10 Tanaman Obat Ini Biasa ditanam di Pekarangan Rumah

Indonesia kaya akan tanaman obat yang sangat berguna untuk kesehatan. Saat ini, dan banyak orang mulai beralih ke herbal untuk mencegah dan mengobati penyakit. Ini mengikuti perubahan pola konsumsi dan munculnya pola kebiasaan baru, serta budidaya tanaman obat di halaman rumah itu sendiri. Inilah 10 tanaman obat yang biasa ditanam di pekarangan rumah atau kebun.

Lidah buaya
Tanaman yang dalam bahasa Latin disebut Aloe vera ini memiliki banyak manfaat karena mengandung zat-zat seperti asam amino, enzim, mineral dan vitamin. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu menyuburkan rambut. Tidak hanya berguna untuk kesuburan rambut, lidah buaya juga banyak digunakan untuk perawatan kecantikan. Penanaman dan perawatannya yang mudah, membuat banyak orang tertarik untuk menanam lidah buaya di pekarangan rumah.

Daun jarak
Tanaman ini pada dasarnya merupakan tanaman liar, tetapi sering juga tumbuh di perkebunan. Daun jarak memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melancarkan BAB atau buang air besar. Untuk mengolah daun jarak menjadi obat bisa dengan cara dikukus, direbus atau ditumbuk. Selain melancarkan BAB, daun jarak juga berguna untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, obat sariawan, serta perut kembung.

Kumis kucing
Tanaman kumis kucing sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang menderita infeksi saluran kemih, atau pasien yang menderita batu ginjal, asam urat, dan nyeri punggung. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merebus daun kumis kucing, lalu dicampur dengan obat lain untuk meningkatkan efektivitas. Tidak hanya berguna untuk kesehatan, bentuknya yang indah juga membuat kucing kumis sering digunakan untuk mempercantik halaman rumah.

Temulawak
Temulawak adalah tanaman obat asli Indonesia. Temulawak dikenal sebagai tanaman obat atau herbal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah hepatitis, mengurangi kolesterol, mengobati demam, dan malaria. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, temulawak juga sering digunakan dalam dunia kecantikan.

Jahe
Keluarga tanaman kunyit ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Jahe memiliki aroma yang khas yang menjadi salah satu ciri dari tanaman herbal ini. Jahe dapat digunakan untuk mencegah mual saat mabuk, mengurangi peradangan, dan untuk menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin. Selain untuk kesehatan, jahe juga sering digunakan untuk bahan makanan.

Belimbing wuluh
Tanaman ini biasanya juga tumbuh dan di tanam di pekarangan rumah. Belimbing wuluh sering digunakan sebagai suplemen rasa asam makanan. Selain itu, buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati batuk, mengatasi masalah diabetes, perawatan gigi, bahkan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Sirih
Sirih memiliki aroma khas dan memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, daun sirih juga dapat digunakan untuk perawatan organ kewanitaan, seperti mencegah keputihan dan melancarkan menstruasi.

Daun dewa
Tanaman yang memiliki nama Latin Gynura divaricata ini merupakan tanaman herbal yang dapat tumbuh hingga 200-800 meter. Daun dewa yang memiliki panjang hingga 20 cm ini dapat berkembang biak melalui stek batang atau umbi. Daun dewa memiliki banyak manfaat, seperti mengobati stroke, kanker, dan anti-inflamasi, arthritis, dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Kunyit
Tanaman ini dimasukkan ke dalam kelompok jahe dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Beberapa manfaat kunyi untuk kesehatan seperti mengurangi demam, mengobati infeksi pada luka, mengurangi rasa sakit saat menstruasi, dan menghilangkan bau badan. Kunyit dapat direbus, diparut atau tumbuk untuk menjadikannya sebagai obat dan masakan.

Seledri
Tanaman obat ini sering digunakan dalam masakan seperti daging, sup, atau sup. Selain baunya yang khas, seledri juga dapat menambah rasa dan menjadikan hidangan lebih gurih. Untuk kecantikan, seledri dapat digunakan sebagai menyuburkan rambut. Sedangkan dalam dunia kesehatan, seledri berguna untuk pengobatan rematik, kolesterol, pengobatan anemia, obat batuk, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Artikel terkait:

Bagikan: