5 Obat Alergi dan Iritasi Kulit yang Alami dan Tradisional

Obat alergi – Alergi merupakan suatu keadaan dimana tubuh menjadi sangat sensitif terhadap alergen atau sesuatu yang dianggap berbahaya oleh tubuh, padahal alergen tersebut tidak berpengaruh terhadap orang lain. Alergi dapat menimbulkan berbagai gejala tergantung daerah dan organ yang terserang alergen, seperti gatal-gatal pada kulit, mata merah hingga gangguan pernapasan.

Ada berbagai macam jenis alergi, mulai dari alergi makanan, alergi obat, bahkan ada juga alergi terhadap jenis lingkungan tertentu. Pada sebagian orang, sengatan serangga pun dapat menimbulkan alergi dan menyebabkan gatal pada kulit secara berlebihan.

Untuk menghindari alergen atau penyebab terjadinya alergi berbeda untuk setiap orang tergantung jenis alergen dan tingkat keparahannya. Obat alergi yang dijual di pasaran biasanya bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan terhadap jenis alergen tertentu, atau mengurangi gejala yang timbul akibat alergen tersebut.

Selain menggunakan obat alergi yang ada di pasaran tersebut, alergi juga dapat diobati menggunakan bahan alami yang secara umum juga dapat digunakan untuk mengobati alergi. Selain lebih murah, obat alergi alami ini tidak mengandung efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut beberapa obat alergi alami yang efektif untuk mengobati alergi.

Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat digunakan sebagai obat alergi alami untuk mengobati berbagai macam alergi. Cuka sari apel yang memiliki sifat anti-septik, anti-jamur dan anti-bakteri sangat efektif untuk mengurangi gatal, terutama gatal yang terkait dengan kulit kering seperti sunburns dan ketombe. Cara menggunakan cuka sari apel sebagai obat alergi kulit pun cukup mudah. Hanya dengan membasahi bola kapas dengan cuka sari apel, lalu oleskan pada daerah yang terserang. Lakukan beberapa kali hingga sembuh dan gejalanya tidak tampak lagi.

Daun kemangi
Daun kemangi termasuk salah satu daun yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain bisa dikonsumsi sebagai makanan, daun kemangi juga memiliki khasiat obat alergi yang sangat efektif, khususnya alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga yang dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kulit. Kandungan thymol yang terdapat dalam daun kemangi memiliki sifat anti-gatal yang dapat mengurangi dorongan atau keinginan untuk menggaruk. Caranya pun cukup mudah. Hanya dengan menghancurkan daun kemangi, lalu gosokkan pada daerah yang terasa gatal hingga alergi sembuh dan kulit kembali normal.

Lidah buaya
Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai jenis iritasi kulit, termasuk alergi kulit. Selain digunakan untuk perawatan rambut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan serta iritasi kulit. Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya, lalu gosokkan secara langsung pada kulit yang terserang alergi.

Kulit pisang
Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai obat alergi kulit. Caranya adalah dengan mengambil kulit pisang, lalu oleskan pada daerah yang terkena alergi hingga sembuh. Selain kulit pisang, beberapa orang juga menggunakan kulit semangka untuk mengurangi dan mengobati alergi kulit.

Daun peppermint
Peppermint sangat bagus untuk mengatasi gatal akibat gigitan serangga. Daun peppermint akan memberikan sensasi dingin dan dapat mengurangi pembengkakan. Caranya adalah dengan menghancurkan beberapa lembar daun peppermint, lalu oleskan pada daerah yang terasa gatal dan terkena alergi.

Untuk mengatasi dan mengobati alergi, selain menggunakan produk kesehatan yang terkadang memiliki efek samping bagi kesehatan, juga dapat disembuhkan dengan menggunakan bahan alami seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Obat alergi alami tersebut memiliki khasiat yang efektif untuk mengobati alergi, lebih aman dan lebih murah dibandingkan dengan obat alergi yang dijual di pasaran.

Demikian beberapa obat alergi alami ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: