10 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat daun binahong – Tentang khasiat daun binahong mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan masih ada orang yang belum tahu jenis daun yang termasuk salah satu tanaman obat ini. Daun binahong memiliki banyak khasiat dan manfaat, baik untuk mengobati penyakit ringan maupun penyakit kronis.

Tanaman binahong sebenarnya sudah lama ada di Indonesia, namun penggunaannya sebagai obat baru dikenal belum lama ini. Binahong sebenarnya berasal dari Korea yang banyak dimanfaatkan untuk pencegahan dan penyembuhan berbagai macam penyakit di negara asalnya.

Daun binahong memiliki berbagai macam kandungan senyawa yang dapat dipergunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Berikut beberapa contoh khasiat daun bonahong untuk kesehatan tubuh.

Menyembuhkan luka
Daun binahong memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengobati radang usus dan pendarahan. Daun binahong juga berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis luka, termasuk luka setelah melakukan operasi.

Melancarkan peredaran darah
Di negara asalnya, banyak orang yang menggunakan daun binahong untuk melancarkan peredaran darah. Daun binahong sangat berkhasiat untuk mengatasi hambatan peredaran darah dengan cepat dan efektif.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Khasiat daun binahong untuk darah tinggi sudah sejak lama digunakan. Bagi orang yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi, dapat mengkonsumsi daun binahong untuk menstabilkan tekanan darah kembali normal. Kandungan senyawa daun binahong juga sering digunakan sebagai salah satu obat stroke tradisional.

Mengobati tumor dan kanker
Daun binahong juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang paling ditakuti di dunia, yaitu tumor dan kanker. Tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi daun binahong, dengan dosis yang cukup dan tidak berlebihan akan mendapatkan banyak manfaat dan khasiat dari daun bonahong.

Mengobati rematik
Untuk orang yang menderita rematik, yang umumnya menyerang orang pada usia lanjut, dapat memanfaatkan daun binahong untuk mengatasinya. Karena manfaat yang diperoleh dari daun binahong juga berfungsi untuk menyembuhkan dan mencegah nyeri sendi dan rematik.

Mencegah batu ginjal
Untuk mencegah batu ginjal, bisa digunakan daun binahong karena dapat memperlancar proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang baik juga dapat mencegah dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan diabetes.

Mengobati sariawan
Bagi orang yang sering terkena sariawan, dapat mengkonsumsi daun binahong untuk menyembuhkannya. Karena salah satu manfaat daun binahong adalah untuk menyembuhkan sariawan di mulut maupun di lidah.

Mengobati gejala sakit perut
Daun binahong juga berkhasiat untuk mengobati gejala sakit perut dan pusing. Kedua penyakit ini adalah penyakit yang sangat umum diderita masyarakat. Untuk itu, gunakan daun binahong untuk menyembuhkan.

Menghangatkan tubuh
Bagi yang merasa tidak enak badan atau merasa seluruh tubuh pegal-pegal, dapat mencoba untuk mengatasinya dengan menggunakan daun binahong. Khasiat daun binahong bisa memberi efek menghangatkan tubuh dan mengatasi kekakuan pada tubuh.

Menurunkan kolesterol
Kolesterol adalah jenis penyakit yang umum di masyarakat, yang disebabkan oleh karena kelebihan kandungan lemak dalam tubuh. Daun binahong dapat digunakan dan berkhasiat untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Cara menggunakan daun binahong untuk obat
Ada beberapa cara mengkonsumsi daun binahong untuk pencegahan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Daun binahong dapat dikonsumsi secara langsung atau direbus ke dalam air hingga mendidih, lalu diminum air rebusan tersebut sebagai obat.

Demikian beberapa khasiat daun binahong untuk kesehatan tubuh ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: