Anda Sakit? Hindari Makanan Ini Jika Ingin Cepat Sembuh

Ketika sakit, biasanya harus menghindari jenis makanan tertentu. Sebagai contoh, ketika batuk dan flu disarankan untuk tidak makan makanan yang digoreng atau es. Jika hal itu dilanggar, bukan hanya sakitnya tidak kunjung sembuh, tetapi justru dapat menyebabkan sakit perut. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika sedang sakit.

Kopi
Bila Anda sedang menderita maag atau sakit perut, Anda harus menghindari kopi. Sifat diuretik yang dimiliki kopi akan menyebabkan Anda sering buang air yangmemicu dehidrasi. Kopi juga dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Kopi juga sebaiknya tidak dikonsumsi ketika Anda sedang terserang diare. Karena akan menyebabkan Anda kehilangan cairan lebih banyak. Selain itu, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat merangsang otot dalam sistem pencernaan yang membuat diare lebih parah.

Jus jeruk
Bila Anda sedang batuk atau sakit tenggorokan, Anda harus menghindari minuman ini. Awalnya jus jeruk memang terasa menyegarkan, tetapi ketika Anda sedang batuk atau sakit tenggorokan, asam sitrat yang terkandung dalam jeruk dapat mengiritasi lapisan tenggorokan yang sudah meradang.

Permen
Jelas, ketika Anda sakit Anda harus menghindarinya. Kandungan gula berlebih yang terdapat dalam permen dapat membatasi kemampuan sel darah putih untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan bakteri penyebab sakit. Beberapa jam setelah makan kue atau permen yang banyak mengandung gula, sistem kekebalan tubuh Anda akan melemah. Akibatnya, kuman sangat mudah masuk ke dalam tubuh. Selain itu, permen juga dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan diare.

Soda
Ketika sakit perut, minum soda hanya akan memperburuk kondisi Anda. Seperti kopi, minuman ringan yang mengandung kafein ini juga dapat menyebabkan dehidrasi. Kadar gula tinggi yang dimiliki soda akan mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Jika minum air saja tidak cukup, cobalah untuk minum air kelapa. Ada banyak pemanis buatan yang tidak bisa dipecah dan dicerna dengan baik yang dapat menyebabkan kembung dan diare.

Biskuit
Biskuit juga tidak dianjurkan ketika Anda sedang batuk atau sakit tenggorokan. Mengapa? Karena tekstur kasar makanan ringan seperti biskuit akan menyebabkan rasa gatal dan iritasi pada tenggorokan yang justru akan memperpanjang penderitaan Anda.

Alkohol
Siapapun yang memiliki masalah dengan lambung, disarankan untuk tidak minum minuman yang mengandung alkohol. Seperti kopi, alkohol juga bersifat diuretik yang dapat memicu dehidrasi. Alkohol juga dapat menyebabkan diare.

Susu
Ketika hidung tersumbat atau pilek, Anda mungkin harus melupakan susu untuk sementara waktu. Meskipun ada perbedaan pendapat di kalangan ilmuan, tetapi susu dapat membuat dahak menjadi lebih tebal sehingga proses penyembuhan akan semakin lama.

Gorengan
Makanan berlemak memakan waktu lebih lama untuk bergerak dalam saluran pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan mual dan refluks asam. Gorengan juga dapat menyebabkan kram pada otot usus yang memicu terjadinya diare.

Makanan pedas
Ketika pilek, seharusnya menghindari jenis makanan pedas. Jika tidak, rasa panas dan pedas yang dimiliki cabai dapat membuat penyembuhan pilek menjadi lebih lama.

Demikian beberapa makanan yang harus dihindari ketika sedang sakit, semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: