10 Khasiat dan Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

Selain menyegarkan, ternyata jeruk lemon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat jeruk lemon diantaranya adalah untuk meningkatkan sistem pencernaan, membersihkan racun dalam tubuh dan masih banyak lagi manfaat jeruk lemon untuk kesehatan lainnya. Jeruk lemon juga berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan.

Jeruk lemon mengandung berbagai macam nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin B-kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Jeruk yang berwarna kuning ini juga banyak mengandung kalium, bahkan kandungan kaliumnya melebihi kandungan kalium buah apel maupun anggur.

Mengkonsumsi jeruk lemon yang paling baik adalah di pagi hari sebelum sarapan. Hal tersebut dapat membantu tubuh memperoleh manfaat jeruk lemon secara maksimal. Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi disarankan tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi jeruk lemon. Mengkonsumsi jeruk lemon secara berlebihan dapat merusak enamel gigi. Berikut beberapa manfaat dan khasiat jeruk lemon untuk kesehatan.

Mengurangi peradangan
Dengan minum air lemon secara teratur, akan dapat membantu menurunkan tingkat keasaman dalam tubuh, yang seringkali menimbulkan berbagai jenis penyakit. Kandungan nutrisi yang dimiliki jeruk lemon juga dapat mengurangi asam urat dalam sendi, yang merupakan salah satu penyebab utama peradangan.

Meningkatkan sistem pencernaan
Jeruk lemon tidak hanya dapat meningkatkan sistem pencernaan, tetapi juga dapat membantu menghilangkan racun di dalam saluran pencernaan. Jika dibiarkan, racun tersebut akan menimbulkan berbagai gangguan pencernaan seperti mulas, sendawa, dan kembung.

Membantu menurunkan berat badan
Salah satu manfaat jeruk lemon untuk diet adalah menurunkan berat badan. Jeruk lemon yang banyak mengandung serat, dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Serat membantu menunda rasa lapar dan mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan.

Membersihkan racun
Manfaat lemon bukan saja untuk membersihkan racun di dalam saluran pencernaan, tetapi dapat juga digunakan untuk membersihkan racun di dalam tubuh. Kandungan nutrisi jeruk lemon berguna untuk meningkatkan fungsi enzim dan kinerja hati.

Mencerahkan kulit
Sifat anti-oksidan yang dimiliki jeruk lemon dapat membantu mengurangi noda dan keriput pada kulit. Jeruk lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka dan bintik-bintik pada kulit, serta dapat men-detoksifikasi darah yang bermanfaat untuk menjaga kecerahan kulit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C jeruk lemon juga dapat digunakan untuk menurun stres. Oleh karena itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C bagi orang yang sedang mengalami stres.

Meningkatkan kesehatan jantung
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, jeruk lemon juga banyak mengandung kalium. Kalium sangat diperlukan tubuh untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung, fungsi otak dan saraf.

Menyegarkan nafas
Jeruk lemon dapat membantu menyegarkan nafas dan meredakan sakit gigi. Karena kandungan asam sitrat yang dimiliki jeruk lemon dapat mengikis enamel gigi, sebaiknya menunda menyikat gigi setelah minum air lemon atau sikat gigi sebelum meminumnya.

Mengurangi depresi
Jeruk lemon juga dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan dan depresi. Bahkan aroma jeruk lemon memiliki efek yang menenangkan pada sistem saraf. Dengan mengkonsumsi jeruk lemon secara teratur, tingkat emosional seseorang akan dapat lebih terjaga.

Mencegah infeksi virus
Minum air jeruk lemon hangat merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi infeksi virus dan sakit tenggorokan, yang secara bersamaan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi mereka yang berat badannya kurang dari 68 kg, disarankan hanya mengkonsumsi setengah dari jeruk lemon untuk sekali minum. Tetapi bagi yang memiliki berat badan lebih dari 68 kg dapat mengkonsumsi semuanya secara utuh. Peras jeruk lemon dan campurkan ke dalam segelas air hangat, minum secara rutin di pagi hari. Meskipun tampak sederhana, tetapi jika dapat dilakukan secara rutin, hal tersebut dapat memperbaiki tingkat kesehatan yang kita miliki.

Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat jeruk lemon untuk kesehatan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: