Ingin Punya Rambut Indah? Hindari Penyebab Rambut Rontok Ini

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, rambut rontok apalagi dengan intensitas yang sering, seharusnya mendapat perhatian khusus. Hal ini untuk menjaga agar rambut tetap dalam sehat dan baik. Berikut beberapa keadaan yang sering menyebabkan dan memicu kerontokan rambut.

Stres yang berlebihan
Pepatah lama yang mengatakan bahwa kita harus selalu dalam keadaan gembira itu ada benarnya. Ketika stres, tanpa kita sadari dapat mengganggu kondisi kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, stres juga dapat memicu timbulnya jerawat. Stres yang berlebihan merupakan salah satu faktor utama penyebab rambut rontok.

Kurangnya kompatibilitas produk rambut
Setiap orang memiliki keadaan kulit kepala dan batang rambut yang berbeda. Dengan demikian, kita perlu mengetahui kondisi kulit kepala dan rambut kita terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan produk perawatan untuk rambut yang kita gunakan, terutama jika produk tersebut digunakan hampir setiap hari. Sebaiknya gunakan sampo yang sama dan hindari kebiasaan berganti sampo terlalu sering.

Kekurangan nutrisi dan vitamin
Tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh, nutrisi juga dibutuhkan untuk perkembangan dan perawatan rambut. Gaya hidup dan kebiasaan makan juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit kepala dan rambut. Jangan berharap akan memiliki rambut yang sehat jika kita terlalu sering makan makanan cepat saji. Kurangnya konsumsi buah, sayuran dan vitamin juga dapat membuat rambut lebih mudah rontok.

Terlalu banyak bahan kimia
Jika kita mewarnai rambut hanya ingin tampil dan ikut-ikutan orang lain, lebih baik jangan dilakukan. Penggunaan bahan kimia yang berlebihan, seperti cat rambut atau proses rebonding, dapat menyebabkan rambut menjadi stres. Hal ini sangat merugikan bagi kesehatan rambut. Untuk memiliki rambut yang indah tidak harus selalu mengikuti tren. Jika kita senantiasa dapat menjaga kesehatan rambut, rambut pasti akan terlihat lebih mengkilap dan indah.

Demikian beberapa penyebab rambut rontok ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: