6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat

Sebenarnya hanya ada dua cara yang efektif untuk menurunkan berat badan secara alami, yaitu dengan olahraga dan makanan sehat. Tidak ada cara lain yang lebih efektif dari kedua cara tersebut, apalagi cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Tetapi ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Salah satu diantaranya adalah lemak. Lemak, bersama dengan protein dan karbohidrat tersimpan di dalam tubuh sebagai cadangan energi. Tubuh akan mengkonversi lemak tersebut menjadi energi untuk melakukan berbagai aktivitas dan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Untuk menurunkan berat badan, seseorang harus mengeluarkan energi lebih banyak yang diambil dari tubuh. Penggunaan energi tersebut akan menarik lemak yang tersimpan lebih banyak pula. Lebih banyak energi yang dikeluarkan, akan lebih banyak sel-sel lemak yang menyusut dan akhirnya akan menurunkan berat badan secara alami dan sehat.

Lemak bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi berat badan seseorang. Berat badan juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan genetik atau keturunan. Berikut beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat penurunan berat badan.

Kayu manis
Gula darah memiliki dampak langsung pada berat badan seseorang karena dapat mempengaruhi nafsu makan. Jika gula darah seimbang, seseorang cenderung memiliki nafsu makan yang tidak besar, dan tubuh senantiasa menggunakan lemak sebagai energi daripada menyimpannya. Banyak studi yang menyatakan bahwa kayu manis dapat membantu mengelola kadar gula darah. Jadi, kayu manis dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan secara alami dan cepat.

Bahan-bahan:
  • Satu sendok teh bubuk kayu manis
  • Air secukupnya
Caranya:
Masukkan kayu manis ke dalam gelas yang berisi air panas. Biarkan kurang lebih 15 menit, lalu minum 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Teh hijau dan jahe
Teh hijau mengandung Kafein, Catechin, dan Theanine yang bisa membantu menurunkan berat badan seseorang. Kafein berguna untuk mempercepat proses metabolisme tubuh, Catechin dapat membantu penyerapan lemak melalui usus, dan Theanine dapat mendorong pelepasan dopamin, yaitu senyawa kimia yang membuat seseorang merasa lebih bahagia dan santai. Sedangkan jahe akan membantu meningkatkan dan memperbaiki sistem pencernaan.

Bahan-bahan:
  • Setengah sendok bubuk jahe
  • Satu sendok teh hijau
  • Madu
  • Air secukupnya
Caranya:
Seduh teh hijau dan jahe ke dalam gelas yang berisi air mendidih selama 3-4 menit. Setelah itu tambahkan madu secukupnya dan minum 1-2 cangkir sehari pada saat perut kosong.

Lada hitam dan lemon
Campuran lada hitam dan lemon dapat dibuat minuman yang berguna untuk membantu menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Lada hitam mengandung senyawa kimia alami yang disebut piperin, yang berguna untuk mengontrol sel-sel lemak, mengurangi kadar lemak dalam darah, dan dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Sedangkan lemon untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Bahan-bahan:
  • Bubuk lada hitam
  • Lemon
  • Air secukupnya
Caranya:
Peras lemon dan masukkan ke dalam gelas yang berisi air hangat bersama bubuk lada hitam. Minum sekali sehari setelah makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Buah apel
Dengan mengkonsumsi satu buah apel sehari dapat menurunkan berat badan seseorang. Buah apel memiliki sejumlah manfaat dan berkontribusi untuk menurunkan berat badan. Apel mengandung banyak serat yang dapat membantu menjaga nafsu makan. Apel juga dapat mengontrol kadar gula darah, dan membantu mengatur tingkat energi untuk mengurangi timbunan lemak. Kandungan Pektin dalam buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol, dan memperlambat penyerapan karbohidrat. Apel juga merupakan salah satu jenis makanan alami yang mengandung rendah sodium dan dapat membantu mencegah retensi air yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Konsumsi buah apel segar 1-2 buah setiap hari. Jangan buang kulitnya karena kulit apel banyak mengandung serat yang baik untuk kesehatan.

Air putih
Mencukupi kebutuhan air merupakan salah satu aspek penting dari penurunan berat badan. Ada anggapan bahwa dengan minum air es dingin dapat membakar lebih banyak kalori, tidaklah sepenuhnya benar. Secara teknis memang benar bahwa dengan minum es dingin akan menyebabkan tubuh memerlukan energi untuk menghangatkan suhu. Tetapi efeknya sangat kecil untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya, air putih tidak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi dan membantu pembakaran lemak, tetapi air putih juga dapat mencegah nafsu makan yang berlebihan. Untuk membantu menurunkan berat badan secara alami dan sehat, tubuh memerlukan setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

Tidur yang cukup
Tubuh merupakan sebuah sistem yang kompleks, yang semuanya harus bekerja secara harmonis untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa dengan memiliki waktu tidur yang cukup akan dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Sel-sel lemak akan turun hingga 30% karena peningkatan insulin tersebut pada orang yang mengalami obesitas. Dengan tidur yang cukup, tubuh juga akan beristirahat dan memastikan bahwa semua sistem akan kembali normal dan memiliki kesempatan untuk menurunkan berat badan.

Tips menurunkan berat badan
  • Berat badan bukanlah segalanya, menjadi bugar dan sehat lebih penting itu
  • Jangan pernah meremehkan stres sebagai penyebab kenaikan berat badan. Tubuh tidak dapat melakukan fungsi apapun, termasuk membakar lemak secara optimal ketika berada dalam keadaan stres
  • Tidak ada makanan yang super. Jangan bergantung pada satu hal untuk membantu menurunkan berat badan. Selalu konsumsi makan dengan gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh
  • Jangan makan sebelum tidur. Ketika makan di malam hari sistem metabolisme tidak akan bekerja dengan efektif dan peningkatan berat badan pun sulit dihindari.
Demikian cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: