Obat Masuk Angin Tradisional dan Alami Paling Ampuh

Masuk angin merupakan salah satu gangguan kesehatan yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Meskipun tidak tergolong penyakit berbahaya, tetapi jika dibiarkan tanpa pengobatan, masuk angin juga dapat menyebabkan kematian, yang biasa dikenal dengan istilah masuk angin duduk.

Banyak faktor penyebab yang bisa menimbulkan masuk angin. Diantaranya adalah terlalu banyak begadang, berkendara jarak jauh dan terlalu lama. Perubahan cuaca dan kondisi fisik yang menurun juga dapat menyebabkan masuk angin.

Kepala pusing, demam, pegal-pegal, dan perut kembung merupakan beberapa tanda atau gejala terjadinya masuk angin. Masuk angin harus segera diobati. Selain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, masuk angin juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa obat masuk angin tradisional yang ampuh mengobati masuk angin, yang telah teruji khasiatnya dan banyak digunakan untuk menyembuhkan masuk angin.

Jahe
Salah satu bahan alami yang ampuh digunakan untuk obat masuk angin adalah jahe. Caranya adalah dengan mengambil jahe secukupnya, lalu bersihkan dan potong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Setelah itu rebus potongan jahe tersebut ke dalam air hingga mendidih. Minum ramuan ini untuk mengobati masuk angin.

Daun pepaya
Daun pepaya juga dapat digunakan sebagai obat masuk angin yang ampuh dan mujarab. Caranya adalah dengan mengambil daun pepaya secukupnya, lalu bersihkan dan rebus ke dalam air hingga mendidih. Makan rebusan daun pepaya tersebut untuk mengobati masuk angin. Selain daunnya, air rebusannya juga dapat diminum dengan menambahkannya dengan sedikit gula atau madu untuk memberikan rasa.

Temulawak
Obat masuk angin herbal selanjutnya adalah temulawak. Caranya pun sama seperti jahe maupun daun pepaya. Cukup hanya dengan merebus temulawak, kemudian diminum air rebusannya untuk obat masuk angin dan perut kembung. Untuk hasil yang lebih efektif, dapat dicampurkan dengan sedikit jahe.

Kencur
Kencur merupakan salah satu obat masuk angin anak maupun orang dewasa yang telah lama digunakan dan telah terbukti khasiatnya. Caranya adalah dengan mengambil beberapa buah kencur, lalu bersihkan dan potong-potong menjadi lebih kecil. Rebus hingga mendidih dan minum airnya untuk mengobati masuk angin. Selain kencur, dapat juga ditambahkan dengan jahe dan kapulaga agar lebih efektif dan efisien untuk mengobati masuk angin.

Bawang merah
Bawang merah juga merupakan salah satu obat masuk angin alami yang manjur dan ampuh. Caranya adalah dengan mengambil bawang merah secukupnya, lalu tumbuk dan haluskan. Balurkan bawang merah yang telah dihaluskan tersebut ke bagian punggung secara merata. Lakukan secara rutin hingga masuk angin hilang dan badan terasa sehat kembali. Bawang merah juga merupakan obat masuk angin untuk ibu hamil yang aman karena cukup hanya dengan membalurkannya ke punggung.

Bawang putih
Cara menggunakan bawang putih untuk obat masuk angin adalah mengkonsumsinya secara langsung. Kandungan alami yang dimiliki bawang putih dapat mengobati masuk angin dengan cepat. Cara ini mudah dilakukan dan tidak memiliki efek samping berbahaya sebagaimana menggunakan obat masuk angin yang dijual di pasaran.

Ada baiknya selalu menjaga kesehatan untuk mencegah masuk angin. Kondisi fisik yang menurun sangat rentan terserang masuk angin, terlebih bagi orang yang memiliki aktivitas yang memerlukan fisik prima.

Demikian beberapa obat masuk angin tradisional ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: