6 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Harus Kita Tahu

Tak salah bila sebagian orang beranggapan bahwa kayu manis bisa lebih berharga dari emas. Hal tersebut tidaklah berlebihan jika dilihat dari berbagai kandungan, manfaat dan khasiat kayu manis untuk kesehatan yang dimilikinya.

Kandungan alami kayu manis memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat kayu manis menurut beberapa ahli kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber.

Kayu manis dapat membantu mengobati diabetes tipe 2
Meskipun benar bahwa belum ada obat untuk diabetes tipe 2 hingga saat ini, setidaknya kayu manis dapat menjadi alat yang efektif dalam mengelola penyakit ini. Menurut Lori Kenyon Farley, kayu manis dapat membantu mengelola penyakit diabetes tipe 2 dengan dua cara yang berbeda. Yaitu mengurangi tekanan darah dan mengurangi resistensi insulin. Faktanya, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah hingga 29%.

Kayu manis dapat menurunkan kolesterol jahat
Selain dapat menurunkan kadar gula darah, kayu manis juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu mengurangi dampak dari makanan tinggi lemak dengan memperlambat kenaikan gula darah setelah makan," kata Parikh.

Kayu manis memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan bahkan sifat antivirus
Kayu manis telah terbukti dapat melawan infeksi jamur, bakteri, dan virus dalam makanan, sehingga mencegah pembusukan. Ini tidak mengherankan jika pada abad pertengahan, ketika pembusukan makanan jauh lebih sering karena kurangnya pendinginan, banyak resep makanan dibumbui dengan rempah-rempah diantaranya adalah kayu manis.

Kayu manis dapat membantu mengobati gejala Alzheimer dan Parkinson
Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua kondisi neurologis yang hingga saat ini belum dapat disembuhkan. Kayu manis telah terbukti membantu neuron dan meningkatkan fungsi motorik pada mereka yang menderita Alzheimer atau Parkinson," jelas Farley. Kontribusi ini dapat membantu penderita kedua penyakit ini untuk terus beraktivitas seperti biasa.

Kayu manis memiliki sifat anti-karsinogenik
Menurut Parikh, banyak bukti yang menunjukkan bahwa kayu manis memiliki efek anti-karsinogenik, meskipun penelitian sejauh ini masih terbatas pada hewan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi kematian sel kanker.

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi
Konsumsi kayu manis dapat mengurangi inflamasi, baik sistemik dan spesifik. Menurut Parekh, peradangan sistemik adalah masalah yang telah menyebabkan munculnya penyakit kronis. Dengan mengkonsumsi kayu manis, inflamasi sistemik ini dapat dikurangi secara signifikan.

Demikian beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua, amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: