Inilah Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat lazim di derita banyak orang. Tak heran jika asam urat seringkali disebut dengan penyakit sejuta umat. Pada saat kambuh, penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat.

Penyakit asam urat seringkali kambuh karena pemilihan jenis makanan yang salah. Jadi, makanan apa yang aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit asam urat ini?

Sederhananya, makanan yang baik untuk penderita asam urat adalah makanan yang tidak terlalu banyak mengandung purin. Karena di dalam tubuh, purin ini akan diubah menjadi asam urat. Jika kadar asam urat dalam tubuh berlebihan, dan ginjal tidak mampu untuk mengatasinya. Akhirnya, kristal asam urat akan menumpuk di persendian.

Beberapa makanan rendah purin yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat diantaranya adalah daging sapi, kerang, cumi-cumi, udang, dan kepiting. Konsumsi makanan ini sebanyak 40-60 gram per harinya. Pilihan lainnya adalah jamur, kacang-kacangan, bayam, dan asparagus. Untuk jenis makanan ini, jumlah yang disarankan adalah sekitar 50-100 gram per hari.

Perlu diingat, bahwa jumlah tersebut bukan untuk satu kali makan atau satu jenis makanan saja. Tetapi merupakan akumulasi asupan harian Anda.

Adapun beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat diantaranya adalah tuna dan daging bebek, termasuk jeroan seperti jantung, hati, usus dan babat. Penderita asam urat juga harus menghindari minuman beralkohol, terutama bir. Semua jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko asam urat, karena kadar purin-nya terlalu tinggi.

Untuk informasi tambahan, meskipun Anda menderita asam urat tetapi harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kecukupan asupan cairan tubuh dengan minum sebanyak 8-16 gelas air setiap hari. Anda juga harus melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau yoga secara rutin dan konsisten.

Jangan lupa rutin memeriksakan kesehatan Anda ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan agar asam urat Anda tidak bertambah parah. Jika hal ini dilakukan secara rutin, dapat menjaga jumlah asam urat dalam tubuh Anda tetap normal.

Demikian beberapa makanan yang baik untuk penderita asam urat ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: