar 3 sampai 15 hari setelah gigitan nyamuk yang sebelumnya telah menggigit orang yang terpapar virus. Setelah gejala seperti sakit kepala, menggigil, ruam, bintik-bintik merah, dan pembengkakan kelenjar getah bening muncul pertama kali, biasanya akan diikuti oleh demam, nyeri otot serta sendi dapat terjadi selama beberapa jam.

Sakit di belakang mata juga merupakan ciri ciri demam berdarah. Dalam beberapa kasus, gejala demam berdarah juga dapat menyebabkan muntah, mual, dan kehilangan nafsu makan. Gejala ini biasanya berlangsung selama dua sampai empat hari, kemudian hilang. Fase demam berdarah berikutnya adalah munculnya ruam di tubuh dan wajah. Ruam juga dapat terjadi di telapak tangan dan kaki selama sekitar satu hingga dua minggu.

Beberapa orang dapat mengalami komplikasi dan menunjukkan gejala yang lebih parah, seperti perdarahan di kulit, gusi, dan saluran pencernaan. Gejala seperti ini disebut dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) dan lebih banyak terjadi pada anak di bawah usia 15 tahun, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Ciri demam berdarah dengue lainnya yang dapat muncul dalam fase ini adalah sakit perut akut, perdarahan berat, dan tekanan darah. Gejala ini jika tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan kematian.

Data dan fakta demam berdarah

  • Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk
  • Gejalanya seperti sakit persendian dan nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, demam, kelelahan, dan ruam
  • Demam, ruam, dan sakit kepala merupakan karakteristik dan ciri ciri demam berdarah
  • Dengue lebih banyak berkembang di daerah tropis dan subtropis
  • Tidak ada obat atau antibiotik untuk mengobatinya. Pengobatan diarahkan pada penanganan gejala
  • Fase akut demam berdarah dapat menimbulkan demam dan nyeri otot yang berlangsung sekitar satu hingga dua minggu
  • Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah lebih sering terjadi pada anak di bawah usia 15 tahun yang dapat menyebabkan sakit perut dan perdarahan
  • Pencegahan demam berdarah yang paling efektif adalah pemberantasan nyamuk yang menyebarkan virus penyebab demam berdarah
  • Hingga saat ini tidak ada vaksin untuk mencegah demam berdarah
Demikian beberapa tanda dan ciri ciri demam berdarah ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: