9 Obat Jerawat Alami dan Tradisional Paling Ampuh

Obat jerawat paling ampuh – Ada banyak pilihan obat jerawat di apotik yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Semua kembali pada masing-masing individu untuk memilih obat jerawat mana yang paling sesuai dengan jenis jerawat yang dideritanya. Tetapi ada baiknya mencoba beberapa jenis obat jerawat alami yang telah terbukti mampu mengatasi jerawat dengan ampuh dan efektif.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi jerawat. Ada yang telah mampu mengendalikan jerawat sehingga penampilannya selalu percaya diri, ada juga yang masih dalam tahap bereksperimen untuk menemukan obat jerawat yang paling ampuh. Tapi yang paling penting dari semua adalah sikap pantang menyerah, karena jerawat terbilang susah-susah mudah untuk diobati.

Berikut beberapa obat jerawat alami yang telah terbukti ampuh mengatasi jerawat. Mungkin dapat membantu bagi siapapun yang masih memiliki masalah dengan jerawat dan belum menemukan obat jerawat yang ampuh hingga saat ini.

Baking Soda
Baking soda merupakan salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Baking soda tidak hanya membantu menghilangkan jerawat dan mengurangi peradangan, tetapi dapat juga membantu mengangkat sel kulit mati. Karena itu, baking soda juga baik digunakan untuk mengurangi bekas jerawat.

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil beberapa sendok baking soda lalu mencampurnya dengan air hangat, kemudian aduk sampai membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit yang ditumbuhi jerawat dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Waktu tersebut dapat ditingkatkan secara bertahap, bahkan dapat dibiarkan hingga semalaman sebelum membersihkannya dengan air bersih.

Bawang putih
Sifat anti-bakteri yang dimiliki bawang putih sangat baik untuk mengobati jerawat. Cara mengobati jerawat dengan bawang putih adalah dengan mengirisnya, lalu gosokkan irisan tersebut pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit untuk mendapat hasil yang optimal.

Putih telur
Selain dikonsumsi, putih telur juga dapat digunakan sebagai obat jerawat alami. Putih telur dapat mengurangi kandungan minyak berlebih dan memperkecil pori-pori, serta menarik kotoran yang ada di dalam kulit. Untuk menggunakannya, pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu gunakan bola kapas atau jari untuk menerapkannya pada kulit yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit hingga satu jam, setelah itu bersihkan dengan air bersih.

Cuka sari apel
Obat jerawat paling ampuh selanjutnya adalah cuka sari apel. Sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang dimiliki cuka sari apel sangat efektif menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan mengambil beberapa sendok cuka sari apel, dan masukkan ke dalam setengah cangkir air. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada daerah yang berjerawat. Pastikan untuk menggunakan cuka sari apel yang memiliki kualitas paling baik.

Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Selain sebagai obat jerawat, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan dan terasa lebih lembut pada kulit. Minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai pelembab alami yang tidak akan menyumbat pori-pori. Untuk hasil yang paling baik, gunakan minyak kelapa asli atau organik yang belum dimurnikan.

Minyak pohon teh
Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang memiliki sifat anti-bakteri dan sangat baik untuk pengobatan alami jerawat. Cara menggunakannya cukup mencampurkan 5-10 tetes minyak pohon teh ke dalam 1/4 gelas air. Setelah itu celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan pada kulit yang terserang jerawat. Untuk hasil yang maksimal, minyak ini dapat digunakan setiap hari.

Lemon
Selain ampuh untuk obat jerawat, lemon juga dapat membantu membersihkan kulit karena sifat anti-bakteri yang dimilikinya. Caranya adalah dengan meremas lemon segar untuk diambil airnya, kemudian terapkan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Es batu
Gosokkan es batu pada wajah yang terserang jerawat untuk membantu mengurangi peradangan. Tidak hanya itu, suhu dingin batu es juga dapat memaksa bakteri keluar dari pori-pori. Jika digunakan secara rutin, es batu ampuh mengatasi jerawat dengan ampuh.

Lidah buaya
Menggunakan lidah buaya sebagai obat jerawat sangat menenangkan. Selain itu lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan dan kemerahan akibat jerawat. Untuk menggunakannya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit dengan jari. Lidah buaya sangat aman digunakan untuk mengobati jerawat meskipun dilakukan setiap hari.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya selalu mengkonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi, cukup istirahat, dan gunakan selalu bahan alami untuk mengobati jerawat. Obat jerawat alami selain ampuh, juga lebih aman dan tanpa efek samping yang berbahaya.

Demikian beberapa obat jerawat paling ampuh ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: