Hindari 4 Perilaku Ini Jika Tidak Mau Hubunganmu Berakhir

Sebuah perilaku atau tindakan, disengaja maupun tidak dapat mempengaruhi suatu hubungan. Jika ingin tahu perilaku apa saja yang dapat merusak sebuah hubungan, berikut ulasannya.

Selama lebih dari empat dekade, Prof. John Gottman menganalisis berbagai macam hubungan manusia, baik maupun buruk. Gottman melakukannya dengan mengikuti pasangan dalam berbagai studi psikologi, untuk melihat jenis perilaku dan memprediksi apakah pasangan akan selalu bersama dalam jangka panjang, atau akhirnya berpisah.

Dalam hasil analisisnya, Gottman menyimpulkan bahwa ada empat faktor yang kemungkinan dapat membuat pasangan akan berpisah lebih cepat.

Mengecam
Mengkritik pasangan adalah hal yang umum untuk dilakukan, tetapi Gottman mengidentifikasi ada beberapa jenis kritik yang dapat merusak hubungan. Semua orang dapat membuat kesalahan, tapi bagaimana cara menjelaskan kesalahan itu yang lebih penting.

Jika melihat pasangan melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu yang buruk jangan mengecamnya, karena itu termasuk salah satu bentuk kritik terburuk. Cara yang baik untuk dilakukan adalah dengan memberi solusi yang benar atas kesalahan tersebut dengan kata-kata yang baik.

Merendahkan
Jika berani menghina pasangan, maka itu adalah faktor terbesar yang dapat menyebabkan perpisahan. Menurut Guttman, penghinaan, sarkasme, ironi atau mengatakan sesuatu yang sebaliknya merupakan bentuk lain dari merendahkan pasangan.

Dalam bentuk apapun, merendahkan akan membuat pasangan merasa tidak dihargai. Gottman juga menemukan bahwa pasangan yang saling menghina satu sama lain jauh lebih rentan terhadap perpisahan. Cara yang baik untuk dilakukan adalah dengan membangun rasa saling menghormati dan memberikan hal-hal positif lainnya.

Defensive
Guttman mengatakan bahwa defensif sering juga membuat sebuah hubungan berakhir lebih cepat. Seseorang menjadi sangat defensif ketika ia membuat alasan untuk menutupi kegagalan atau kesalahan mereka.

Ketika seseorang melakukannya lagi dan lagi, itu akan menjadi masalah terus-menerus. Cara yang baik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengakui kesalahan itu. Lalu, mencari solusi berdua yang lebih baik.

Tidak bicara
Diam berarti pasangan memilih tutup mulut dan malas untuk membahas masalah yang dihadapi bersama-sama demi menemukan solusi. Tapi kurangnya komunikasi hanya akan memperburuk situasi.

Ada cara yang lebih baik untuk mengatasi hal ini. Yaitu dengan membuka diri dan berkomunikasi dengan pasangan. Walaupun marah, mengatakan yang sebenarnya pada pasangan akan lebih baik dari diam seribu bahasa.

Demikian beberapa perilaku yang dapat membuat sebuah hubungan akan lebih cepat berakhir ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: