Inilah Cara Cepat Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Cara menghilangkan sakit gigi – Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang seringkali menimbulkan rasa sakit yang berlebihan. Seseorang yang memiliki riwayat sakit gigi pasti tau rasanya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan sakit gigi menggunakan bahan alami yang bisa digunakan, sebelum mengambil keputusan untuk berobat ke dokter gigi.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh gigi yang berlubang. Lubang pada gigi menyebabkan sisa makanan sulit dibersihkan dan menjadi tempat berkembangnya bakteri di dalam mulut. Bakteri tersebut akan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi, dan ketika kerusakan tersebut telah mempengaruhi saraf, saat itulah biasanya timbul sakit gigi. Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti gigi retak, infeksi pada gusi, dan sebagainya.

Rasa berdenyut akibat sakit gigi perlu segera dihilangkan karena sangat menyiksa dan dapat mengganggu aktivitas. Selain berobat ke rumah sakit atau dokter, obat sakit gigi juga bisa dibeli di apotek seperti aspirin atau acetaminophen (Tylenol).

Berikut beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan sakit gigi tanpa harus pergi ke dokter gigi atau apotik untuk membeli obat.

Minyak cengkeh
Oleskan sedikit minyak cengkeh langsung pada gigi yang terasa sakit. Minyak cengkeh memiliki sifat antibakteri dan efek anestesi karena kandungan eugenol yang dimilikinya, sehingga dapat meredakan rasa sakit gigi dengan lebih cepat. Mengobati sakit gigi menggunakan minyak cengkeh telah lama digunakan dan telah terbukti khasiatnya.

Jahe dan lada merah
Jika tidak memiliki cengkeh, buatlah pasta dari bubuk jahe dan lada merah. Tuangkan bubuk tersebut ke dalam cangkir, kemudian tambahkan dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Setelah itu masukkan bola kapas kecil ke dalam pasta, dan letakkan pada gigi terasa sakit.

Pappermint
Daun Peppermint juga dapat digunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Masukan 1 sendok teh daun peppermint kering ke dalam 1 gelas air mendidih, dan birkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah ramuan ini dingin, gunakan untuk berkumur. Ulangi cara ini sampai sakit giginya hilang.

Air garam
Untuk membantu membunuh bakteri dan menghilangkan sakit gigi, dapat dilakukan dengan berkumur air garam. Masukkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, aduk dan gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Air garam dapat membersihkan daerah di sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan. Ulangi perawatan ini sesering yang diperlukan.

Es batu
Menghilangkan sakit gigi juga dapat dilakukan dengan menempatkan potongan es batu ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Setelah itu terapkan pada gigi yang sakit selama sekitar 15 menit untuk mematikan saraf. Es batu ini dapat juga ditempelkan pada pipi hingga rasa sakit giginya reda.

Cara mencegah timbulnya sakit gigi
Mencegah lebih baik daripada mengobati, begitulah pepatah mengatakan. Begitu juga dengan sakit gigi. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya sakit gigi, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Jika sering mengalami masalah dengan gusi, hal ini bisa meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh makanan terlalu panas atau dingin. Ketika gusi mengalami masalah, hal tersebut juga akan mempengaruhi permukaan enamel gigi, dan menimbulkan sakit gigi
  • Selain penggunaan pasta gigi yang lebih sensitif, untuk mencegah sakit gigi juga dapat dilakukan dengan penggunaan sikat gigi yang berbulu lembut. Cara ini dapat membantu menjaga kesehatan gusi sekaligus mencegah timbulnya sakit gigi akibat gangguan gusi
  • Jika sakit gigi disebabkan oleg gigi yang berlubang, hindari mengunyah makanan dengan menggunakan gigi tersebut untuk mencegah timbulnya sakit gigi.
Cara menghilangkan sakit gigi menggunakan bahan alami ini mungkin hanya bersifat sementara. Untuk mendapatkan perawatan yang lebih maksimal, tetap harus berkonsultasi dengan dokter gigi agar dampak yang lebih buruk akibat sakit gigi ini dapat dicegah.

Demikianlah beberapa cara mencegah dan menghilangkan sakit gigi secara alami ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: