Lakukan Hal ini Jika Ingin Mimpi Indah dan Tidurmu Nyenyak

Mimpi adalah proses alami yang terjadi di dalam tidur. Mimpi secara teknis terjadi pada fase REM (Rapid Eye Movement), di mana fase ini akan berlanjut pada fase tidur nyenyak (deep sleep) atau masuk ke dalam fase alpha (menjelang bangun). Oleh karena itu wajar bila kita terkadang mampu untuk mengingat mimpi.

Menurut dokter psikolog dari Surabaya, dr. Azimatul Karimah, Sp.KJ., mimpi bisa jadi refleksi dari perasaan yang pernah kita rasakan sebelumnya. Bila sering merasa cemas, kecemasan itu dapat masuk ke alam bawah sadar yang akhirnya terbawa saat tidur.

"Kecemasan sering mengakibatkan mimpi yang menakutkan atau menyeramkan. Ketika senang, gembira dan bahagia, perasaan itu juga bisa masuk ke dalam mimpi, dan biasanya perasaan itu akan menjadi mimpi yang indah," kata perempuan yang akrab disapa dr. Uci ini.

Oleh karena itu, agar bisa tidur nyenyak dan mimpi indah, dr. Uci memberikan beberapa langkah-langkah cara tidur yang baik (sleep hygiene) yang dapat dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Menciptakan suasana kamar yang nyaman
Posisi bantal, tempat tidur, suhu kamar, dan suasana yang tenang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Selain itu, gunakanlah pakaian yang longgar agar terasa lebih nyaman.

Hindari makanan berat sebelum tidur
Maksimal satu jam sebelum tidur harus berhenti makan sehingga darah dapat lebih optimal mengalir ke otak. Jika sebelum tidur makan makanan berat, darah akan lebih banyak mengalir ke saluran pencernaan dan mengurangi distribusi darah ke otak.

Hindari stimulan
Kopi, rokok, minuman ringan, minuman berenergi, merupakan jenis-jenis stimulan yang harus dihindari sebelum tidur, zat ini juga dapat menyebabkan kecemasan dan mengurangi rasa nyaman saat tidur.

Konsumsi pisang dan susu
Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, sebaiknya mengkonsumsi pisang dan susu sebelum tidur. Pisang dan susu mengandung banyak tryptophan yang merupakan bahan baku serotonin di otak. Tryptophan juga dapat memicu rasa nyaman pada otak.

Demikian beberapa tips agar dapat tidur lebih nyenyak ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin yaa robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: