Susah Tidur? Ini 7 Tips Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Meskipun terlihat ringan, ternyata tidak mudah untuk mengatasi masalah susah tidur. Jika Anda merasakan gejala ini, segera temukan cara untuk mengatasinya, karena jika dibiarkan bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Tak perlu menggunakan obat tidur, karena bisa jadi ini hanya disebabkan masalah sepele.

Bagi sebagian orang, mungkin tidur bukan perkara yang sulit. Mereka hanya perlu tempat untuk tidur. Kapanpun ia bisa tidur dengan nyenyak dan bangun lagi dengan kondisi tubuh yang segar. Tapi bagi sebagian yang lain, merasa sulit untuk tidur hingga harus terjaga sepanjang malam. Meskipun memiliki kamar yang nyaman dengan segala fasilitasnya, mereka tidak juga bisa tidur dengan mudah.

Susah tidur atau yang dikenal dengan insomnia ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Ada yang bilang insomnia bukan penyakit. Ia hanya gangguan tidur, seperti susah tidur yang berulang, kesulitan mempertahankan tidur atau sering terbangun. Gejala ini biasanya akan diikuti oleh gangguan fungsional tubuh lainnya ketika bangun tidur.


Penyebab insomnia secara umum adalah stres, faktor psikologis, perubahan jam kerja, atau efek dari obat-obatan tertentu. Meskipun mungkin ada yang menganggap itu masalah sepele, namun jika dibiarkan begitu saja kesulitan tidur bisa berbahaya. Orang yang kurang tidur, kesehatannya dapat terganggu.

Oleh karena itu, gangguan sulit tidur harus segera ditangani. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah susah tidur.

Pilih warna yang tepat
Mengatasi gejala sulit tidur bisa dilakukan dengan mengubah warna ruangan tempat tidur dengan warna yang tepat. Menurut beberapa ahli, warna dapat mempengaruhi psikologi seseorang. Jika seseorang berada di dalam ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, hal itu akan mempengaruhi pola tidurnya.

Jika bingung memilih warna, hasil penelitian menunjukkan bahwa warna biru muda atau hijau muda dapat memberikan efek relaksasi, tenang, menyenangkan, damai, dan penuh harapan. Warna kalem seperti krem dan pink juga dapat memberikan efek menenangkan sebelum tidur.

Kasur tidak cocok
Bisa saja masalah tidur disebabkan karena kasur yang tidak cocok. Hal ini biasanya terjadi setelah membeli kasur baru. Oleh karena itu, ketika membeli kasur harus dicoba keempukannya cocok atau tidak. Orang yang memiliki berat badan lebih akan membutuhkan kasur yang lebih tebal.

Untuk mengetahuinya, cobalah telentang di kasur yang akan dibeli. Apakah posisi tubuh nyaman, tidak ada bagian dari tubuh yang menerima tekanan berlebih, dan sebagainya. Jika ketika tidur tubuh terasa seperti berdiri, berarti kasur dapat mempertahankan tulang belakang dan lekukan tubuh dalam posisi netral. Hal ini dapat membantu mengatasi gangguan susah tidur.

Kurangi cahaya
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, gunakan cahaya yang redup. Bahkan jika perlu matikan semua lampu agar ruangan menjadi gelap. Pastikan pula bahwa jendela kamar memiliki tirai yang bisa menghalangi masuknya cahaya dari luar.

Pindahkan jam
Hal ini mungkin tampak sepele. Karena merasa harus selalu tepat waktu, kita seringkali memasang jam dinding di kamar, bahkan dengan ukuran yang besar. Kehadiran jam dinding di kamar ini tanpa disadari dapat mengganggu tidur.

Misalnya, karena jam ini terbuat dari bahan mengkilap yang dapat memantulkan cahaya, hal tersebut akan menyebabkan gangguan tidur. Atau suara tik-tik-tik di keheningan malam, bisa saja menimbulkan gangguan. Belum lagi ukurannya yang besar sehingga pergerakan jam selalu terlihat. Ketika kita menungu waktu tidur, kita akan tahu berapa lama kita terjaga, sehingga makin membuat kita stres.

Oleh karena itu pindahkan jam di dinding dari kamar, atau menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil dan tempatkan di atas meja. Sesuaikan jam dan alarmnya jika kita butuh bangun di jam-jam tertentu.

Peralatan elektronik
Karena pekerjaan, seringkali seseorang membuat kamar tidurnya seperti tempat kerja. Di sana ada komputer, begitu juga televisi. Padahal kedua perangkat ini yang seringkali menyebabkan seseorang susah tidur. Oleh karena itu, jika Anda ingin terhindar dari masalah susah tidur, pindahkan keduanya dari kamar tidur.

Peralatan elektronik yang berada di kamar tidur tidak hanya dua benda itu saja. Masih ada ponsel yang seringkali digunakan hingga larut malam. Meskipun suaranya dimatikan, kilauan cahaya dari layar ponsel bisa mengganggu tidur seseorang. Bahkan ada ponsel yang memiliki lampu siaga dan berkedip setiap saat. Oleh karena itu, tempatkan ponsel dalam posisi yang tepat, agar tidak mengganggu tidur kita.

Kamar berantakan
Aturlah lemari dan rak buku agar tidak ada tumpukan pakaian atau buku yang tergeletak di sekitar ruangan. Pindahkan kertas-kertas kerja yang dapat membuat kita stres keluar kamar setiap kali akan tidur. Kamar yang rapi akan menyebabkan pikiran lebih tenang, dan sangat membantu proses relaksasi tubuh.


Kesegaran udara
Udara di ruangan yang bersih memungkinkan kita untuk tidur lebih cepat. Bukalah jendela kamar secara berkala untuk mengganti udara yang kotor dengan udara segar dari luar. Jika memungkinkan, gunakan pembersih udara atau aromaterapi yang dapat membuat kita lebih tenang.

Jika sudah menggunakan tips ringan ini tapi gejala susah tidur masih terjadi, itu berarti memerlukan tindakan yang lebih intensif untuk mengatasinya. Konsultasikan dengan dokter Anda agar dapat segera ditangani sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah beberapa tips mengatasi susah tidur ini, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: