Batu Amandel, Pengertian dan Cara untuk Menghilangkannya

Apakah Anda pernah merasa ada butiran putih kecil dan bau yang keluar dari mulut Anda? Jika ya, itu kemungkinan adalah batu amandel. Batu ini sebenarnya tidak berbahaya dan semua orang mengalaminya.

Michael Aranda mengatakan bahwa batu amandel berasal dari partikel kotoran yang terjebak di belakang mulut. Amandel di mulut memiliki peran untuk memerangi infeksi, dan ketika telah banyak partikel kotoran yang terkumpul, sel-sel darah putih akan menyerang karena dianggap sebagai ancaman.


Pengertian batu amandel
Aranda menambahkan bahwa "adanya lubang-lubang dalam amandel bertujuan untuk mengundang bakteri masuk, sehingga banyak sel imun yang terpapar pada patogen potensial mulai membangun respons imun untuk melawan.

"Sayangnya lubang-lubang lekukan itu juga merupakan tempat yang nyaman bagi bakteri, sel-sel mati dan lendir dari sisa makanan, serta partikel lainnya untuk datang berkumpul,” lanjut Michael. Kotoran-kotoran yang terkumpul itu kemudian diserang oleh sel darah putih yang akhirnya terjadi pengerasan dan membentuk batu amandel.

Cara menghilangkannya batu amandel
Menurut dr. Alan Greene dari California, orang yang sering memiliki batu amandel biasanya remaja atau orang-orang yang memiliki amandel besar. Selain itu, bisa juga batu amandel terjadi pada orang yang jarang memperhatikan kesehatan mulut.


Dalam beberapa kasus, batu amandel dapat menyebabkan masalah iritasi dan bau mulut. Untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan menggunakan sikat gigi, berkumur dengan air garam, atau dengan cotton bud. Ketika batu amandel sulit untuk dihilangkan, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT).

Demikian pengertian dan cara menghilangkan batu amandel ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: